Gaya Hidup

Rambut Sering Rontok? Perhatikan Tips Menumbuhkan Rambut Ini Ya!

tips menumbuhkan rambut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source; liputan6

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, rambut rontok memang sudah menjadi masalah yang sering kita hadapi. Tidak mengenal umur, baik muda tua bahkan anak-anak biasanya rentan mengalami yang namanya masalah kerontokan rambut. Berbagai macam penyebabnya bisa terjadi, dari faktor stress, penggunaan bahan kimia untuk perawatan rambut hingga salah menggunakan shampo. Apapun alasannya, rambut rontok itu memang menyebalkan. Namun jangan khawatir sahabat explorer, kami punya loh tips menumbuhkan rambut yang ampuh. Memang bukan dengan cara yang instan sahabat explorer, tapi ini terbukti aman dan efektif. Bagi kalian yang sedang mengalami masalah ini tentu sangat beruntung jika membaca artikel YoExplore kali ini.

Tips Menumbuhkan Rambut

Kenapa sih rambut itu bisa rontok? Seperti yang dilansir oleh hellosehat.com , rambut itu terbuat dari keratin. Yaitu sebuah protein khusus yang diproduksi dari dalam akar rambut. Setiap kali folikel (akar rambut) memproduksi sel rambut yang baru, maka sel rambut yang lama akan terdorong keluar dari lapisan kulit kepala. Sebenarnya, rambut yang kita sering lihat pada umumnya ini adalah kumpulan dari sel keratin yang sudah mati sahabat explorer. Kerontokan rambut memang terjadi karena stres emosional dan juga stres fisik yang dialami oleh tubuh. Selain iu rambut jg rentan rontok saat kalian sedang sakit, melahirkan, mengalami penurunan berat badan secara drastis dan juga pasca pemulihan operasi. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan rambut yang rontok itu? Simak langsung tipsnya ya sahabat explorer!

Baca Juga: Suka Dengan Jaje Laklak Khas Bali? Perhatikan Resepnya Ya!

1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin

Tips menumbuhkan rambut yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin sehari-hari kalian. Makan lah makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk kesehatan rambut kalian. Beberapa zat gizi yang ada pada makanan dan baik untuk kesehatan rambut kalian adalah Omega 3 & 6. Kacang-kacangan seperti kenari, dan kacang almond. Lalu kalian juga bisa mengkonsumsi ikan laut seperti salmon, tuna dan juga sarden.

Selain itu ada juga b5 dan biotin seperti kuning telur, kacang hijau, keju hingga ubi jalar. Memang banyak makanannya kacang-kacangan ya sahabat explorer. Lalu kalian juga harus sering mengkonsumsi vitamin C. selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata manfaat dari buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan nanas itu dapat menyehatkan rambut loh. Vitamin C ini dibutuhkan untuk memproduksi kolagen rambut.

2. Mengoleskan Minyak Esensial Pada Rambut

Tips menumbuhkan rambut yang selanjutnya adalah mengoleskan minyak esensial pada rambut. Studi yang pernah dilakukan oleh para pria yang mengalami kerontokan rambut, membuktikan bahwa dengan meneteskan minyak biji labu ke dalam sampo bisa meningkatkan ketebalan rambut hingga 40 persen. Selain itu, kalian juga bisa mencampurkan minyak biji labu dengan minyak jojoba untuk mendapatkan manfaat menumbuhkan rambut secara alami.

Minyak esensial lainnya yang juga dapat merangsang pertumbuhan rambut lainnya adalah peppermint dan juga minyak rosemary. Perlu diingat, kalian jangan langsung mengoleskan minyak esensial ke kulit kepala ya, karena bisa menyebabkan iritasi. Gunakanlah minyak zaitun untuk menghindari hal tersebut.

3. Mengonsumsi Suplemen Keratin

Tips menumbuhkan rambut yang selanjutnya adalah dengan rajin mengonsumsi suplemen keratin. Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi 500gr suplemen yang mengandung keratin dan mineral lainnya dapat mengalami peningkatan kualitas kesehatan rambut. Hasilnya adalah menurunkan risiko rambut rontok sebesar 12,5%, meningkatkan kekuatan rambut sebesar 5,9%, lalu meningkatkan juga kilau rambut.

4. Mengonsumsi Protein

Tips menumbuhkan rambut yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi protein. Protein itu ternyata dapat membuat rambut kalian tumbuh sehat dan juga membuatnya terlindung dari kerusakan akibat produk kimia dan polusi lingkungan. Kalian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, kacang-kacangan, yoghurt, dan juga makanan lainnya. Cara lainnya adalah kalian bisa merawat rambut dengan minyak kelapa. Minyak kelapa ini berfungsi untuk mengurangi protein rambut yang hilang saat sebelum maupun sesudah pencucian.

Menumbuhkan Rambut Itu Mudah!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips menumbuhkan rambut yang dapat YoExplore sampaikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar