Gaya Hidup

Mengantuk Saat Puasa? Lakukan Tips Ini Biar Tetap Segar!

tips mengatasi ngantuk saat puasa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : hellosehat

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menjalani ibadah puasa memang menjadi tantangan tersendiri bagi umat Muslim di seluruh dunia pada saat bulan Ramadhan. Namun, bulan yang satu ini merupakan bulan yang penuh berkah dan paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Beribadah sebanyak-banyaknya akan menjadi pahala yang berkali lipat saat dilaksanakan di bulan Ramadhan. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk selalu menyempatkan beribadah di tengah kesibukan yang mereka sedang jalani. Namun, puasa juga tidak semulus itu sahabat explorer, ada juga beberapa tantangan yang harus dilewati. Misalnya adalah rasa kantuk yang sering timbul pada siang hari terutama saat sedang bekerja. Wajar saja, karena kalian harus bangun pada saat tengah malam menuju pagi untuk menikmati santap sahur. Biasanya dilakukan pukul 03.00 dini hari hingga adzan subuh berkumandang. Setelah itu baru bisa tidur lagi dan bangun pagi lagi untuk melakukan aktivitas. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips mengatasi ngantuk saat puasa.

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Tips yang satu ini mungkin berguna bagi kalian yang memang banyak aktivitas di siang hari selama bulan puasa sahabat explorer. Biar kalian tetap semangat bekerja dan tidak lemas seharian penuh. Jadi, setelah buka puasa pun kalian masih bisa mengikuti kegiatan seperti tarawih dan lain-lainnya. Semoga bermanfaat bagi kalian ya! Dan harus diingat, prosesnya juga tidak bisa sekali langsung berhasil, dibutuhkan konsistensi agar hasilnya maksimal. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk tips mengatasi ngantuk saat puasanya! Cekidot ya!

Baca Juga : 4 Kerajaan Gaib di Indonesia Ini Masih Dipercaya!

1. Perbanyak Mengaji

Tips mengatasi ngantuk saat puasa yang pertama adalah perbanyak mengaji. Bukan karena hal ini memiliki pahala yang besar saat dilaksanakan di bulan puasa saja loh sahabat explorer. Namun, kegiatan spiritual yang satu ini memberikan ketenangan yang lebih, dengan demikian kalian akan terasa lebih santai, rileks dan tentunya semangat untuk beraktivitas. Daripada menahan rasa kantuk yang akhirnya membuat kalian tertidur, mendingan waktunya dipakai untuk mengaji saja. Coba saja dulu, saat mengaji dengan Khusyu rasa kantuk juga akan hilang kok sahabat explorer. Tidak usah lama-lama tidak apa-apa, cukup 1 jam saja sudah bisa mengurangi rasa kantuk kalian. Selain itu, pahalanya juga dapet! Kapan lagi? Hanya di bulan Ramadhan saja sahabat explorer!

2. Tidur Tepat Waktu Setelah Tarawih

Tips mengatasi ngantuk saat puasa yang selanjutnya adalah tidur tepat waktu setelah melaksanakan sholat tarawih. Biasanya, Tarawih dilakukan setelah sholat Isya, jadi sekitar jam 7an deh sahabat explorer. Agar pola tidur kalian juga baik, maka usahakan lah untuk tidur selepas sholat Tarawih. Mungkin sekitar jam 9 kalian sudah masuk kamar dan langsung tidur. Tujuannya adalah agar pada saat bangun sahur, kalian sudah tidur kurang lebih 4-5 jam, dan akan melanjutkan tidur lagi setelah subuh sekitar 2 jam. Dengan demikian, kalian sudah memiliki tidur yang cukup dan tentunya akan terasa lebih segar pada siang hari sahabat explorer. Namun, ini tidak bisa sekali langsung bisa, musti beberapa kali dicoba baru terasa manfaatnya. Boleh langsung dicoba malam ini ya sahabat explorer!

3. Mandi Air Dingin

Tips mengatasi ngantuk saat puasa yang selanjutnya adalah coba untuk mandi air dingin sahabat explorer. Jangan pakai air hangat atau panas ya, karena itu justru akan mengeluarkan cairan dari tubuh yang bisa menyebabkan kalian kehausan. Coba mandi dengan air yang dingin, agar kalian terasa lebih segar, terutama di pagi hari. Perbanyak lah cuci muka atau mengambil air wudhu walaupun bukan waktu sholat. Dengan demikian kalian memiliki kesegaran yang terjaga sahabat explorer. Gak percaya? Dicoba aja dulu!

4. Olahraga Ringan Sore Hari

Tips mengatasi ngantuk saat puasa yang selanjutnya adalah olahraga ringan di sore hari. Selain itung-itung ngabuburit, kegiatan ini juga banyak manfaatnya. Aktivitas olahraga ringan seperti jogging saat puasa juga dapat menyehatkan tubuh sahabat explorer dan melancarkan aliran darah. Selain itu, jika tidak olahraga ringan maka juga bisa berdampak penyakit di badan kalian, karena selama puasa kerjaannya cuma makan tidur saja lagi jangan-jangan! Hehe

Lakukan kegiatan ini kira-kira jam 5 sore sahabat explorer, jadi tidak berasa tau-tau sudah buka puasa deh!

Puasa Tanpa Rasa Kantuk

Sahabat explorer, itulah beberapa tips mengatasi ngantuk saat puasa yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berpuasa dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar