Infografik Wisata Dan Belajar

Manfaat Belajar Marketing Online

YOEXPLORE.co.id - manfaat marketing online
Image By : YoExplore.co.id

YOEXPLORE.co.id – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang adalah zamannya Internet. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan ‘bantuan’ Internet tersebut. Baik hanya sekedar mencari interest, atau pun dalam segi bisnis. Kalau kita lihat sekarang, banyak buku-buku yang terbit dan membahas bagaimana manfaat Marketing Online ini. Jika dilihat dari para penggunanya, maka Marketing Online ini bisa dibilang ‘mainan’ nya anak muda hingga ke kisaran umur 50th. Wajar saja, karena perkembangan internet itu sendiri baru ‘meledak’ sekitar 10-15 tahun yang lalu. Tentunya, hal ini pasti akan semakin berkembang dengan inovasi-inovasi baru yang akan muncul nantinya.

Manfaat Marketing Online Yang Sangat Banyak

Contoh nyatanya adalah munculnya aplikasi-aplikasi belanja Online. Kira-kira 10 tahun lalu, belum banyak orang yang melakukan transaksi secara Online tersebut. Coba sekarang kita lihat, justru belanja Online sedang gila-gilanya diminati oleh masyarakat Indonesia. Kemudahan yang didapat memang lebih banyak dibandingkan dengan belanja secara ‘Offline’. Belum lagi, banyaknya Online Shop yang berani memunculkan dirinya sendiri tanpa bantuan aplikasi-aplikasi E-Commerce tersebut. Contohnya adalah berjualan melalui media sosial saja seperti di Instagram, dan Facebook.

Memang, risiko berjualan menggunakan sosial media itu masih ada. Salah satunya adalah kurangnya rasa kepercayaan konsumen terhadap akun-akun Online Shop tersebut. Karena dari pihak Instagram dan Facebook itu sendiri tidak menanggung rugi apabila terjadi penipuan yang dilakukan oleh salah satu akun tersebut. Paling, yang bisa dilakukan oleh pihak Instagram dan Facebook hanyalah sekedar memblokir akun tersebut. Namun, hal itu tentunya tidak akan mengembalikan uang kita yang sudah dimakan oleh akun penipu tersebut. Online Shop masih harus mendapat ‘bantuan’ dari E-Commerce yang sudah terpercaya dari segi legalitas hukum, dan testimonial dari para penggunanya. Sistem yang dibuat E-Commerce tersebut juga memberikan rasa aman kepada para pembeli dan juga menguntungkan para penjualnya.

Baca Juga : Manfaat Digital Marketing Untuk Usaha Kecil

Kemudahan Bagi Mereka Yang Berbisnis Online

Semua hal tersebut tidak lepas dari manfaat Marketing Online yang memang memberikan kemudahan bagi mereka yang memang bergerak dalam bisnis dibidang Online. Selain memudahkan dalam mempromosikan bisnis atau produk kita, jangkauan yang bisa dicapai ini sangat luas bahkan hingga ke internasional. Dengan demikian, bisnis kita akan lebih cepat berkembang dibandingkan menggunakan cara pemasaran yang tradisional. Semua itu dikarenakan internet itu sendiri bisa diartikan sebagai melihat dunia melalui layar kaca (laptop, hp, dan bahkan terkoneksi dengan televisi). Oleh karena itu, jika kita dapat membuat sebuah konten atau produk bisnis yang menarik, maka dengan mudah produk kita tersebut akan diminati oleh banyak orang.

Selain itu, manfaat lainnya adalah bahwa dengan menggunakan Marketing Online, para target konsumen kita dapat mengakses tanpa ada batasan ruang dan waktu. Selama mereka memiliki akses internet, maka mereka bisa melihat produk yang kita jual. Ini merupakan sebuah keuntungan yang paling menonjol dari Marketing Online. Tidak adanya batasan jam untuk orang mengakses ke produk-produk kita. Bahkan, jika melalui sistem E-Commerce, mereka bisa langsung melakukan transaksi pembelian. Tentunya, ini akan memudahkan mereka yang memang sedang sangat butuh dengan produk yang dijual tersebut. Lalu, ini juga merupakan manfaat Marketing Online yang paling mencolok apabila kita bandingkan dengan Marketing Tradisional. Cara tradisional terkesan sudah “Old Fashion” bila kita bandingkan dengan cara ini.

Biaya Iklan Lebih Murah

Manfaat Marketing Online lainnya adalah bahwa biaya untuk melakukan promosi atau iklan tentunya lebih murah apabila dibandingkan dengan cara tradisional. Media yang digunakan dalam cara tradisional seperti Televisi, Radio, Surat Kabar, dan media cetak lainnya tentu akan mematok harga yang tinggi dan dengan durasi terbatas. Namun, jika dibandingkan dengan Marketing Online, tentunya berbeda drastis. Pemasaran di Online tentunya akan lebih murah. Apalagi kita juga bisa membuat Blog gratis yang bisa menjadi ‘backlink’ untuk mempromosikan sendiri bisnis kita. Selain itu, kita juga bisa ‘menempelkan’ iklan kita di website orang lain dengan beberapa syarat dan biaya tertentu. Namun, percayalah ini tidak akan semahal jika kita beriklan di televisi. Lalu, kita juga bisa membuat akun Youtube secara gratis yang bisa memudahkan kita untuk mempromosikan produk kita dalam bentuk video dan link yang bisa dibagikan secara  gratis dan mudah.

Target Bisa Dipilih Secara Spesifik

Dari segi segmentasi, dalam Marketing Tradisional kita tidak bisa memilih secara spesifik siapa target kita. Contoh mudahnya adalah dengan memasang iklan di surat kabar atau majalah. Kita tahu bahwa cara tersebut sebenarnya memang ampuh untuk melakukan promosi. Namun, cakupan yang diberikan tentunya hanya satu daerah saja. Biasanya, setiap daerah memiliki surat kabarnya masing-masing yang spesifik untuk masyarakat wilayah setempat. Hal ini menyebabkan produk kita akan susah untuk dikenal di wilayah lain. Sedangkan dalam Marketing Online, kita bisa dengan mudah memilih target kita. Baik dari segi umur, gender, lokasi, dan bahkan sampai kepada ketertarikan mereka terhadap sesuatu. Sasaran pasar kita akan lebih tepat jika kita diberikan kemudahan untuk menetapkan sendiri target kita. Ini merupakan salah satu manfaat Marketing Online yang tidak bisa kita temukan dengan cara tradisional.

Manfaat Marketing Online lainnya adalah dari segi manajemen dan organisasi yang lebih mudah untuk diatur. Kita tidak perlu lagi memajang secara fisik produk kita dan membuka tutup ‘toko’ setiap harinya. Dengan menggunakan Marketing Online, kita cukup membuat deskripsi singkat dari setiap foto barang yang kita masukkan ke dalam Toko Online kita. Hal ini tentu memudahkan para konsumen yang melihat-lihat barang kita dan tanpa perlu lagi menanyakan spesifikasi atau kelebihan lainnya dari produk tersebut. Selain itu, kita juga tidak membutuhkan karyawan yang banyak untuk mengurus ini semua. Cukup memiliki satu atau dua admin untuk melayani para konsumen yang ingin membeli dan kurir untuk mengantarkan barang pesanan tersebut ke penyedia jasa ekspedisi terdekat dari lokasi kita. Dengan begitu, barang akan secara cepat sampai ke tangan konsumen.

Harus Mulai Fokus Untuk Mata Pelajaran

Semua hal yang sangat bermanfaat ini, tentunya akan kita dapat apabila kita memang mau untuk belajar Marketing Online. Manfaat yang didapat tentu banyak, dan juga kita harus menyadari bahwa perkembangan teknologi itu sendiri sudah sejauh ini. Dengan demikian, kebutuhan masyarakat juga ikut meningkat. Ilmu yang nantinya akan berkembang mengikuti perkembangan internet ini juga seharusnya sudah mulai masuk ke dalam kurikulum di sekolah ataupun perkuliahan. Karena, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pengguna internet itu kebanyakan adalah anak muda dari generasi millenial. Belum lagi kalau kita lihat anak kecil zaman sekarang yang sudah pintar menggunakan gadget walaupun  hanya sekedar membuka Youtube. Jadi, sekali lagi kita mengingatkan bahwa manfaat Marketing Online ini sangat banyak dan ilmunya sudah merupakan kewajiban untuk dipelajari oleh setiap orang.

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar