Infografik

Manfaat Traveling Untuk Kesehatan Itu Banyak Loh!

YOEXPLORE.co.id - manfaat traveling untuk kesehatan

Buat sebagian orang, traveling sudah menjadi bagian dari pekerjaan mereka di zaman sekarang. Dengan tingginya popularitas blogger dan vlogger, merekam kegiatan saat traveling menjadi satu dari sekian banyak lainnya cara untuk memperoleh uang dari Internet. Dengan memasang iklan, atau menjual isi tulisan kita kepada portal-portal berita, kita sudah bisa mendapatkan uang yang cukup banyak. Dengan demikian, cara ini menjadi cara favorit bagi para orang terutama millenials untuk memperoleh uang tambahan ataupun menjadikannya sebagai  pekerjaan tetap. Harus diakui, cara ini memang terkesan mudah dan menyenangkan. Kita bisa menguangkan apa yang menjadi hobi kita dan tentunya mengerjakannya dengan sepenuh hati dan tanpa beban. Tapi, kalian tau gak kalau ada manfaat traveling untuk kesehatan?

Manfaat Traveling Untuk Kesehatan Tubuh

Traveling, selain dapat menghasilkan uang, ternyata juga dapat memberi manfaat yang baik bagi kesehatan kita, baik secara mental maupun fisik. Manfaat traveling untuk kesehatan mental meliputi dari beberapa hal, seperti merubah kepribadian menjadi lebih mandiri. Karena, dengan traveling kita dianjurkan untuk tidak merepotkan teman seperjalanan kita. Selain berdampak hubungan yang memburuk, hal tersebut juga tidak memberikan manfaat apapun ke diri kita. Lalu selanjutnya adalah membuat diri kita menjadi lebih teliti terutama dalam mengingat barang apa yang perlu dan tidak perlu untuk dibawa. Jika kalian adalah seorang backpacker, maka ini akan menjadi ajang pelatihan yang sangat sempurna. Kita diharuskan untuk selalu cross check barang bawaan kita.

Kapanpun dan dimanapun kita bersinggah. Karena apabila ada barang yang tertinggal, itu akan menjadi sebuah perkara yang amat merepotkan pastinya sahabat explorer. Seharusnya, harapan kita setelah traveling bukan hanyalah sekedar senang-senang, melainkan traveling itu membuat kita berubah secara mental dan kepribadian yang lebih positif. Selain itu, traveling membuat kita lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, serta menjadikan wawasan mengenai adat istiadat dan budaya yang lebih luas.

Hasil Dari Penelitian The Global Commision Ageing & Transamerica Center For Retirement Studies

Setelah manfaat kesehatan secara mental, kita akan beralih ke manfaat fisik nih sahabat explorer. Seperti penelitian yang sudah dilakukan oleh The Global Commission Of Ageing dan Transamerica Center For Retirement Studies, mereka merilis hasil riset yang telah mereka teliti bahwa traveling memiliki manfaat untuk fisik dan kognitif sama seperti bermain teka teki silang atau pergi ke museum. Dilansir dari laman LA Times, manfaat tersebut meliputi :

  1. Wanita yang hanya berlibur 6 tahun sekali atau kurang, sangat berisiko tinggi mengembangkan serangan jantung atau kematian akibat penyakit koroner dibandingkan dengan mereka yang pergi traveling setahun dua kali.
  2. Pria yang tidak mengambil cuti tahunan memiliki risiko 20 persen lebih tinggi meninggal dan 30 persen berisiko tinggi meninggal akibat serangan jantung.
  3. Manfaat traveling juga dapat langsung dirasakan. Sekitar 89 persen responden merasakan penurunan tingkat stres hanya dalam waktu satu atau dua hari saja.

Penelitian Sudah Membuktikan Hal Tersebut

Terbukti kan sahabat explorer? Berdasarkan penelitian ini saja, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan saat traveling itu memang seru banget deh. Saking serunya, mood dan kesehatan kita pun akan baik terjaga. Selain dari hasil penelitian tersebut, manfaat lainnya untuk kesehatan adalah karena pada saat traveling bersama teman atau keluarga, kita akan banyak tertawa bersama. Menurut penelitian, tertawa juga membuat kita terlihat lebih awet muda, karena tertawa dapat membuat hormon endorfin kita bekerja. Saat traveling, penyebab tertawa itu banyak pastinya, mulai dari hal sepele sampai dengan melihat kesialan teman kita yang membuat kita tertawa terbahak-bahak. Banyak kan manfaat traveling untuk kesehatan? Masih ada lagi loh! Simak terus ya!

Selain tertawa, hal lain yang merupakan manfaat traveling untuk kesehatan adalah karena kita tentunya akan banyak menggerakkan badan dan berjalan kaki sambil menopang bawaan di tangan ataupun di pundak. Jelas, hal ini tentunya akan membuat kita berkeringat, sehingga kalori dalam tubuh kita akan terbakar. Jalan kaki juga menyehatkan jantung kita loh sahabat explorer. Jadi, gak salah kalau memang traveling itu merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan tubuh. Semakin ramai kita melakukan traveling, semakin tidak terasa juga jarak yang kita tempuh. Dengan demikian,  semakin banyak juga tentunya kalori yang terbakar di dalam tubuh kita.

Baca Juga : Manfaat Belajar Marketing Online

Manfaat Traveling Untuk Kesehatan Otak

Lalu, karena waktu traveling biasanya juga tidak terlalu lama, maka kita akan jadi lebih sering bangun pagi nih sahabat explorer. Walaupun saat traveling bangun pagi itu kurang begitu nikmat dikarenakan jam tidur yang tidak terlalu banyak, tapi manfaatnya bagus banget loh sahabat explorer. Salah satunya adalah dapat memperlancar aliran darah. Tentunya, ini merupakan manfaat yang penting bagi organ-organ vital di dalam tubuh kita. Selain itu, otak juga akan berfungsi lebih maksimal, menyehatkan paru-paru, menyehatkan jantung, dan juga meningkatkan  sistem imun kita. Harapannya adalah, kebiasaan bangun pagi saat traveling itu akan terbawa ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Masih banyak lagi manfaat traveling untuk kesehatan lainnya, karena secara garis besar adalah traveling merupakan olahraga sambil bersenang-senang.

Setelah membaca manfaat-manfaat traveling untuk kesehatan tersebut, harapannya adalah agar kita mau untuk mulai menyukai traveling. Tidak ada hal negatif yang akan kita dapat melalui kegiatan ini, melainkan hal positif yang berlimpah. So, silahkan memulai perjalanan kalian sekarang!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar