Gaya Hidup

Ingin Traveling Bersama Orang Tua Yang Sudah Lansia? Perhatikan Tips Berikut Ini Ya!

tips traveling bersama lansia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : idntimes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, jalan-jalan bersama keluarga besar memang tentu akan sangat menyenangkan. Kalian bisa menyewa sebuah bus kecil atau mobil elf dan bersama-sama road trip dengan keluarga. Dari yang anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia sekalipun pasti akan sangat menikmati hal ini. Menghabiskan waktu libur bersama orang-orang yang tersayang pasti akan menjadi momen yang tidak akan dilupakan. Khususnya bagi para orang tua, mereka pasti sudah mengidamkan momen ini. Berlibur bersama keluarga besar, terutama anak dan cucu yang tentunya akan sangat menyenangkan. Namun, tidak semua tempat bisa diikuti oleh para lansia, oleh karena itu kalian harus bijak dalam memilih destinasi wisata. Selain itu, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sahabat explorer. Dalam artikel kali ini YoExplore akan membahas mengenai tips traveling bersama lansia yang harus kalian ketahui.

Tips Traveling Bersama Lansia

Beberapa tips traveling bersama lansia ini perlu banget kalian perhatikan. Tentunya karena kondisi fisik yang berbeda dengan kalian tentunya yang masih muda. Dengan demikian, kalian harus bijak dalam memilih, baik destinasi wisata, penginapan, tempat makan, dan lain-lainnya. Jangan sampai pilihan-pilihan kalian tersebut justru menyusahkan mereka. Oleh karena itu, YoExplore ingin memberikan kalian tips ini dikarenakan melihat kegiatan traveling ini sekarang sedang disukai masyarakat. Sudah tidak mengenal umur lagi, dari anak SMP sampai lansia juga senang dengan kegiatan yang satu ini. Menikmati keindahan alam itu memang bisa menjadi penghibur diri sendiri bagi siapapun yang melihatnya. Baiklah kalau begitu, langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga : Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

1. Cari Fasilitas Medis Yang Dekat Dengan Tujuan Wisata

Tips traveling bersama lansia yang pertama adalah kalian mencari terlebih dahulu fasilitas medis yang dekat dengan tujuan wisata. Kalian tentu bisa riset terlebih dahulu nih sahabat explorer sebelum memilih tempat wisata. Tentunya, hal ini hanya untuk berjaga-jaga apabila dalam kondisi darurat.
Faktor perjalanan yang melelahkan bisa membuat mereka para lansia mengalami kondisi fisik yang lelah dan pada akhirnya drop. Oleh karena itu, lebih baik jika kalian melakukan survey terlebih dahulu mengenai fasilitas medis di dekat dengan lokasi. Dengan demikian, apabila sesuatu terjadi, kalian bisa langsung membawanya ke rumah sakit dan dapat ditangani cepat oleh dokter.
Mungkin kalian tidak kepikiran nih sahabat explorer, namun semoga dengan adanya tips ini kalian bisa notice dan tidak kelupaan. Terkadang karena sudah tidak sabar ingin pergi, maka yang kalian pikirkan hanyalah liburannya saja, namun hal-hal seperti ini suka terlewatkan. Jadi, jangan disepelekan ya sahabat explorer!

2. Fasilitas Saat Perjalanan

Tips traveling bersama lansia yang selanjutnya adalah memikirkan fasilita saat perjalanan. Tentunya kalian harus memilih hotel, destinasi wisata dan bahkan transportasi yang memiliki fasilitas lengkap untuk lansia. Fasilitas yang dimaksud adalah tersedianya kursi roda, tongkat berjalan, dan yang lainnya. Apabila kalian pergi menggunakan pesawat, kalian lebih baik menelpon terlebih dahulu maskapainya dan menanyakan hal-hal yang perlu untuk lansia.

Biasanya, maskapai menyediakan fasilitas penumpang berkebutuhan khusus dimana biasanya ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Biasanya, ada seseorang dari maskapai yang akan membantu kalian dan juga menyediakan kursi roda bagi para lansia agar mereka tidak kelelahan. Selain itu, mereka juga tidak perlu mengantre karena bisa melalui jalur prioritas.

Jadi, kalian jangan sampai lupa menanyakan hal-hal ini ya sahabat explorer, semua ini dilakukan agar mereka tidak kelelahan dan dapat bersenang-senang.

3. Meminta Persetujuan Jalan Dari Dokter

Tips traveling bersama lansia yang selanjutnya adalah meminta surat persetujuan jalan dari dokter. Tentunya hal ini merupakan yang paling penting nih sahabat explorer. Biasakan untuk melakukan Medical Check-up untuk para lansia yang ingin melakukan perjalanan jauh. Dengan demikian, dokter bisa memberikan rekomendasi atau justru mungkin melarang pasien untuk bepergian. Tentu saja alasannya karena kondisi yang tidak memungkinkan, atau dikarenakan kondisi yang terlihat naik turun.

Jika memang tidak ada masalah yang berarti, biasanya dokter mengizinkan mereka untuk traveling. Jangan lupa juga untuk menanyakan kepada dokter apakah mereka (para lansia) membutuhkan vaksinasi tambahan atau resep obat khusus selama bepergian. Dengan demikian, kondisi fisik mereka tetap bisa terjaga. Jangan sampai lupa ya sahabat explorer!

4. Berkemas Secukupnya

Tips traveling bersama lansia yang selanjutnya adalah berkemas secukupnya. Jangan terlalu banyak membawa barang, dengan demikian kalian bisa membantu mengurus orang tua saat bepergian. Dan yang paling penting dari semuanya adalah jangan lupa untuk membawa asuransi, obat-obatan dan beberapa peralatan khusus yang mungkin kalian butuhkan nanti dalam perjalanan. Sebaiknya, siapkan semuanya dalam satu tas khusus nih sahabat explorer, dengan demikian kalian tidak perlu lagi ribet-ribet mencarinya.

Liburan Tenang dan Senang

Sahabat explorer, itulah beberapa tips traveling bersama lansia yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk membagikan cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar