Gaya Hidup

Mungkin Cara Unik Ini Bisa Kalian Coba Untuk Menghilangkan Stress!

tips mengatasi stress - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: klikdokter

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, zaman sekarang memang tuntutan hidup semakin menyulitkan kita. Tidak heran jika akhirnya timbul penyakit yang biasa disebut dengan stress. Penyakit yang satu ini memang umum kita temukan sahabat explorer, baik di tempat kerja maupun di luaran. Stress memang susah untuk dihindari, bahkan banyak dari kita yang tidak sadar kalau diri kita sedang stress. Kenapa seperti itu? Karena biasanya ada perubahan yang tidak kita sadari, misalnya pola makan yang berubah, jadi lebih banyak atau bahkan lebih sedikit. Faktornya memang bermacam-macam, ada yang karena kerjaan, karena masalah finansial, masalah keluarga dan lain-lainnya yang menjadi pemicu timbulnya stress. Stress itu bisa diatasi kok sahabat explorer, ada beberapa tips mengatasi stress yang bisa kalian lakukan saat stress melanda.

Tips Mengatasi Stress

Dalam artikel ini, tips mengatasi stress yang akan kami berikan tentunya merupakan tips yang unik. Jadi, cara-cara yang mungkin tidak kalian sangka ternyata malah bisa membantu mengurangi stress yang kalian alami. Bahkan cara-cara ini juga terkesan menyenangkan sahabat explorer, jadi bisa kalian lakukan kapanpun kalian mau. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja sahabat explorer ulasan mengenai tips-tips mengatasi stress ini, langsung dicek ya! Cekidot!

Baca Juga: Pengen Coba Touring Motor? Siapkan Dulu Perlengkapan Ini Ya!

1. Mengunyah Permen Karet

tips mengatasi stress - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source; dream.co.id

Tips mengatasi stress yang pertama adalah dengan mengunyah permen karet. Manfaat dari mengunyah permen karet ini memang banyak sahabat explorer, salah satunya adalah mengatasi stress ini. Biasanya kalau kalian lihat pemain bola sedang beraksi sambil mengunyah permen karet itu, berfungsi untuk mengatasi kecemasan. Selain itu, permen karet juga dapat menekan rasa untuk ngemil, proses berhenti merokok, dan depresi.

Menurut studi yang dilakukan oleh Andrew Scholey, Ph.D. pada tahun 2008, peserta yang mengunyah permen karet secara teratur menunjukkan penurunan tingkat kecemasan, meningkatkan awareness (kewaspadaan), menurunkan tingkat stress dan juga meningkatkan kemajuan skill multitasking. Jadi, sudahkah kalian kunyah permen karet hari ini? 😀

2. Mencorat-Coret

tips mengatasi stress - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: cantieq

Tips mengatasi stress yang selanjutnya adalah mencorat-coret. Tentunya bukan di sembarang tempat ya sahabat explorer, kalian bisa gunakan kertas atau buku catatan kalian. Istilah ini sekarang sering disebut dengan doodling, dan ini pastinya cara termudah yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi tingkat stress. Cara ini bisa meringankan pikiran kalian yang kusut atau menurunkan tingkat kegugupan. 

Cukup mudah, kalian hanya membutuhkan secarik kertas dan juga pulpen, lalu coret-coret lah sesuka hati kalian. Mungkin hal ini bisa kalian lakukan sambil menunggu bosannya rapat mingguan, telpon yang tidak henti-henti atau sambil menunggu sesuatu yang membuat kalian cemas. Kabar bagusnya, doodling ini sudah ada di toko buku loh sahabat explorer, kalian hanya tinggal mempercantiknya saja dengan pensil warna atau crayon. Tidak hanya menghilangkan stress, cara ini juga bisa menurunkan ketegangan dan meningkatkan kreativitas kalian loh!

3. Mengelus Kucing atau Anjing

tips mengatasi stress - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tribun

Tips mengatasi stress yang selanjutnya adalah mengelus kucing atau anjing. Salah satu alasan mengapa kucing dan anjing dijadikan hewan terapi karena keduanya dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu mencurahkan kasih sayang. Membelai, memeluk atau menyentuh hewan penuh kasih dapat dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Kedua hormon itu sangat berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan juga otot. Dengan cara ini lah secara tidak sadar kalian akan lebih tenang dan juga rileks. 

Ditemani hewan peliharaan juga dapat meringankan rasa kesepian loh, khususnya bagi yang jomblo nih, hehe. Contohnya adalah anjing, yang pada akhirnya membuat kita mau untuk berolahraga ringan (sekedar mengajaknya jalan-jalan sore), dapat meningkatkan mood dan juga menurunkan tekanan darah. Selain itu, anjing yang memang dikenal sebagai sahabat manusia ini juga dapat memahami banyak dari kata-kata kalian. Selain memahami nada dan bahasa, ternyata anjing juga dapat melihat jauh ke dalam isi hati kalian, dan dapat mengukur kadar emosi kalian dan coba memahami apa yang kalian sedang rasakan dan pikirkan. 

4. Menari

tips mengatasi stress - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: aduhembohkah

Tips mengatasi stress yang selanjutnya adalah dengan menari. Saat sedang mengalami hari-hari yang berat, mengistirahatkan mental dan fisik dengan menari spontan dapat menjadi penyelamat dari suasana hati yang buruk loh sahabat explorer. Coba mainkan lagu favorit kalian, lalu coba berjoget-joget santai deh di kamar kalian. 

Menggerakkan tubuh yang disesuaikan dengan nyanyi dan irama, merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam menghilangkan stress. Sebab hati kalian akan lebih senang dan pikiran kalian menjadi teralihkan dengan kegiatan yang kalian lakukan. Efeknya, otak kalain akan terasa lebih jernih untuk mencari solusi dari masalah yang sedang kalian hadapi. 

Stress Bisa Diatasi Dengan Mudah Kok!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips mengatasi stress yang bisa kalian lakukan sekarang juga. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar