Gaya Hidup

Traveling Jauh ke Luar Negeri? Nih Tips Menghilangkan Jetlag!

tips mengatasi jetlag - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, traveling ke luar negeri memang biasanya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Selain bisa melihat pemandangan baru, kalian juga dapat berinteraksi dengan orang baru yang ada di negara tersebut. Menambah wawasan dan mengetahui pola berperilaku orang luar negeri juga penting sahabat explorer. Siapa tau kan mungkin kalian berminat untuk menetap di negara tersebut suatu hari. Oleh karena itu, traveling terlebih dahulu merupakan kewajiban bagi kalian yang memang ingin suatu saat tinggal di luar negeri. Biar kalian tidak jetlag nih sahabat explorer! Ngomong-ngomong soal Jetlag, dalam artikel kali ini YoExplore akan membahas mengenai tips mengatasi Jetlag. Mungkin tips ini bisa berguna bagi kalian yang memang sedang merencanakan liburan keluarga ke luar negeri. Namun, sebelum masuk ke tipsnya, lebih baik kita tahu terlebih dahulu ya sahabat explorer apa itu yang namanya Jetlag.

Tips Mengatasi Jetlag

Seperti yang dilansir alodokter.com , Jetlag adalah sebuah kondisi dimana perubahan waktu tidur sementara atau merasa lelah dan kebingungan setelah perjalanan panjang karena melintasi beberapa zona waktu dengan menggunakan pesawat terbang. Gejala yang umum terjadi saat seseorang mengalami Jetlag adalah gangguan pola tidur, selalu mengantuk dan gampang kelelahan. Karena tubuh kalian sudah terbiasa dengan zona waktu di Indonesia, maka tentu saat kalian berada di Hungaria, akan mengalami perubahan yang drastis. Biasanya Jetlag akan ‘menyiksa’ kalian selama beberapa hari saja. Ibaratnya tubuh kalian kaget nih dengan perubahan mendadak tersebut, sehingga diperlukan kembali yang namanya adaptasi. Mulai dari iklim, cuaca dan juga perubahan waktu. Sekarang, kita akan bahas nih sahabat explorer, tips mengatasi Jetlag agar kalian tidak tersiksa terlalu lama nih! Simak ulasannya di bawah ini ya!

Baca Juga : Liburan Akhir Pekan ke Bengkulu!

1. Tidur Dalam Perjalanan

tips mengatasi jetlag - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : virmansyah

Tips mengatasi Jetlag yang pertama adalah tidur dalam perjalanan. Perbanyak tidur kalau bisa ya sahabat explorer saat di dalam pesawat. Lebih baik sih kalian coba tidur lebih awal saat beberapa hari sebelum perjalanan jauh tersebut dimulai, dengan demikian, kalian akan mudah merasa ngantuk di penerbangan.

Sebaiknya, beberapa hari sebelum penerbangan atau saat di dalam pesawat, perbanyaklah air putih. Efek samping dari Jetlag adalah dehidrasi, oleh karena itu kalian harus mengurangi konsumsi minuman yang berkafein ya sahabat explorer. Tentu saja minuman tersebut dapat mengganggu jadwal tidur kalian di dalam pesawat.

Agar kalian tidak tersiksa saat sampai di negara tujuan, maka kalian harus melakukan kegiatan yang satu ini nih. Semoga tidak membutuhkan waktu yang lama bagi tubuh kalian untuk beradaptasi dengan zona waktu yang berbeda nantinya setelah mendarat. Boleh langsung dicoba ya sahabat explorer!

2. Melakukan Olahraga Ringan

tips mengatasi jetlag - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : CNNindonesia

Tips mengatasi Jetlag yang selanjutnya adalah melakukan olahraga ringan. Karena ini di dalam pesawat, tentu saja bukan olahraga yang mengganggu penumpang sebelah kalian ya sahabat explorer. Coba saja olahraga seperti merenggangkan pinggang, leher, tangan dan kaki, biar tubuh kalian menjadi rileks dan tidak kaku.

Oia, kalau bisa kalian coba saja jalan-jalan di sekitar lorong pesawat, biar darah kalian tidak menggumpal nih sahabat explorer. Ini penting banget nih, jangan sampai saat kalian sudah di negara tujuan, yang ada kalian malah sakit. Oleh karena itu, sebisa mungkin coba gerakkan tubuh kalian ya, biar tetap bugar dan tidak gampang sakit.

3. Makan Makanan Ringan

tips mengatasi jetlag - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : insalamina

Tips mengatasi Jetlag yang selanjutnya adalah makan makanan ringan. Hindari makanan berat terlebih dahulu ya sahabat explorer selama melakukan perjalanan jauh. Dan sebaiknya, saat kalian sudah sampai di negara tujuan, untuk beberapa hari pertama kalau bisa jangan makan makanan berat dulu ya sahabat explorer, soalnya biar badan kalian juga bisa beradaptasi nih.

Hal ini sangat berguna bagi energi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru saat mencerna makanan kalian.

Jika kalian coba teratur dalam konsumsi makanan, maka gejala-gejala Jetlag tersebut akan berkurang bagi tubuh kalian. Jadi, misalkan kalian lapar, coba dalam 2 jam sekali kalian nyemil atau makan makanan ringan saja, biar asam lambung kalian tidak naik nih sahabat explorer.

Risiko perjalanan jauh memang seperti ini nih sahabat explorer, oleh karena itu kalian harus ‘memanjakan’ organ dalam tubuh kalian biar tidak terjadi yang namanya Jetlag. Walaupun efeknya cuma beberapa hari, namun tetap saja akan tersiksa rasanya. 😀

4. Biarkan Tubuh Terkena Sinar Matahari

tips mengatasi jetlag - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kompas

Tips mengatasi Jetlag yang selanjutnya adalah membiarkan tubuh kalian terkena sinar matahari. Tentunya ini bisa kalian lakukan saat sampai di tujuan ya sahabat explorer. Membiarkan tubuh terkena sinar matahari, merupakan cara yang paling tepat bagi tubuh untuk mengatur ulang pola tidur kalian. Karena perbedaan zona waktu, maka peran matahari sangat dibutuhkan nih sahabat explorer.

Jika kalian sampai di lokasi itu pagi, kebetulan banget tuh! Kalian bisa langsung keluar bandara dan menikmati matahari terbit selama beberapa waktu nih sahabat explorer. Bisa jadi kalian sambil jalan-jalan berkeliling bandara sambil menikmati segarnya matahari tersebut. Dengan demikian, semoga saat malam hari tidur kalian bisa mudah dan nyenyak deh!

Nikmati Liburan Ke Luar Negeri Tanpa Jetlag Yang Parah

Sahabat explorer, itulah beberapa tips mengatasi Jetlag yang bisa YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang memang ingin pergi ke luar negeri. Menghindari Jetlag itu memang hal yang mustahil, tapi bukan berarti tidak bisa diakali nih sahabat explorer. Boleh langsung dicoba tipsnya ya!

Oia, jangan lupa untuk cerita pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau di Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar