Gaya Hidup

Mau Sukses Interview Kerja? Perhatikan Tips Berikut Ini!

tips sukses interview - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: sewakantorcbd

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bagi kalian para fresh graduate pasti rasanya ingin cepat-cepat mendapatkan pekerjaan ya sekarang-sekarang ini. Banyak perusahaan yang membuka kesempatan untuk para lulusan baru loh! Dengan maraknya industri 4.0 yang didukung oleh pemerintah, maka lapangan pekerjaan untuk kaum lulusan baru ini juga semakin banyak. Apakah kalian para pembaca merupakan salah satu lulusan baru sahabat explorer? Jika iya, maka cocok banget nih dengan bacaan artikel hari ini! Kami akan membahas mengenai tips sukses interview di perusahaan. Tips ini sangat mudah untuk dilakukan kok sahabat explorer! Kalian hanya perlu terbiasa saja, sekali dua kali gagal dalam interview itu adalah hal yang wajar kok! Ingat, proses tidak akan menghianati hasil. 

Tips Sukses Interview

Tips sukses interview ini memang harus kalian pelajari, karena penilaian HRD belum tentu sesuai dengan apa yang kalian pikirkan. Ada beberapa kriteria yang dibutuhkan oleh para HRD dari calon pekerja di kantornya. Tidak hanya skill atau keahlian khusus yang kalian punya, namun kepribadian juga sangat mempengaruhi. Perusahaan biasanya memiliki kriteria khusus terhadap calon-calon rekrutan baru mereka. Penilaian itulah yang tidak bisa kalian ketahui sahabat explorer. Namun, kalian bisa mempelajari beberapa tips dasar ini yang pasti akan membantu kalian. Selain itu, tips ini juga dapat memberikan kesan positif terhadap diri kalian di depan HRD atau mungkin Manager. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga: Rambut Sering Rontok? Perhatikan Tips Menumbuhkan Rambut Ini Ya!

1. Beri Jeda Saat Menjawab Pertanyaan

Tips sukses interview yang pertama adalah untuk membiasakan memberi jeda saat mau menjawab pertanyaan. Mungkin bagi kalian yang masih belum berpengalaman, rasanya ingin selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari HRD ya sahabat explorer. Rasanya ingin sekali menunjukkan kalau kalian itu antusias dan layak untuk bekerja di tempat ini. Namun, hati-hati! Karena itu semua belum tentu disukai oleh mereka sahabat explorer!

Kenapa? Karena dengan menjawab sambil memberi jeda setelah pertanyaan, menunjukkan kalau kalian orang yang penuh pertimbangan. Dengan memberi jeda, HRD akan melihat kalian sebagai orang yang penuh pertimbangan. Dalam hal apapun, kalian akan melakukan pertimbangan yang matang sebelum melakukan eksekusi. Tapi, jangan lupa jawabannya yang benar dan sesuai ya sahabat explorer, karena kalau bohong juga pasti akan ketawan!

Perlu dicatat, jika kalian buru-buru menjawab, maka kalian akan dikira sebagai orang yang tergesa-gesa dan kurang mempertimbangkan keadaan. 

2. Memahami Beberapa Pertanyaan Jebakan

Tips sukses interview yang selanjutnya adalah untuk memahami beberapa pertanyaan jebakan yang biasanya ditanyakan HRD kepada kalian sahabat explorer. Beberapa pertanyaan tersebut biasanya:

  1. Gambarkan diri kalian. Pertanyaan ini digunakan untuk mengukur karakter calon pekerja. Usahakan menjawabnya dengan tidak kata, misalnya: jujur, pekerja keras, antusias, atau bisa juga berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik. Jawaban itu sudah biasa dan banyak digunakan sahabat explorer, carilah jawaban yang lain yang memang lebih realistis dan sesuai dengan karakter kalian. 
  2. Mengapa kalian tertarik bergabung? Jangan jawab karena gajinya tinggi atau bonus, tapi jawablah berdasarkan alasan yang positif. Misalnya kalian bergairah bekerja di perusahaan tersebut karena sesuai dengan bakat dan minat kalian. 
  3. Prestasi apa yang telah kalian raih dalam karier? Meski kalian punya banyak sekali prestasi, ada baiknya jika kalian menjawab sewajarnya saja, jangan berlebihan. Kalian akan terlihat sombong apabila terlalu berlebihan sahabat explorer

Kurang lebih seperti itulah pertanyaan-pertanyaan jebakan, jawab sewajarnya dan serealistis mungkin ya sahabat explorer!

3. Jabatan Tangan Menggambarkan Diri Kalian

Tips sukses interview yang berikutnya adalah dalam urusan jabatan tangan. Jangan sepelekan hal ini sahabat explorer, karena jabatan tangan itu juga ada penilaiannya loh. Jabat tangan ini memang merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Walaupun lumrah, ini bisa menjadi penentu apakah interview kalian nanti sukses atau tidak. Saat menjabat tangan, kalian dapat merasakan rasa percaya diri, agresif dan juga kepanikan. 

Saat jabatan tangan kalian sangat kuat, berarti kalian sangat agresif. Jika jabatan tangan lemah, berarti menandakan kalian kurang percaya diri dan pesimis. Lalu yang baik bagaimana? Yang baik tentu saja yang ditengah! Usahakan tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu lemah sahabat explorer!

4. Menjaga Gerakan Tangan

Tips sukses interview yang selanjutnya adalah menjaga gerakan tangan kalian. Hindari untuk tangan terlalu aktif seperti bergerak-gerak atau memainkan pulpen atau apapun yang berada di dekat kalian. Kenapa? Karena hal tersebut menunjukkan kalau kalian sedang gugup dan juga tidak percaya diri. Hindarilah perilaku tersebut, biasakan untuk berposisi tangan yang santai dan rileks saja sahabat explorer. Dengan posisi ini, tentunya kalian akan lebih percaya diri dalam menghadapi sesi wawancara yang kata orang itu menegangkan!

Sukses Interview Kerja Di Tempat Favoritmu!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips sukses interview yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar