Gaya Hidup

Tips Menjadi Seorang Solo Traveler

tips menjadi solo traveler - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source; jetsetter

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Menjadi seorang traveler mungkin sebuah tantangan bagi sebagian orang. Ada yang memang sudah bawaan lahir menjadi seorang solo traveler alias gemar berkelana sendirian. Ada berbagai macam alasan bagi setiap orangnya mengapa memilih menjadi seorang solo traveler. Mulai dari kebebasan, belajar disiplin, atau memang faktor lagi ingin sendiri. Apapun alasannya, menjadi seorang solo traveler itu sangat menyenangkan loh sahabat explorer! Pengalaman yang didapat, pelajaran yang didapat dan tentunya bisa menikmati banget tuh yang namanya jalan-jalan. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai tips menjadi solo traveler bagi kalian yang ingin mencoba pengalaman baru ini. Dijamin gak bakalan nyesel deh jadi solo traveler, malah yang ada ketagihan!

Tips Menjadi Solo Traveler

Tips yang akan penulis bagikan ini adalah murni dari pengalaman pribadi sebagai seorang solo traveler juga. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kalian dan bisa diterapkan juga ya. Selain keseruan yang didapat, tentunya juga ada beberapa kekurangan menjadi seorang solo traveler, mungkin yang susah adalah dalam urusan foto-memfoto nih sahabat explorer. Bisa saja sih minta tolong difotoin orang, namun kan untuk mendapat hasil terbaik biasanya dibutuhkan beberapa kali foto. Sepertinya akan tidak enak juga jika kalian menyuruh atau minta tolong orang yang tak dikenal tersebut untuk foto berkali-berkali. Tapi mungkin itu bagi kalian yang memang hobi self portrait ya, tapi penggemar Landscape pasti merasakan kenikmatannya! Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk sahabat explorer, tips menjadi solo traveler! Cekidot!

Baca Juga: Tips Penting! Irit Baterai Smartphone Kalian Saat Traveling!

1. Khusus Pemula, Destinasi Terdekat Dahulu

Tips menjadi solo traveler yang pertama bagi pemula adalah memilih lokasi yang dekat dulu. Jadi, jika kalian merasa tidak cocok alias bosan, maka perjalanan pulangnya tidak terasa jauh sahabat explorer. Selain itu, kalau memang destinasinya dekat kalian juga bisa menghubungi orang rumah agar menyusul kalian apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Untuk pengalaman saja makanya coba destinasi yang dekat terlebih dahulu. Apabila kalian merasa senang dan nyaman, maka lain kali bisa mencoba untuk destinasi yang lebih jauh lagi. Selain itu kalau destinasinya dekat juga lumayan hemat ongkos sahabat explorer. Semisal, jika kalian berasal dari Jakarta, boleh lah berangkat ke Bogor atau Bandung saja terlebih dahulu. Suasana dan kulturnya juga mirip dengan di Jakarta, jadi kalian tidak akan terlalu kagok kalau ke sana sendirian. Boleh langsung dicoba tips yang pertama ini ya sahabat explorer!

2. Biasakan Bertanya dan Mengobrol Dengan Warga Lokal

Tips menjadi solo traveler yang selanjutnya adalah membiasakan bertanya dan juga mengobrol dengan warga lokal. Saat kalian sedang berada di suatu kota dan sendirian, maka kalian tetap harus bersosial sahabat explorer. Memang, zaman sekarang teknologi sudah canggih, tidak perlu bertanya-tanya untuk mencari destinasi wisata, semuanya ada di google maps atau waze. Namun, ada beberapa hal yang tidak ada di kedua aplikasi tersebut sahabat explorer! Oleh karena itu, biasakan untuk bertanya mengenai destinasi yang akan kalian tuju langsung dengan orang lokalnya. Tentu mereka akan lebih paham dan mengetahui dibanding dengan google.

Selain itu, mereka juga akan merasa dihormati oleh para turis apabila kalian berkomunikasi dengan mereka. Apalagi jika kalian paham dengan bahasanya, wah pasti mereka akan semakin hormat sama kalian loh! Dengan berkomunikasi dengan warga atau orang sekitar, tidak menutup kemungkinan juga kalian akan menambah teman loh! Lumayan kan punya teman antar kota, jadi sewaktu-waktu kembali ke sana lagi, kalian bisa traveling bareng dengan mereka deh!

3. Menikmati Kuliner Lokal

Tips menjadi solo traveler yang selanjutnya adalah untuk membiasakan menikmati kuliner lokal dimanapun kalian berada. Percuma kalau kalian mencari restoran cepat saji yang ada di Jakarta atau dimanapun. Tidak ada pengalaman kuliner yang bisa kalian ceritakan kepada teman-teman kalian. Indonesia itu kaya akan kuliner, dengan demikian kalian akan rugi apabila tidak mencicipi makanan khas atau makanan yang terkenal di kota tersebut. Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh dari kota tersebut ya sahabat explorer! Keluarga di rumah juga pasti menunggu hal yang satu ini!

4. Selalu Berpikiran Untuk Praktis dan Simple

Tips menjadi solo traveler yang terakhir adalah untuk selalu berpikiran serba praktis dan simple. Biasakan juga untuk mempersiapkan semuanya sebelum berangkat, seperti penginapan, sewa motor dan juga keperluan mandi dan di kamar penginapan yang lainnya.

Biasakan membawa 2 tas ya sahabat explorer! Tas yang kedua digunakan untuk selama kalian bepergian di kota tersebut. Bawalah barang-barang yang memang diperlukan saja, jangan semuanya mau dibawa, bakalan ribet loh! Kalau memang kalian adalah fotografer, maka bawa tas kamera lalu bisa diisi dengan yang lain misalkan obat-obatan, power bank, dan charger. Jadi tidak perlu membawa tas lainnya selama bepergian, jadi bawaan kalian tidak banyak dan kalian bisa fokus jalan-jalan deh!

Jadilah Seorang Solo Traveler

Sahabat explorer, itulah beberapa tips menjadi solo traveler yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar