Gaya Hidup

Mau Belajar Jadi Penulis Skenario? Nih, Perhatikan 4 Langkahnya!

tips menjadi penulis skenario - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: internationaldesign

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apa ada dari kalian para pembaca yang bercita-cita untuk menjadi penulis skenario film? Sepertinya profesi yang satu ini akan semakin berkembang dikarenakan perfilman Indonesia yang semakin baik sahabat explorer. Kreatifitas para anak muda dalam membungkus sebuah cerita agar bisa tayang di layar kaca ini memang sedang diuji. Pada akhirnya lahirlah film-film berkelas yang sekarang bisa kita nikmati di bioskop. Tentu saja prosesnya lumayan panjang sahabat explorer, dan yang paling krusial salah satunya adalah penulisan skenario ini. Kami akan memberikan kalian beberapa tips menjadi penulis skenario yang mungkin bisa menjadi awal dari karir gemilang kalian. Bisa saja kan script yang kalian tulis akhirnya disukai oleh produser atau sutradara, bukan tidak mungkin pada akhirnya akan dibuat film seriusnya!

Tips Menjadi Penulis Skenario

Untuk menjalankan semua ini, kalian membutuhkan kesabaran dan juga konsistensi. Ada beberapa tahapan yang memang harus kalian lakukan agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk sahabat explorer ulasannya! Cekidot ya!

Baca Juga: Beberapa Hal Ini Dilarang Dilakukan Di Singapura

1. Menentukan Tema Film

Tips menjadi penulis skenario yang pertama adalah menentukan tema film yang akan kalian buat. Tema merupakan unsur yang penting dalam sebuah cerita, baik dalam bentuk film, novel, cerpen ataupun komik. Salah satu fungsi menentukan tema adalah sebagai sebuah masukan untuk dapat  menentukan ide terhadap unsur-unsur lain dalam cerita seperti plot, tokoh dan juga latar. Seseorang yang memang pernah menulis novel atau sejenisnya mungkin akan lebih mudah dalam membuat film karena mereka sudah mendapatkan sumber ceritanya sendiri. Dengan demikian sisanya adalah hanya merapikannya saja agar dapat menjadi sebuah bayangan film yang akan dibuat. 

Bukan berarti kalian yang tidak suka menulis itu tidak bisa membuat film, hanya saja dalam menentukan tema untuk film ini dibutuhkan diksi dan juga imajinasi yang kuat sahabat explorer. Jika kalian memang memiliki kisah hidup yang sekiranya menarik, coba saja tuliskan dulu kisah kalian, sekiranya menarik ya coba saja kirim ke produser!

2. Membuat Premis

Tips menjadi penulis skenario yang selanjutnya adalah membuat premis untuk inti cerita. Premis dan logline dapat dibilang sebagai intisari cerita yang memberikan gambaran keseluruhan cerita secara singkat. Untuk menentukan premis dan logline biasanya dirumuskan dengan = Karakter + punya tujuan + memiliki halangan.  Saat penulisan premis, keseluruhan cerita digambarkan dalam satu kalimat saja sahabat explorer. Namun dalam logline, ulasan cerita berisi lebih panjang dan bisa mencapai satu paragraf atau lebih. Premis dan logline juga dapat berfungsi menjadi acuan cerita, yang dapat membatasi penulis agar pada saat memasuki tahap penyusunan plot supaya tidak keluar dari fokus cerita yang disampaikan. 

3. Menyusun Alur Cerita

Tips menjadi penulis skenario yang selanjutnya adalah menyusun alur cerita yang disesuaikan dengan durasi film. Tahap ini merupakan salah satu tahap yang paling sulit dalam fase Pra produksi dan bisa memakan waktu sangat lama sahabat explorer. Pada proses yang satu ini, penyusunan plot dilakukan dengan cara menyesuaikan terhadap jenis film yang akan dibuat. Dalam sebuah produksi film panjang ataupun film pendek, biasanya alur cerita akan dibuat berdasarkan tiga babak cerita yang terdiri dari pengenalan karakter, petualangan karakter dan kesimpulan cerita. 

4. Membuat List Adegan

Tips menjadi penulis skenario yang selanjutnya adalah membuat list adegan. Langkah yang satu ini sebenarnya masih menjadi salah satu bagian dalam sebuah penyusunan plot cerita. Detak cerita yang akan mengisi sequence dari alur yang sudah disusun, lebih baik dicatat pada notes kertas atau digital sahabat explorer, agar dapat memudahkan penulisan penyusunan plot dan tidak hilang, selain itu bisa menjadi rujukan kembali untuk mengisi sebuah cerita pada naskah. 

Kiat Sukses Menjadi Scriptwriter!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips menjadi penulis skenario yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar