Gaya Hidup

Ingin Menaikkan Followers Instagram? Perhatikan Tips Berikut Ini!

tips meningkatkan followers instagram - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : pandagila

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau zaman sekarang, aplikasi Instagram adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh seluruh khalayak di dunia. Baik anak-anak, remaja, hingga orang tua juga sekarang sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang membuat para penggunanya bisa membagikan foto dan video kepada publik atau para pengikutnya. Selain itu fitur Insta Stories yang membagikan momen video atau foto selama 24 jam dengan durasi 15 detik per unggahan juga menjadi kelebihan Instagram yang lainnya. Fitur inilah yang membuat orang pada akhirnya bisa terkenal, dan mendapat julukan selebgram. Itu semua dikarenakan mereka memiliki pengikut atau followers yang banyak. Ternyata caranya tidak sembarangan loh sahabat explorer, ada beberapa tips meningkatkan followers Instagram bagi kalian yang tertarik menggeluti bidang ini.

Tips Meningkatkan Followers Instagram

Berbicara soal uang, maka hasil yang didapat juga tidak kecil. Sekarang, kalian bisa lihat dan cek, bahwa fenomena selebgram ini sangat luar biasa berkembang. Mulai dari beauty selebgram, konten-konten video lucu, meme, sampai ke influencer traveler. Uang bisa didapat melalui endorsement atau mengiklankan salah satu produk di Blog atau Vlog yang dicantumkan di link di bio kalian. Selain uang, eksistensi juga tentunya akan mereka dapatkan, rasa kepuasan atas memiliki banyak pengikut tentu menjadi kesenangan tersendiri. Untuk mencapai itu semua, tentu dibutuhkan konten yang menarik. Selain menarik, masih ada beberapa tips meningkatkan followers Instagram lainnya. Bagi kalian yang ingin menjadi selebgram atau influencer traveler, maka simak tips berikut ini ya sahabat explorer! Langsung disimak!

Baca Juga : Berani Cobain Kuliner Ekstrim Khas Indonesia Ini?

1. Menggunakan Instagram Business Profile

tips meningkatkan followers instagram - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : constantcontact

Tips meningkatkan followers Instagram yang pertama adalah menggunakan Business Profile atau Business Account. Kalian tenang saja, karena ini gratis tidak dipungut biaya sama sekali. Kecuali, jika kalian ingin melakukan promosi untuk konten kalian, maka itu beda lagi ceritanya sahabat explorer.

Tujuan merubah menjadi Business Profile adalah untuk memberikan kepada kalian data mengenai followers kalian. Terdapat sebuah “Insight” dimana isinya adalah demografis, jumlah followers, lalu hari dan jam followers Instagram kalian aktif, dan sebagainya. Kalian bisa menentukan jadwal mengunggah foto dengan mengandalkan data dari Insight Instagram tersebut.

Sebenarnya ada aplikasi lainnya yang bisa memberikan data lebih lengkap, namun tentunya itu sebuah aplikasi tambahan dan juga berbayar sahabat explorer. Dengan data dari Instagram sendiri sudah cukup kok bagi kalian untuk memahami demografis dari followers kalian. Dengan ini, kalian bisa mengetahui konten mana yang paling banyak engagement dan juga likes. Kedepannya, kalian akan mengetahui konten apa yang paling banyak disukai, sehingga kalian bisa membuat yang sejenisnya. Ini merupakan langkah pertama ya sahabat explorer, jangan sampai disepelekan!

2. Konten Yang Relevan

tips meningkatkan followers instagram - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : marketist

Jika kalian memang menentukan untuk menjadi seorang food photographer atau food vlogger sebagai contoh, maka kalian harus memposting hal-hal yang berkaitan. Seperti misalnya foto makanan, lalu jelaskan di caption detail dari makanan tersebut. Tentunya, dengan foto yang bagus dan juga keterangan yang menarik, maka bukan tidak mungkin posting-an kalian akan viral.

Jadi, sesuaikan isi konten dengan tema profile di Instagram kalian. Dengan demikian, jika posting-an kalian dilihat, dan isinya konsisten, bukan tidak mungkin mereka akan follow kalian.

Sebaliknya, jika kalian tidak konsisten, maka bukan tidak mungkin juga kalian akan di unfollow, karena feeds kalian tentu tidak terlihat menarik dan inkonsisten.

YoExplore menyarankan agar kalian membuat akun satu lagi untuk keperluan pribadi kalian. Seperti foto pribadi, keluarga, atau teman-teman. Jangan digabung di dalam akun bisnis kalian yang satu lagi, karena itulah penyebab utama mengapa orang tidak banyak yang follow kalian.

3. Konsisten Dalam Warna Foto di Feeds

tips meningkatkan followers instagram - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : instagram/romzishamlan

Tips meningkatkan followers Instagram yang selanjutnya adalah memperhatikan warna foto di feeds Instagram kalian. Ini bukan hal yang wajib memang, namun ini hanya masalah estetika saja. Zaman sekarang, banyak sekali selebgram yang memiliki feeds yang bagus. Padahal, kalau kita perhatikan fotonya, tidak memiliki konten yang waw banget, namun warna dari editannya lah yang menarik.

Seperti yang ada di gambar, kalian bisa melihat konsistensi warna pada setiap fotonya, dominasi warna biru dan sedikit warna merah muda, menghiasi di setiap fotonya. Orang akan lebih tertarik untuk melihat feeds yang seperti itu, karena memang terlihat bagus dan rapi. Ini menjadi pertimbangan juga bagi orang lain untuk follow Instagram kalian.

Selain itu, dengan warna tertentu, foto kalian juga bisa terlihat makin keren loh sahabat explorer!

4. Menggunakan Hashtag Yang Sesuai

tips meningkatkan followers instagram - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : shortstack

Tips meningkatkan followers Instagram yang berikutnya adalah menggunakan Hashtag yang sesuai. Hashtag merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mendapatkan engagement selain dari 3 hal yang di atas tadi.

Dengan tagar, orang akan lebih mudah menemukan foto kalian dalam kolom explore. Algoritma Instagram sekarang bukan berdasarkan kronologi lagi, tapi berdasarkan konten yang relevan dan salah satunya relevan dengan tagar. Gunakan tagar yang sesuai dengan foto kalian, dengan demikian foto kalian bisa muncul di feeds explore akun orang lain saat mereka mencari berdasarkan tagar yang kalian masukkan.

Tersedia banyak aplikasi dan juga website gratis untuk generate tagar. Kalian bisa googling dan langsung copy paste dalam posting-an kalian. Yang harus diingat, kalian harus relevan dan sesuai ya sahabat explorer, tagar dengan fotonya. Penting banget untuk diingat nih!

Manfaatkan Instagram Untuk Menghasilkan Uang!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips meningkatkan followers Instagram yang YoExplore dapat berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk sharing cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar