Gaya Hidup Infografik

Duit Gajian Habis Melulu? Simak Tips Hematnya!

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, akhir bulan memang merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap individu yang bekerja. Memang tidak semuanya akhir bulan sih, ada yang pertengahan, dan ada pula yang awal bulan. Apalagi memang kalau bukan gajian? Alias terima upah atas kerja selama sebulan yang rutin kalian lakukan setiap harinya. Biasanya, saat hari ini tiba, cafe-cafe atau tempat nongkrong lainnya sudah mulai penuh oleh orang-orang sepulang kerja. Apalagi jika hari gajian tersebut bertepatan dengan hari Jumat atau weekend, wah makin ramai saja pasti ya. Menikmati upah selama sebulan bersama orang yang disayang atau keluarga memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Namun, masih ada saja orang yang selalu merasa gajinya itu tidak cukup! Kenapa ya? Bisa jadi memang gajinya yang kecil atau memang mereka yang tidak bisa mengatur keuangan. Kalau kalian kira-kira gimana sahabat explorer? Kalau boros, kami punya tips menghemat gaji yang ampuh loh!

Tips Menghemat Gaji

Beberapa tips menghemat gaji ini, bisa kalian terapkan asal konsisten dan benar-benar perhitungan. Perhitungan yang dimaksud bukannya pelit ya sahabat explorer, tapi bagaimana kalian bisa mengatur flow keuangan kalian agar tidak kehabisan uang sebelum gajian berikutnya. Hal ini tentunya susah-susah gampang, karena kalian harus melawan hawa nafsu untuk berbelanja atau membeli sesuatu yang tidak kalian butuhkan. Ini merupakan masalah yang sering timbul dikalangan millenials, seakan-akan kebutuhan menjadi banyak, maka kebanyakan dari mereka susah mengatur keuangan. Selalu saja merasa tidak cukup dengan apa yang diterima, pengeluaran dan pemasukan yang ‘seakan-akan’ tidak seimbang ini menjadi keresahan dan merasa perlunya tips ampuh untuk berhemat. Baiklah kalau begitu, mari kita simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Mengantuk Saat Puasa? Lakukan Tips Ini Biar Tetap Segar!

1. Membuat Anggaran Bulanan

Tips menghemat gaji yang pertama adalah membuat anggaran bulanan. Ini sangat penting, agar kalian tau mana yang namanya kebutuhan dan keinginan. Sebisa mungkin untuk menghindari yang namanya keinginan sahabat explorer, karena itulah faktor utama pemborosan. Dengan membuat anggaran apa saja yang kalian butuhkan, kalian mulai bisa menyesuaikan dan mengatur keuangan, tentu saja ini akan menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, kalian harus buat dengan terperinci sahabat explorer agar tidak berantakan anggarannya itu sendiri. Untuk kebutuhan tersier seperti traveling, belanja, nongkrong kalian juga harus buat anggarannya agar semuanya teratur.

Tips yang satu ini sangat penting sahabat explorer, agar kalian bisa tau bagaimana pengeluaran dan pemasukan kalian, kita-kira seimbang atau tidak. Jika tidak, maka harus ada anggaran yang ‘direlakan’ untuk dihapus, tentunya itu ada di kebutuhan tersier tadi. Langsung dicoba ya sahabat explorer!

2. Segera Bayar Tagihan

Tips menghemat gaji yang selanjutnya adalah bagi kalian yang memang memiliki tagihan bulanan. Seperti misalnya bayar cicilan mobil, rumah, motor, atau kartu kredit dan lain-lainnya. Tipsnya adalah biasakan untuk selalu membayarnya tepat waktu, jangan pernah ditunda-tunda! Karena jika sudah tertunda, maka akan repot urusannya sahabat explorer! Hal ini penting agar tidak merusak anggaran dan kebutuhan kalian yang lainnya. Dengan demikian, kalian juga akan merasa lebih lega, sisa uang membayar tagihan tersebut juga menjadi jelas untuk mengalokasikannya ke kebutuhan primer yang lain. Langsung dipraktekkan ya sahabat explorer! Memang ini nih biasanya penyakit yang paling sering ditemukan! Hehe

3.  Sisihkan Untuk Tabungan

Tips menghemat gaji yang selanjutnya adalah menyisihkannya untuk tabungan. Tentu saja ini memang bakalan susah untuk dilaksanakan. Sepertinya millenials zaman sekarang tidak ada lagi yang punya celengan ya? Hehe atau mungkin celengannya sudah berubah menjadi elektronik alias menyimpannya di rekening. Dimanapun tidak ada masalah, selama memang kalian mencatatnya dan menyisihkan gaji kalian untuk ditabung. Memang tidak akan dibawa mati sahabat explorer, tapi tentu saja ini sangat berguna disaat momen-momen penting yang membutuhkan uang ekstra. Dengan adanya tabungan, kalian juga bisa membeli barang yang kalian inginkan tanpa harus ‘mengganggu’ uang untuk kebutuhan primer dan tersier tadi! Biasakan menabung ya!

4. Investasi

Tips menghemat gaji yang selanjutnya adalah investasi. Tentunya, ini harus dilakukan setelah 3 tahapan di atas tadi sahabat explorer. Jika sudah melakukan 3 tahapan di atas dan kalian masih memiliki sisa gaji, maka kalian bisa berinvestasi. Misalnya untuk asuransi kesehatan, reksa dana, ataupun membeli perhiasan emas yang memiliki harga jual fluktuatif (cenderung tinggi di masa depan). Dengan demikian, kalian bisa mendapatkan uang ekstra saat menjual emas tersebut sahabat explorer. Dan jika kalian lebih memilih untuk asuransi, maka kalian tidak perlu takut lagi pengeluaran membengkak saat sedang sakit hingga masuk rumah sakit. Biasanya biayanya akan ditalangi oleh asuransi, namun itu semua tergantung dengan jenis asuransi apa yang kalian pilih. Intinya, investasi itu sangat penting dan bermanfaat!

Hemat Pangkal Kaya!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips menghemat gaji yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar