Gaya Hidup

Suka Traveling Dengan Kereta? Perhatikan Tips Berikut Ini Ya!

tips traveling naik kereta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : monitor.co.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mencapai sebuah destinasi, memang diperlukan perjuangan dan mungkin perjalanan yang melelahkan. Tidak semua destinasi tersebut bisa dijangkau menggunakan pesawat. Namun, solusinya pasti hadir, jadi kalian tidak perlu takut untuk tidak sampai ke destinasi wisata tersebut. Salah satu alternatif transportasi yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Kereta Api. Transportasi darat yang satu ini bisa menjangkau wilayah-wilayah terpencil yang tidak memiliki bandara. Dengan menggunakan kereta, kalian bisa mengunjungi hidden paradise yang kalian sudah impikan. Tentunya, menggunakan kereta tidak lebih cepat daripada pesawat, apalagi jika kalian menaiki kelas Ekonomi, maka kemungkinan besar kalian akan berhenti di berbagai stasiun besar untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Perjalanan darat yang bisa memakan waktu berjam-jam ini, tentu akan terasa sangat membosankan jika kalian tidak melakukan sesuatu. YoExplore, akan memberikan tips traveling naik kereta yang dijamin tidak akan membuat kalian  bosan selama perjalanan yang jauh tersebut.

Tips Traveling Naik Kereta

Perjalanan jauh menggunakan kereta, memang tentunya akan menjadi pengalaman unik tersendiri bagi kalian yang belum pernah melakukannya. Pasti ada saja cerita keluh kesah saat menggunakan transportasi yang satu ini. Namun, sedikit informasi bagi sahabat explorer, sekarang kereta kelas Ekonomi juga sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada AC, jadi kalian tidak mungkin kepanasan, gerbong dan kamar mandinya sudah bersih, dan tersedia colokan listrik sebanyak dua buah di setiap tempat duduk yang tersedia. Jadi kalian tidak perlu takut kehabisan batrai Handphone saat perjalanan. Tips berikut ini, tentu akan mempermudah kalian dan juga bisa menghilangkan rasa bosan kalian selama di perjalanan. Yaudah yuk, langsung kita simak saja ulasannya!

Baca Juga : Suka ke Pasar Tradisional? Udah Tau Pasar Terbesar di Dunia Belum?

1. Masuk Ke Gerbong Secepatnya

tips traveling naik kereta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : gongtraveling

Tips traveling naik kereta yang pertama adalah masuk ke gerbong kereta sesuai dengan tiket yang kalian pesan. Jika kalian masuk tepat waktu, maka kalian tidak akan mengalami antrean seperti yang ada di gambar nih sahabat explorer. Di dalamnya kalian juga pasti akan berdempet-dempetan dengan orang lain yang ingin menaruh barangnya di rak tas di atas. Jadi, jika kalian datang tepat waktu pada saat gerbong dibuka, maka kemungkinan kecil kalian akan berurusan dengan hal-hal tadi.

Selain itu, biasanya, banyak orang yang kebanyakan bawa barang, dan semuanya jadi ditaruh di atas, dengan demikian, kalian yang belakangan bisa-bisa gak dapet rak kosong buat naruh tas nih. Walaupun itu memang menjengkelkan, namun biasanya orang Indonesia ada rasa gak enak nih buat menegur orang yang asal-asalan tersebut, mungkin kalian salah satunya, jadi mau gamau tasnya dipangku deh sepanjang perjalanan. Wah, bakalan cape banget pastinya. Jadi, biasakan masuk gerbong lebih cepat ya sahabat explorer!

2. Membawa Makanan Yang Baunya Tidak Menyengat

tips traveling naik kereta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : detikfood

Tips traveling naik kereta yang selanjutnya adalah membawa makanan yang baunya tidak menyengat. Biasanya, orang gak mau ribet dan akhirnya memilih makanan fast food atau cepat saji untuk dibawa di dalam kereta. Walaupun sebenarnya makanan ini kurang sehat, namun sesekali ya tidak apa-apa deh sahabat explorer, daripada kelaparan di dalam kereta karena perjalanan jauh, nanti kalian malah bisa sakit.

Sebenarnya, kereta juga menjual makanan yang rasanya juga lumayan enak, tapi, jika kereta sedang penuh maka kemungkinan besar makanannya bisa habis nih sahabat explorer. Dengan demikian, kalian tidak bisa kebagian makanan, atau hanya bisa membeli makanan ringan saja.

Makanan yang kalian bawa juga sebaiknya jangan makanan yang berbau menyengat ya sahabat explorer, selain mengganggu penumpang yang lain, sampah dari makanan tersebut juga biasanya tetap meninggalkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, bawa makanan yang kering-kering saja, seperti ayam goreng, telur goreng, dan goreng-gorengan yang lainnya yang tidak memiliki bau yang berlebihan.

3. Bawa Buku Bacaan / Headphone

tips traveling naik kereta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; pritahw

Tips traveling naik kereta yang selanjutnya adalah membawa buku bacaan atau headphone. Sudah jelas kan hal yang satu ini berfungsi sebagai apa, pastinya untuk mengisi kekosongan waktu kalian. Perjalanan darat yang lama dan melelahkan ini, lebih baik kalian isi dengan kegiatan membaca buku atau mendengarkan musik. Kedua hal ini bisa kalian pilih sesuai dengan apa yang kalian suka.

Banyak orang yang memang suka membawa novel saat perjalanan di kereta. Tanpa terasa, sudah separuh perjalanan ditempuh karena keasyikan membaca novel tersebut. Bagi kalian yang suka mendengarkan musik, silahkan saja gunakan headphone kalian sambil berkhayal tentang lagu tersebut, dijamin perjalanan kalian akan terasa sangat mengasyikkan.

4. Membawa Penutup Mata

tips traveling naik kereta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : masirwin

Tips traveling naik kereta yang selanjutnya adalah membawa penutup mata. Nah, yang satu ini penting banget nih sahabat explorer buat kalian yang melakukan perjalanan malam. Tidur di tempat lain selain kasur, belum tentu nyaman bagi semua orang. Bagi orang-orang yang pelor alias ‘Nempel Molor’, mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagi mereka yang susah tidur di dalam kendaraan, maka alat yang satu ini bisa membantu mengatasi mata kalian.

Salah satu penyebab mengapa orang susah tidur di dalam kendaraan adalah faktor cahaya nih, kadang tidak semua kereta mematikan lampunya saat perjalanan malam, sehingga cahaya lampu tersebut mengganggu mata kalian. Dengan menggunakan penutup mata ini, tentu kalian tidak bisa melihat apa-apa, tinggal merem dan bikin posisi tubuh kalian nyaman. Dijamin, tidak sampai 5 menit, kalian sudah tertidur pulas! Gak percaya? Coba aja dulu!

Naik Kereta Api Yuk!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips traveling naik kereta yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Tidak ada salahnya traveling naik kereta dengan rute terjauh, selain menjadi pengalaman, kalian juga bisa melihat pemandangan di luar kereta yang indah dan menakjubkan. Kalau belum pernah, langsung dicoba deh sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar