Gaya Hidup

Tokoh Pejuang Kemerdekaan Ini Sudah Hampir Terlupakan!

tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : brilio

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kemerdekaan Indonesia tidak terasa sudah lebih dari 70 tahun kita rasakan. Berbagai macam lomba juga akan diselenggarakan demi mengingat perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diraih dengan susah payah. Kurang lebih 350 tahun negara kita ini dijajah oleh Belanda dan juga Jepang dalam beberapa tahun terakhir sebelum akhirnya benar-benar merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Banyak sekali tokoh-tokoh yang terlibat, seperti Jenderal Sudirman sebagai panglima perang, Bung Karno sebagai Presiden, dan masih banyak lagi pahlawan yang mungkin kalian ingat hingga sekarang. Namun, ada beberapa tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang namanya hampir terlupakan. Kira-kira kalian bisa sebutkan tidak nama pejuang yang namanya tidak familiar tersebut? Mungkin bagi kalian yang hobi sejarah, ini adalah pertanyaan yang sangat mudah jawabannya ya sahabat explorer.

Tokoh Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang hampir terlupakan ini, memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Walaupun namanya tidak begitu dikenal, tapi jika tidak ada mereka, mungkin kemerdekaan ini belum tentu ada sahabat explorer! Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita setidaknya mengetahui nama mereka dan akhirnya bisa mengenang mereka dan mengirimkan doa kepada pahlawan tersebut yang sudah tiada. Baiklah kalau begitu, tanpa lama-lama lagi, mari kita simak ulasannya yuk sahabat explorer! Cekidot ya!

Baca Juga : Siapkan Passport Kalian! Kunjungi Negara Bebas Visa Ini Ya!

1. Wikana

tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : berdikarionline

Tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang namanya hampir terlupakan yang pertama adalah Wikana. Sosok yang satu ini mungkin namanya paling asing didengar sebagai pahlawan Indonesia. Memang namanya jarang ada di buku-buku sejarah saat zaman sekolah, tapi kalian harus tau jasa pahlawan yang satu ini.

Beliau merupakan tokoh yang pernah dipercayai untuk duduk menjabat menteri negara urusan pemuda dalam kabinet Perdana Menteri Sjahrir. Kemudian, tokoh muda inilah yang mendesak Soekarno untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Jasa lainnya adalah keberaniannya untuk menghimbau militer Jepang untuk tidak mengganggu jalannya upacara pembacaan teks proklamasi pada tahun 1945.

Namun sayangnya Wikana menghilang di tahun 1965 setelah kembali ke Tanah Air dari kunjungannya ke Peking. Kira-kira ada yang tahu beliau menghilang kemana? Hehe jawab di kolom komentar ya!

2. Tadashi Maeda

tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang hampir terlupakan selanjutnya adalah Tadashi Maeda. Beliau merupakan perwira tinggi dari angkatan laut Jepang. Yang menjadikannya dianggap sebagai pahlawan ialah ketika beliau melanggar perintah para sekutu yang melarang pemimpin-pemimpin di Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaannya. Kejadian ini sungguh luar biasa pada saat itu, meski pangkatnya sudah tinggi, beliau rela membantu Indonesia karena rasa simpati-nya terhadap rakyat Indonesia.

Beliau juga merelakan rumahnya dipakai sebagai tempat penyusunan naskah dan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Laksamana Tadashi Maeda sempat ditangkap dan ditahan oleh sekutu namun dibebaskan pada tahun 1947.

Kalian sudah pernah dengar belum nama pahlawan yang satu ini sahabat explorer?

3. Frans Mendur

tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : boombastis

Tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang hampir terlupakan selanjutnya adalah Frans Mendur. Beliau merupakan seorang fotografer yang mengabadikan dan mendokumentasikan momen kemerdekaan republik Indonesia. Frans Mendur mengabadikan momen bersejarah ini bersama saudara sekandungnya yaitu Alex Mendur.

Dia sempat digeledah oleh tentara Jepang, namun untung saja ia sempat menyembunyikan negatif filmnya di bawah pohon dekat halaman kantor harian Asia Raja.

Wah, mungkin tanpa beliau, kita tidak dapat melihat foto Bung Karno yang terkenal tersebut saat sedang membacakan teks proklamasinya ya sahabat explorer! Terima kasih bung Frans & Alex Mendur!

4. Tan Malaka

tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang terakhir adalah Tan Malaka. Tokoh yang satu ini diberi gelar oleh Bung Karno sebagai “Orang yang ahli dalam Revolusi”. Lalu disebut sebagai “Bapak Republik Indonesia” oleh Mohammad Yamin. Beliau adalah seorang guru lulusan Belanda yang bisa saja mengajar terus di Belanda dengan gaji yang sangat tinggi. Namun, beliau lebih memilih untuk mengajar anak-anak di Semarang. Luput dari awasan Belanda, sekolah-sekolah yang diajar oleh Tan Malaka berkembang pesat, membuat ia akhirnya dibuang pada tahun 1922.

Dalam masa pembuangannya tersebut, ia tetap diam-diam berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Singkat cerita, karena ada perpecahan internal di sesama pejuang kemerdekaan, Tan Malaka ditangkap dan dieksekusi oleh tentara militer divisi 1 Jawa Timur saat ia sedang memimpin rakyat untuk melawan Belanda pada tanggal 21 Februari 1949.

Masih Banyak Lagi Tokoh Yang Lainnya!

Sahabat explorer, itulah beberapa tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang namanya hampir terlupakan. Semoga dengan adanya artikel ini, wawasan kalian jadi bertambah luas, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yang belum mengetahui ya!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar