Gaya Hidup

Lagi Musim Hujan Nih! Yang Suka Traveling Naik Motor Baca Tips Ini Ya!

touring motor saat musim hujan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : kangaliali

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, berkeliling menggunakan sepeda motor memang mengasyikkan bagi sebagian orang. Terlebih jika motor yang kalian kendarai adalah ‘Moge’ alias Motor Gede semacam Harley Davidson, dan yang lainnya. Biasanya, jika mengendarai Moge dilakukan secara grouping atau berkelompok. Sudah ada banyak komunitas Moge di Indonesia, baik di Jakarta maupun kota lainnya. Tidak heran, jika komunitas-komunitas ini sering mengadakan ‘Kopdar’ atau Kopi Darat. Tau gak apa Kopdar? Intinya sih mereka ketemuan, nongkrong-nongkrong, dan menyusun rencana mau ngapain ke depannya. Biasanya, kegiatan yang paling umum adalah traveling bersama. Wah, kebayang serunya gak sahabat explorer? Naik motor gede, terus traveling ke berbagai macam daerah. Mulai dari kota besar, hingga ke pelosok-pelosok untuk menyaksikan panorama tertentu yang tidak ada di daerah lainnya. Namun, sekarang sudah memasuki musim hujan nih sahabat explorer, kalian harus memperhatikan tips touring motor saat musim hujan berikut ini.

Tips Touring Motor Saat Musim Hujan

Untuk berkendara menggunakan motor saat cuaca sedang tidak bagus, ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan nih sahabat explorer. Tentunya tips ini sangat penting bagi keselamatan dan kondisi fisik kalian. Walaupun berkelompok, namun tetap saja kalian harus memperhatikan juga kelengkapan kendaraan dan barang bawaan. Jangan jadinya malah menyusahkan orang lain nih sahabat explorer. Kalian harus mengetahui gambaran jalur ke destinasi yang kalian tuju, sehingga kalian bisa menentukan barang bawaan dan juga persiapan lainnya. Yasudah yuk, gak usah lama-lama lagi, langsung kita simak saja ulasannya!

Baca Juga : Lagi, Pulau Tersembunyi di Indonesia Yang Memukau

1. Membawa Jas Hujan dan Sepatu Khusus

touring motor saat musim hujan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : gridoto

Tips touring motor saat musim hujan yang pertama adalah membawa jas hujan dan sepatu khusus. Jas hujan yang bagus dan aman tentunya, jangan yang modelnya kaya jubah Superman ya sahabat explorer, bahaya nanti bisa nyangkut ke rantai atau ban motor kalian. Gunakanlah yang memang bentuknya seperti jaket pada umumnya dan ada celananya juga, jelas lebih aman dan nyaman juga kan.

Dengan kualitas jas hujan yang bagus, maka kalian akan benar-benar tidak kebasahan, dan jangan lupa juga untuk memiliki sepatu khusus. Maksudnya, daripada sayang sepatu bagus kalian basah dan kotor kena cipratan air, lebih baik kalian pakai sepatu khusus atau mungkin sandal yang bisa kalian pakai saat kehujanan. Dengan ini, sepatu kalian tetap aman dan kalian juga merasa nyaman saat berkendara.

2. Cek Kondisi Motor Terutama Ban

touring motor saat musim hujan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : otonity

Tips touring motor saat musim hujan yang selanjutnya adalah mengecek kondisi motor, terutama ban. Kenapa ban? Jelas saja, berkendara saat hujan lebih riskan dibanding cuaca terik. Kondisi jalanan yang jadi licin, atau tanah yang becek membuat ban kalian menjadi licin dan tidak berfungsi dengan baik.

Lebih baik jika kalian mengecek kondisi ban, atau mungkin menggantinya dengan yang baru sebelum touring jarak jauh. Jangan lupa juga service dan cek berkala mesin kalian sebelum dan sesudah traveling dengan motor. Supaya mesin awet dan tidak cepat rusak!

3. Berkendara Dengan Santai

touring motor saat musim hujan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : linetoday

Tips touring motor saat musim hujan yang selanjutnya adalah berkendara dengan santai dan pelan. Ingat ya sahabat explorer, jangan pernah kebut-kebutan, karena kalian tidak sedang balapan, melainkan jalan-jalan santai. Karena musim hujan, jalanan kondisinya bisa berubah secara mendadak, jadi kalian tidak usah ngebut-ngebutan, berbahaya.

Lagian, jalan santai kan lebih enak, kalian bisa menikmati pemandangan sekitar, dan lebih menghayati sensasi dari perjalanan tersebut. Gak percaya? Coba aja sendiri!

4.  Pilih Rute Yang Aman

touring motor saat musim hujan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribunnews

Tips touring motor saat musim hujan yang selanjutnya adalah memilih rute-rute yang aman. Maksudnya aman adalah, aman dari banjir dan tanah longsor. Kalian bisa berembuk terlebih dahulu bersama dengan komunitas kalian, dan menentukan jalur-jalur yang sekiranya aman. Kalau sampai kena banjir, wah pasti bisa repot urusannya. Apalagi kalau daerah yang rawan longsor, pastinya bisa bahaya banget nih sahabat explorer. Pastikan jalur yang kalian tempuh itu aman ya, dengan memilih jalur yang aman, walaupun hujan sekalipun, kalian tetap bisa sampai tujuan dengan tepat waktu.

Traveling Sambil Touring

Sahabat explorer, itulah beberapa tips touring motor saat hujan yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Ingat ya, berkendara yang santai, jangan membuat kegaduhan apalagi kemacetan. Yang santai-santai saja, kalau bisa justru bermanfaat dan membantu orang lain nih, pasti komunitas kalian bakal dipandang keren sama orang-orang!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa, jangan lupa untuk share pengalaman traveling kalian lainnya di kolom komentar kami ya. Selamat berlibur, selamat berkendara dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar