Gaya Hidup

Tips Menurunkan Berat Badan Yang Sehat!

tips menurunkan berat badan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: cosmopolitanindonesia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, berat badan yang naik setelah lebaran itu memang hal yang biasa! Hehe faktor utamanya adalah tentu karena banyak makanan yang enak pada saat hari raya. Dengan demikian, kita tergoda untuk mencicipi semua makanan tersebut, mulai dari ketupat, kue kering dan beberapa aneka kue lainnya. Selain itu, makanan tersebut juga banyak kandungan kalori dan gulanya, itulah yang menyebabkan kita menjadi gemuk sahabat explorer. Sebenarnya banyak tips menurunkan berat badan atau program diet yang memang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan, namun ada beberapa yang juga membahayakan bagi tubuh. Contohnya adalah diet garam, jika berlebihan maka akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas sahabat explorer. Jelas saja karena tubuh kita itu membutuhkan garam untuk aktivitas sehari-hari.

Tips Menurunkan Berat Badan Yang Sehat

Banyaknya jenis diet sekarang-sekarang ini, membuat kita bingung sendiri untuk memilih mana yang cocok untuk tubuh kita. Selain itu, faktor penurunan berat badan yang signifikan dan cepat itu menjadi incaran para pelaku diet terutama di Indonesia. Sebenarnya yang cepat-cepat itu justru berisiko sahabat explorer, apalagi bagi masalah kesehatan kalian. Tubuh yang terbiasa dengan pola makan kita sebelum diet tentunya juga akan menjadi kaget, sehingga menyebabkan banyak gejala penyakit bermunculan. Dengan demikian, lakukan dengan perlahan dan yang pastinya tidak membuat tubuh kita menjadi sakit. Baiklah kalau begitu, mari simak tips menurunkan badan yang sehat!

Baca Juga: Bukan Piano Atau Gitar! Ini Adalah Alat Musik Tertua Di Dunia!

1. Lakukan HIIT

Tips menurunkan berat badan yang pertama adalah dengan melakukan HIIT atau Pelatihan Interval Intensitas Tinggi. Jenis latihan ini meminta kalian untuk memberikan energi penuh dalam waktu yang singkat dengan selingan istirahat yang aktif untuk memungkinkan pemulihan. 

Sederhananya adalah kalian cukup berjalan, lalu setiap tiga menit kalian coba lari sebentar lalu berjalan lagi selama tiga menit untuk mengatur napas, kemudian lari sebentar lagi. Tidak hanya efektif untuk membakar lemak dan kalori, HIIT juga membuat metabolisme pulih selama berjam-jam setelah selesai. Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari latihan ini, siklus ini harus berlangsung berulang kali antara 20-50 menit sahabat explorer. Tubuh juga membakar lemak selama latihan, tidak hanya membakar kalori saja. Karena konsumsi oksigen yang bagus setelah berolahraga tubuh juga membakar kalori loh sahabat explorer, jadi boleh dicoba ya latihan yang satu ini.

2. Berhenti Makan Gula

Tips menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah berhenti makan gula. Bagi kalian yang memang banyak aktivitas, makanan olahan adalah solusi tercepat dan juga termudah. Namun, jika ingin menurunkan berat badan dan juga menjaga kesehatan, maka cobalah untuk mengurangi gula. Gaya hidup yang serba cepat biasanya mengarah kepada konsumsi banyak makanan olahan yang mudah dibuat dan cepat dimakan. Sayangnya, makanan ini biasanya dikemas dengan nol kalori sahabat explorer! Malah isinya kebanyakan adalah gula dan turunannya! Selain tidak menyehatkan dan berbahaya untuk tubuh apabila dikonsumsi berlebihan, kalian juga jadinya akan susah untuk menurunkan berat badan. Bisa dibilang diet gagal total sahabat explorer! Hehe

3. Minum 1,8 Liter Air

Tips menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah minum 1,8 liter air dalam sehari. Baik di tempat kerja maupun di rumah, air putih itu sangat penting sahabat explorer! Menurut Personal Trainer Chrissy Lundgren, menggambarkan air sebagai sistem pembilasan internal karena membantu membersihkan tubuh dari limbah dan penumpukan yang tidak perlu. Untuk dapat menurunkan berat badan dalam kurun waktu 2 minggu, ia menyarankan untuk minum air 1,8 liter dalam sehari. Meminum air lemon di pagi hari dan malam hari juga bagus untuk membantu makanan agar mudah terurai sahabat explorer. Selain itu, minum air yang banyak juga memudahkan kalian untuk buang air kecil yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

4. Latihan Kardio

Tips menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah jangan lupa untuk latihan kardio. Latihan HIIT yang disebutkan tadi di atas memang bagus, namun jangan melupakan juga kardio sahabat explorer. Latihan ini membantu membangun daya tahan dan dapat membuat tubuh istirahat, entah bersepeda selama satu jam atau berjalan di atas treadmill.

Bentuk olahraga ini menjaga detak jantung moderat dan akan membakar beberapa ekstra kalori. Selain itu ditambah dengan latihan di gym juga baik sahabat explorer! Dengan beberapa kegiatan olahraga ini, kalian juga tidak akan mengalami yang namanya insomnia atau susah tidur! Tidur yang cukup juga berpengaruh dengan berat badan kalian loh sahabat explorer!

Kurus Tapi Yang Terpenting Tetap Sehat!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips menurunkan berat badan yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar