Gaya Hidup

Tips Bagi Kalian Yang Hobi Street Photography

tips street photography - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: petapixel

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, fotografi memang memiliki berbagai macam genre. Mulai dari pemandangan alam (landscape), arsitektur, Cityscape, macro photography, sampai ke street photography. Akhir-akhir ini, genre street photography lagi digemari oleh banyak masyarakat terutama para pecinta fotografi millenials. Kenapa? Bisa jadi dikarenakan faktor bahwa dalam street photography kita bisa lebih banyak mengeksplor keadaan sekitar. Selain itu, dengan tema street atau foto jalanan ini juga tidak memakan biaya yang banyak dibandingkan dengan landscape sahabat explorer! Jadi tentu lebih hemat dan kita tentunya akan banyak olahraga (jalan kaki), jelas lebih sehat kan sahabat explorer. Namun, bagi yang baru terjun ke dunia fotografi jalanan ini, tentu membutuhkan tips street photography dong ya! 

Tips Street Photography

Dalam tema artikel hari ini, YoExplore akan memberikan kalian beberapa tips street photography yang mungkin berguna bagi kalian. Ingat, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan nih sahabat explorer. Walaupun bisa dimana saja dan kapan saja, namun ada beberapa aturan yang harus kalian perhatikan. Baik setting-an kamera, keadaan sekitar sampai momen-momen yang ingin kalian ambil. Oia, karena sekarang lagi digemari banyak orang, bukan tidak mungkin jika kalian bisa bertemu dengan sesama fotografer yang sedang mencari momen di tempat yang sama dengan kalian. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk!

Baca Juga: Tips Mencegah Masuk Angin Sebelum Traveling

1. Jangan Takut Pakai ISO Tinggi

Tips street photography yang pertama adalah jangan takut untuk menggunakan ISO tinggi. Kenapa? Kamera terbaru zaman sekarang sudah bisa meminimalisir ISO tinggi. Jika mungkin pada kamera zaman dulu itu ISO 100 – 400 bagus dan 800 – 1000 sudah kelihatan noise, berbeda dengan kamera sekarang sahabat explorer. Bahkan sampai ISO 6400 saja masih tidak terlihat noise sama sekali. Jadi jangan ragu menggunakan ISO 400 misalnya dalam kondisi terang, itu berguna untuk jaga-jaga jika kalian menemukan momen bagus dengan kondisi yang sedikit gelap. Dengan menggunakan mode aperture priority biasanya kalau ISO sudah 400 itu aman, kalian akan mendapatkan speed yang tinggi dan tidak menyebabkan foto kalian menjadi blur sahabat explorer

Mungkin akan berbeda cerita jika kalian memotret menggunakan kamera analog, wah kalau itu memang harus diperhatikan banget loh sahabat explorer!

2. Jaga Sopan Santun

Tips street photography yang selanjutnya adalah menjaga sopan santun. Biasanya yang namanya foto jalanan itu kita berkeliling sebuah kampung atau pasar misalnya. Tentunya orangnya bermacam-macam sahabat explorer, jadi jika kalian ingin mengambil foto seseorang maka lebih baik izin terlebih dahulu. Tidak semua orang suka difoto sahabat explorer. Setelah foto, biasakan untuk mengobrol dengan mereka, dan jika yang kalian foto adalah pedagang tidak ada salahnya juga untuk membeli dagangan mereka. Anggap saja sebagai ungkapan rasa terima kasih kalian terhadap mereka.

Biasanya, orang-orang akan lebih ramah dan welcome jika kita izin dalam mengambil foto. Itung-itung mencari obrolan saja lah setidaknya sahabat explorer!

3. Pintar-Pintar Melihat Situasi

Saat sedang membidik, kalian melihat anak kecil sedang meniup balon, lalu langsung saja dijepret. Itu merupakan contoh dalam pintar-pintar melihat situasi sebagai tips street photography yang berikutnya. Jadi, saat sedang berkeliling pandangan mata kalian jangan hanya lurus saja ya sahabat explorer. Kalian harus berkeliling juga nih matanya untuk melihat apa kira-kira ada momen yang bisa kalian ambil.

Ini merupakan salah satu seni dari street photography itu sendiri. Banyak orang yang suka mendapatkan foto-foto dengan momen unik dikarenakan mereka pandai dalam melihat situasi. Jadi jangan kebanyakan ngobrol santai dan gak cari momen ya sahabat explorer!

4. Jangan Lupa Bawa Topi!

Ini mungkin tips street photography yang paling penting! Hehe. Biasanya dalam hunting foto street itu paling enak siang-siang sahabat explorer. Kenapa? Karena cahaya sedang terang jadi kalian tidak perlu pusing dengan setting kamera kalian. Tapi, saking panasnya kadang kita membutuhkan topi loh! Berkeliling panas-panas tanpa topi tentu tidak akan enak kan sahabat explorer. Jadi biasakan benda yang satu ini standby di kepala kalian ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips street photography yang bisa YoExplore bagikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a  good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar