Infografik

Mau Bisnis Online Shop? Harus Siapkan Perlengkapan Ini Terlebih Dahulu Ya!

infografik - perlengkapan untuk bisnis online shop - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, zaman sekarang memang bisnis online shop itu sedang marak-maraknya. Bahkan, banyak sekali E-Commerce yang tercipta untuk memudahkan para penjual untuk menggalakkan bisnisnya. Ada positif dan negatifnya juga sahabat explorer saat kita melakukan yang namanya bisnis online shop. Kalau sebagai pelaku bisnis, mungkin keuntungannya adalah bisa kalian lakukan di rumah, alias tidak perlu sewa tempat dan sebagainya. Namun negatifnya adalah kepercayaan dari pelanggan untuk membeli barang kita yang memang cukup sulit untuk ditumbuhkan. Wajar saja karena mereka tidak melihat secara langsung bagaimana bentukan dari barang yang akan mereka beli tersebut. Oleh karena itu, testimoni dari para orang yang sudah membelinya menjadi sangat penting di zaman sekarang ini. Tidak heran juga selebgram mulai banyak bermunculan, dan menjadi media promosi yang baik untuk para pebisnis online shop. Ada juga beberapa perlengkapan untuk bisnis online shop yang harus kalian persiapkan loh!

Perlengkapan Untuk Bisnis Online Shop

Tentu saja kalau dibilang tanpa modal sama sekali itu tidak mungkin. Modalnya tetap ada, walaupun tidak mengurangi keuangan kalian, karena beberapa barang modal ini merupakan barang harian yang bisa kalian pakai loh sahabat explorer. Contohnya adalah koneksi internet, ya jelas saja butuh! Namanya saja sudah online shop, jadi wajib memiliki koneksi internet yang bagus di rumah kalian agar tidak menjadi boros kuota pribadi juga. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya mengenai perlengkapan untuk bisnis online shop yang wajib banget kalian miliki!

Baca Juga: Siapapun Bisa Menjadi Entreprenuer!

1. Smartphone

Perlengkapan untuk bisnis online shop yang pertama adalah memiliki smartphone. Ini sudah hal yang wajib dan kemungkinan besar kalian semua sudah memiliki benda yang satu ini untuk keseharian kalian. Biasanya, agar tidak mengganggu urusan pribadi, smartphone untuk bisnis memang dipisahkan dengan smartphone untuk urusan pribadi. Tentunya hal ini memang sangat bermanfaat sahabat explorer, bisa menjadi backup apabila salah satu smartphone tersebut rusak atau hilang.

Biasanya pelanggan untuk online shop itu akan menanyakan banyak hal dan dengan waktu yang tidak jelas. Kadang tengah malam, atau mereka bertanya kita menjawab lalu mereka baru me-respon kembali 2 hari kemudian. Hal ini memang terkesan menjengkelkan, karenanya lebih baik dipisahkan saja antara smartphone untuk pribadi dan untuk jualan ya sahabat explorer!

2. Laptop

Perlengkapan untuk bisnis online shop yang selanjutnya adalah laptop. Sebenarnya ini tergantung dari jenis bisnis apa yang kalian lakukan. Namun, untuk melakukan pencatatan modal seperti COGS, dan juga biaya lainnya akan lebih aman jika kalian menyimpannya di dalam laptop. Kapasitas memori yang lebih besar, dan juga tentunya fitur dari aplikasi pengolah data yang lebih lengkap dan nyaman dapat digunakan melalui laptop.

Selain itu, bagi kalian yang memang biasa bepergian dengan membawa laptop, maka keuntungannya adalah kalian bisa mengurus barang dagangan kalian itu dimanapun kalian berada. Apalagi kalau ada koneksi internet, wah kalian tetap bisa berjualan dan melayani pelanggan dimanapun kalian berada sahabat explorer. Jadi, kalau kalian belum memiliki laptop, kami sih menyarankan untuk membelinya, karena ini juga penting loh sahabat explorer!

3. Kemasan

Perlengkapan untuk bisnis online shop yang selanjutnya adalah memiliki kemasan untuk produk yang kalian jual. Ini tidak bisa asal-asalan loh sahabat explorer, harus dipikirkan dengan baik! Kenapa? Karena dengan kemasan yang baik, pelanggan juga akan memberikan kalian testimoni yang baik pula. Jika kemasannya asal-asalan, bukan tidak mungkin mereka akan komplain terhadap toko online kalian.

Kemasan yang unik dan menarik juga bisa menjadi kelebihan. Orang pada zaman internet sekarang ini, tidak perlu kita meminta mereka untuk mem-posting atau mempromosikan toko kita. Dengan kemasan yang menarik, semuanya bisa terjadi! Jika itu menarik bagi mereka, maka bukan tidak mungkin mereka akan memposting produk dan kemasan yang kalian jual. Secara tidak langsung kan itu adalah bentuk dari promosi! Ya gak sahabat explorer? Jadi jangan sepelekan hal yang satu ini ya!

4. Lakban

Perlengkapan untuk bisnis online shop yang selanjutnya adalah memiliki yang namanya lakban. Kalau bisa kalian stok banyak-banyak ya sahabat explorer! Bukannya apa-apa, tapi yang namanya menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang, hal apapun bisa terjadi loh. Agar barang kalian aman dan tidak kena omelan dari pelanggan, maka lebih baik gunakanlah pengaman seperti kardus, packing kayu atau minimal kardus dan dilakban yang kuat sahabat explorer. Tidak heran jika kita pernah membeli sesuatu dan selalu mendapatkan barang yang kita beli itu dikemas dengan lakban yang sangat kuat. Tujuannya bagus kok untuk meminimalisir risiko kerusakan terhadap barang yang kita beli.

Kalau memang tidak ada, lebih baik jangan paksakan mengirim barang hari itu kecuali memang sangat penting sekali ya sahabat explorer. Hal ini bisa dengan mudah dijelaskan kepada pelanggan kalian, mereka juga pasti bisa mengerti kok. Lagipula siapa yang mau barang belanjaannya rusak padahal belum pernah dipakai atau digunakan sama sekali!

Bisnis Online? Pake Qloti Aja

Kalian mau bisnis? langsung download Qloti aja di Google Playstore! kalian cukup bermodalkan HP, sudah bisa berjualan paket pulsa, kuota, voucher hotel, tiket pesawat hingga aktivitas wisata! untuk informasi lebih jelas, langsung hubungi kami via WA di 0813-22222-575 dan download aplikasinya dengan mengklik tautan Qloti ini ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan untuk bisnis online shop yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar