Gaya Hidup

Mau Hemat Saat Liburan ke Belanda? Bisa Banget Kok!

travel ke belanda - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : teguhhartanto

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Liburan ke Eropa, mungkin menjadi mimpi salah satu dari kalian yang sedang membaca majalah YoExplore hari ini. Buat sebagian orang, mungkin keliling Eropa adalah cita-cita yang sudah diidamkan sejak dahulu. Keunikan dan juga bangunan arsitektur yang khas dari Eropa ini menjadi daya tarik para wisatawan. Dan juga sejarah peradaban, serta cuacanya yang dingin juga menjadi alasan mengapa banyak sekali orang di Indonesia yang ingin mengunjungi Eropa. Salah satu negara yang menarik dikunjungi adalah Belanda. Indonesia sendiri ‘akrab’ dengan Belanda, dikarenakan pada zaman dahulu Belanda pernah menjajah Indonesia cukup lama, kurang lebih 350 tahun. Orang Belanda sendiripun juga suka traveling ke Indonesia untuk melihat peninggalan-peninggalan bangsa mereka yang didirikan di Indonesia. Bagi kalian yang sedang bingung memilih destinasi wisata untuk bulan madu, travel ke Belanda juga bisa menjadi pilihan yang bagus loh sahabat explorer.

Travel ke Belanda

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas bagaimana tips hemat travel ke Belanda yang cocok bagi kalian yang budget pas-pasan. Tidak semuanya yang di Eropa itu harus bergelimang dengan kemewahan sahabat explorer, yang murah tapi meriah juga banyak kok. Yang penting kalian hanya perlu niat untuk mencari tahu, dan tentunya juga harus siap dengan segala risiko yang terjadi. Contohnya, jika kalian harus banyak berjalan kaki, maka mungkin bagi kalian yang tidak biasa olahraga akan sering merasakan kelelahan. Atau misalkan kuliner yang tidak cocok dengan lidah kalian, sampai jadinya kalian sakit dan masih banyak lagi faktor risiko yang lainnya. Terlepas dari hal tersebut, menikmati negara kincir angin ini tentu harus benar-benar sampai puas. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak tips travel ke Belanda-nya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Ingin Traveling Bersama Orang Tua Yang Sudah Lansia? Perhatikan Tips Berikut Ini Ya!

1. Hotel di Pinggir Kota

Penginapan di Belanda itu bisa dibilang termasuk mahal sahabat explorer, terutama di Ibu Kotanya yaitu Amsterdam. Di lokasi-lokasi yang strategis, biasanya agak sulit untuk menemukan harga penginapan di bawah 50 Euro per malam. Rata-rata harganya mahal, kalau memang kalian yang ingin sesuai dengan budget, lebih baik langsung ke pinggir kota saja sahabat explorer. Tentunya tidak kalah cantik dan menarik kok hal di sekitarnya!
Jaraknya ke pusat kota juga hanya 30 menit, jadi masih sangat terjangkau banget nih sahabat explorer. Di pinggir kota, kalian masih bisa mendapatkan penginapan dengan harga 30 Euro, harga ini termasuk murah untuk di Belanda.

Masih ada alternatif lainnya sahabat explorer, yaitu Bed and Breakfast di rumah warga Indonesia di Belanda. Tidak hanya di Amsterdam saja, namun di kota-kota lainnya juga ada kok. Selain harganya yang murah, tentunya akan lebih nyaman ketika kalian tinggal bersama host yang memang orang Indonesia juga. Kalian bisa bertanya banyak hal, mulai dari kuliner, sampai ke destinasi wisata. Hargannya kurang lebih 20-25 Euro saja sahabat explorer! Tentu ini sangat terjangkau untuk di Belanda!

2. Beli Tiket Harian Untuk Transportasi

Tips travel ke Belanda agar kantong tidak jebol yang selanjutnya adalah membeli tiket harian untuk transportasi. Untuk urusan kendaraan umum, tarif per sekali naiknya di Belanda ini lumayan menguras kantong loh sahabat explorer. Namun, ada alternatif yang bisa kalian dapatkan, yaitu membeli tiket harian. Ada beberapa armada seperti Bus, Metro, maupun Trem yang bisa terkoneksi dengan satu tiket.

Tentunya, ini akan lebih hemat daripada kalian membeli di tiap perjalanan. Lebih baik kalian beli untuk seharian atau langsung 2 harian. Harganya juga jauh lebih hemat loh sahabat explorer! Untuk satu hari (24 jam) harganya 7,5 Euro, sedangkan untuk 2 hari 12,5 Euro. Intinya, semakin banyak harinya, maka harganya akan semakin lebih murah sahabat explorer. Sistemnya bisa dibilang mirip dengan Tourist Pass di Singapore.

Masih ada alternatif lainnya, yaitu menyewa sepeda. Kalian bisa mengunjungi stasiun besar, lalu menitipkan tas kalian pada loker yang disediakan, lalu berkeliling kota Amsterdam dengan sepeda deh! Kalau cuaca sedang bagus, tentu berkeliling dengan sepeda juga akan sangat nikmat sahabat explorer!

3. Banyak Restoran Indonesia di Belanda

Tips travel ke Belanda yang berikutnya adalah dalam urusan makanan nih sahabat explorer. Kalian gak perlu takut deh kalau di Belanda, karena restoran Indonesia di sana cukup banyak. Harganya juga variatif, mulai dari yang murah sampai yang mahal juga tersedia di sini. Kalau kalian tidak cocok dengan makanan Belanda, atau rindu masakan Indonesia, langsung kunjungi aja restoran Indonesia. Mulai dari Nasi Goreng, Nasi Campur, Ayam Goreng, sampai ke Rendang juga semuanya ada. Dan satu lagi, kalian gak perlu beli air mineral di Belanda. Di sana disediakan keran-keran untuk minum langsung! Dijamin airnya sudah sehat sahabat explorer! Gak perlu takut lagi deh!

4. Wisata Gratis di Belanda

Tips travel ke Belanda yang selanjutnya adalah mengunjungi wisata gratis yang ada di Belanda. Beberapa Landmark di Belanda mulai dari Dam Square sampai ke kanal-kanal di Amsterdam bisa kalian kunjungi secara gratis. Ada juga kincir angin De Gooyer Windmill dan juga tulisan Iamsterdam yang sangat legendaris tersebut dikunjungi ya.

Dari street art-nya saja, kalian sudah pasti dibikin takjub dengan keindahannya. Apalagi dengan mengunjungi museum-museum atau galeri kesenian yang berada di sana? Wah, tidak terbayang deh bagaimana keindahannya tempat tersebut.

Liburan di Belanda

Sahabat explorer, itulah beberapa tips travel ke Belanda yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar