Gaya Hidup

Jarang Diketahui! Inilah Pahlawan Ekonomi Indonesia!

tokoh ekonomi indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tandapagar

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, ekonomi merupakan hal yang paling penting dalam kejayaan sebuah negara. Jika ekonomi baik, maka negara tersebut juga akan maju. Mari kita lihat negara maju seperti Amerika dan negara Eropa lainnya, jelas semua itu didomplang dengan ekonomi yang baik juga. Indonesia beberapa kali mengalami pasang surut dalam urusan ekonomi sahabat explorer. Dari zaman setelah kemerdekaan hingga sampai sekarang, ekonomi masih menjadi permasalahan utama di Indonesia. Tingkat kemiskinan dan juga pendidikan rendah masih tinggi di negeri kita ini. Tidak heran jika negara kita ini selalu disebut sebagai negara berkembang. Walaupun begitu, ada beberapa tokoh ekonomi Indonesia yang memang bisa dibilang sebagai penyelamat atau pahlawan ekonomi pada saat masa-masa krisis. Kira-kira millenials sekarang pada tau gak tokoh-tokoh ini?

Tokoh Ekonomi Indonesia

Tokoh ini memang ada juga yang pernah menjabat sebagai wakil Presiden di Indonesia. Mereka lah yang membuat negeri ini tetap stabil dalam kondisi apapun. Namun, semakin hari perekonomian di Indonesia menunjukkan kenaikan yang positif sahabat explorer. Semoga dalam waktu 10 hingga 20 tahun ke depan akan lebih baik lagi. Kita lah yang menjadi penerus bangsa, jadi kita sama-sama membangun perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi ya. Baiklah, kalau begitu mari langsung kita bahas yuk sahabat explorer, kira-kira ada siapa saja sih tokoh-tokohnya? Simak ulasannya ya!

Baca Juga: Jalan Malioboro Akan Steril Dari Kendaraan Bermotor, Uji Coba Mulai 18-19 Juni 2019

1. Mohammad Hatta

tokoh ekonomi indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: romadecade

Tokoh Ekonomi Indonesia yang pertama adalah Mohammad Hatta. Siapa sih yang tidak mengenal sosok beliau? Biasa dipanggil dengan sebutan Bung Hatta, wakil Presiden pertama Republik Indonesia ini merupakan tokoh yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada waktu itu. Apalagi pada waktu zaman setelah kemerdekaan, tentu sangat sulit untuk menjaga kestabilan ekonomi di Indonesia. Namun, berkat tangan dingin Mohammad Hatta, ketimpangan ekonomi antara si kaya dan si miskin dapat dijembatani dengan ekonomi gotong royong. Dengan adanya koperasi, masyarakat dapat hidup lebih sejahtera.

Nah sahabat explorer, ternyata jasa beliau dalam bidang ekonomi di Indonesia ini sungguh sangat besar loh! Untuk lebih detailnya, kalian bisa mencari buku-buku ekonomi yang membahas mengenai kepiawaian beliau dalam menstabilkan ekonomi Indonesia pada waktu itu.

2. Raden Bei Aria Wiryaatmaja

tokoh ekonomi indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: slideplayer

Tokoh ekonomi Indonesia yang selanjutnya adalah Raden Bei Aria Wiryaatmaja. Sosok pahlawan ekonomi Indonesia yang satu ini memang kurang begitu dikenal sahabat explorer. Namun, nama beliau begitu harum di tempat kelahirannya  di Banyumas, Jawa Tengah. Raden Bei Aria Wiryaatmaja merupakan sosok perintis dari berdirinya Bank Rakyat Indonesia.

Pria yang pernah menjabat sebagai Patih Purwokerto pada tahun 1879-1905 ini tergerak untuk mendirikan Bank Perkreditan Rakyat setelah mendengar kisah para rentenir yang selalu mematok bunga tinggi.

Kendato sudah beratus tahun yang lalu, tetapi jasanya masih terasa hingga kini. Dengan hadirnya lembaga keuangan tersebut, rakyat tidak susah untuk menyimpan atau meminjam dana untuk usaha. Boleh di share informasi ini ke teman-teman ya sahabat explorer!

3. Frans Seda

tokoh ekonomi indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: modakemenhub.wordpress

Tokoh ekonomi Indonesia yang selanjutnya adalah Frans Seda. Fransiscus Xaverius Seda atau yang akrab dipanggil dengan Frans Seda ini, merupakan tokoh legenda dalam perekonomian Indonesia. Jasa beliau begitu besar di Indonesia terutama pada tahun 1965-1966, kala itu Indonesia mengalami krisis moneter yang menyebabkan inflasi meningkat drastis hingga 650%!

Angka yang sangat luar biasa tinggi sekali ya sahabat explorer! Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika yang semula hanya Rp 5.100, tiba-tiba membengkak menjadi Rp 50.000!

Dengan kepiawaiannya, Frans Seda berhasil menyelamatkan Indonesia dari kehancuran. Untuk menekan laju inflasi, Frans Seda menerapkan strategi anggaran penerimaan dan belanja berimbang.

Selain sukses menekan angka inflasi hingga 112%, Frans Seda mampu mengembalikan kepercayaan dunia dengan mendaftarkan Indonesia sebagai anggota IMF dan juga Bank Dunia. Tidak heran, beliau merupakan sosok penasihat ekonomi untuk 5 presiden Indonesia! Mulai dari Bung Karno hingga ke Megawati Soekarno Putri. Luar biasa banget nih beliau! Terima kasih Bung Frans!

4. Anthony Salim

tokoh ekonomi indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: merdeka

Tokoh ekonomi Indonesia yang selanjutnya adalah Anthony Salim. Siapa sih yang tidak kenal dengan merk Indofood? Kalau Indomie pasti tau kan sahabat explorer? Makanan seluruh umat ini memang menjadi favorit bagi keluarga Indonesia. Kelezatannya memang tidak terbantahkan loh sahabat explorer!

Kesuksesan Anthony Salim untuk melebarkan sayap ke dunia internasional tidaklah dengan cara yang mudah. Butuh perjuangan yang luar biasa, waktu dan juga pasang surut yang harus dihadapi. Berbekal dengan semangat juang yang tinggi, beliau berhasil melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri. Bahkan, Indomie sukses menembus lebih dari 80 negara di dunia. Secara otomatis, kesuksesan Anthony Salim ini juga sangat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia loh sahabat explorer!

Mari Bersama Membangun Ekonomi Indonesia!

Sahabat explorer, itulah beberapa tokoh ekonomi Indonesia yang bisa YoExplore informasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar