Gaya Hidup

Mau Jadi Selebgram? Ikuti Tips Berikut Ini!

tips menjadi selebgram - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: suara

YOEXPLORE, Tour Operator – Menjadi selebgram, mungkin sekarang bisa dibilang menjadi cita-cita atau mimpi seseorang, terutama kaum millenial. Jelas saja, jenis pekerjaan yang satu ini pasti disukai remaja atau dewasa zaman sekarang, karena kamu tidak perlu effort banyak untuk keluar rumah, pergi ke kantor, atau melamar pekerjaan sana sini. Modal yang kamu butuhkan hanyalah smartphone dan tentunya kuota internet. Nama selebgram sendiri diambil dari nama sosial media Instagram. Kata selebgram berarti selebritis Instagram, memiliki banyak followers.  Hitungan di atas 10 ribu pengikut sudah bisa dibilang Selebgram. Lalu, bagaimana sih tips menjadi selebgram? Tentu saja ada dan caranya juga susah-susah gampang! Yang kamu perlukan terutama adalah konsistensi. 

Tips Menjadi Selebgram

Menjadi selebgram memang susah-susah gampang, sahabat explorer. Selain konsistensi, kamu juga secara tidak langsung dituntut untuk menjadi lebih kreatif. Semuanya bertujuan untuk ‘menghibur’ para pengikut kamu. Maka dari itu, banyak hal juga yang memang harus dipersiapkan. Menjadi selebgram tidak harus memiliki paras yang cantik atau ganteng, kok! Jadi kamu pede saja, gak perlu memikirkan hal yang seperti itu. Kira-kira apa saja sih tips menjadi selebgram? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya, ya!

Baca Juga: 15 Aplikasi yang Dipakai Selebgram Instagram

1. Survei Konten

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah survei konten terlebih dahulu. Tentunya ini penting, jika kamu ingin membuat sesuatu, maka harus survei terlebih dahulu. Jika kamu ingin menjadi seorang selebgram yang mengangkat topik bertemakan kuliner, tentunya kamu harus lihat, seberapa banyak sainganmu dan seperti apa konten yang mereka buat. Walaupun garis merahnya sama, tentunya harus ada pembeda antara kamu sebagai calon selebgram dengan orang yang memang sudah menjadi selebgram kuliner tersebut. Jika memang sama saja, akan lebih sulit bagi kamu untuk menaikkan interaksi  (engagementi) di Instagram. Usahakan untuk membuat konten yang berbeda dari yang lain. Jika kamu bisa menemukan konten yang belum pernah orang lain lakukan, justru itu menjadi nilai lebih yang bisa kamu dapatkan. Tentunya, akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan pengikut yang lebih banyak. 

2. Caption Atau Judul Yang Clickbait

Jika kamu sedang mengunggah video atau Instagram TV tentunya kamu bisa menggunakan yang namanya thumbnail atau cover untuk video kamu. Sebisa mungkin gunakan tulisan atau caption yang clickbait alias bikin orang penasaran untuk mengeklik atau membuka konten kamu tersebut. Walaupun terkesan mencari-cari pengikut, namun percaya atau tidak itulah yang dilakukan oleh para selebgram yang sudah jadi. Kalau kamu niat, kamu mungkin bisa perhatikan atau scroll ke bawah di mana awal-awal mereka sedang build up profil mereka. Pasti ada yang menggunakan clickbait ini. 

Namun, agar kamu juga tidak dicap pembohong atau di ‘bully’ di kolom komentar, usahakan clickbait tersebut sesuai dengan isi dan ekspektasi orang-orang, ya. Jika tidak, maka kamu sendiri yang akan rasakan akibatnya. Sah-sah saja kok menggunakan cara seperti ini sesekali, asal tidak terlalu sering dan kontennya berbobot. Tips menjadi selebgram yang kedua ini memang berkesinambungan dengan yang pertama tadi, sahabat explorer

3. Belajar Teknik Fotografi/Videografi

Tujuan orang membuka Instagram adalah untuk mencari informasi atau hiburan. Contoh yang dimaksud dengan mencari informasi, misalnya mencari informasi mengenai perkembangan Covid-19 hari ini, New Normal, atau topik kemacetan Ibu Kota. Kalau untuk hiburan, sudah jelas mereka akan mencari yang biasanya berhubungan dengan hobi mereka atau sesuatu yang ingin mereka lihat. 

Jika kamu memiliki konten yang menyediakan sarana hiburan melalui fotografi atau videografi, maka tentu tidak bisa sembarangan, sahabat explorer. Maksudnya adalah, kamu harus belajar teknik pengambilan gambar yang benar, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap engagement kamu. Jika misalnya konten kamu tidak terlalu bagus, namun kalau pengambilan angle atau warna dari foto dan komposisinya bagus, orang juga tertarik untuk melihatnya, kok! Maka dari itu, jangan sepelekan hal ini, ya!

4. Mengikuti Perkembangan Terbaru

Yang selanjutnya adalah mengikuti perkembangan terbaru. Dalam bahasa lainnya adalah mengikuti trend. Contoh, jika sekarang orang sedang ‘demam’ Tiktok, tidak ada salahnya kamu juga ikut berpartisipasi di Tiktok. Kamu bisa unggah video Tiktok kamu dan menyesuaikan dengan apa yang sedang hits. Contohnya seperti #wipechallenge kemarin yang sedang hits. Kamu bisa saja kok ikutan challenge seperti itu. Nih, kamu bisa lihat videonya di bawah ini:

Tidak ada salahnya dan memang konten itu sedang trend, sehingga banyak orang yang mencari video-video tersebut.  Gak percaya? Dicoba saja terlebih dahulu!

5. Kolaborasi

Yang satu ini juga merupakan tahapan yang paling sering dilakukan orang, yaitu kolaborasi. Jika kamu memang sudah memiliki engagement yang lumayan banyak, maka hal ini yang paling dibutuhkan. Istilahnya dikenal dengan collab, yang artinya kamu duet dengan orang lain yang juga memiliki engagement yang tinggi dan membuat konten bersama. Bentuknya macam-macam, misalnya tutorial memasak atau sekedar live IG bareng sambil membahas tema-tema yang tentunya sesuai dengan profil Instagram kamu. 

Tentunya, keuntungan akan didapatkan dari kedua belah pikah. Di mana masing-masing dapat ‘bertukar’ dan menambah followers dari pengikutnya masing-masing. Terlebih jika kamu bisa collab dengan artis atau selebgram yang sudah terkenal, wah! Dijamin pengikut kamu akan meningkat secara signifikan!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips menjadi selebgram yang kami rangkum khusus untuk kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap aman dengan #dirumahaja ya, sahabat explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar