Jawa Barat Liburan Keluarga

Liburan Singkat? Camping Aja Yuk di Sukabumi!

camping keluarga di sukabumi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : camping.batutapak.com

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati liburan singkat bersama keluarga itu jelas memiliki banyak manfaat. Selain dapat refreshing, kalian juga bisa menambah keakraban antar anggota keluarga. Apalagi jika liburannya sedikit berbeda dari liburan yang biasa. Tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk camping bareng keluarga sesekali loh sahabat explorer. Salah satu daerah yang menarik untuk dikunjungi adalah Camping keluarga di Sukabumi. Cuacanya yang sejuk karena berada dalam wilayah Gunung Salak, tidak heran jika wilayah ini menyediakan berbagai macam tempat untuk berkemah. Mulai dari yang benar-benar di alam, sampai yang aman dan nyaman untuk keluarga. Suasana dingin dan kadang saat malam hari kabut dari gunung turun, tentu akan menambah suasana yang seru saat bercamping bersama keluarga.

Camping Keluarga di Sukabumi

Nama tempat yang kami rekomendasikan adalah Batu Tapak Camping Ground yang berlokasi di Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya juga berdampingan dengan pintu masuk Gunung Halimun Salak. Jika kalian memulai perjalanan dari Jakarta, maka kalian tinggal mengikuti Tol Jagorawi yang arah ke Puncak. Setelah itu, kalian bisa mengambil jalur Ciawi, Sukabumi dan masuk ke dalam tol yang baru beroperasi yaitu Tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi). Walaupun belum buka sepenuhnya, namun ini jelas mempersingkat perjalanan kalian. Biasanya ke Sukabumi menempuh perjalanan sekitar 4 jam, maka dengan adanya tol ini, kalian bisa sampai ke lokasi kemah tersebut hanya dengan 2 jam perjalanan.

Baca Juga : Negara Asia Ini Wajib Kalian Kunjungi di 2019!

Sesampainya di lokasi, kalian akan melihat pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi di sekitar pintu masuk Gunung Salak dan juga pintu masuk tempat kemah. Setelah perjalanan yang lumayan panjang dan berliku-liku, rasa capek kalian akan terbayar dengan pemandangan indah dan cuaca yang sejuk di tempat ini. Bagaimana tidak, kalian disuguhkan dengan pemandangan seperti ini sejauh mata memandang.

camping keluarga di sukabumi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yoexplore

Pemandangan hijau sejauh mata memandang tentu akan memberikan suasana yang sejuk dan asri. Selain itu, tempat parkir mobilnya juga sangat luas dan aman kok sahabat explorer, karena ada penjaga portal dan juga pengelola yang selalu ronda setiap malam. Oleh karena itu, tempat ini sering dikunjungi oleh para keluarga terutama mereka yang memiliki anak kecil.

Oia, sekedar informasi nih, tenda disini terdiri dari yang biasa dan tenda VIP. Tenda biasa memiliki kapasitas 2 orang, sedangkan yang VIP bisa sampai 6 orang. Di setiap tenda, akan diberikan meja di depannya bagi kalian untuk menaruh peralatan dapur. Karena sudah pasti sensasi camping itu adalah memasak bersama dengan keluarga di depan tenda! Dijamin seru banget deh sahabat explorer!

Menikmati Sunset Bersama Keluarga

camping keluarga di sukabumi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yoexplore

Kalian juga bisa menikmati pemandangan sunset yang bagus di tempat ini. Apalagi jika kalian mendapat tenda kemah yang berada di pojok-pojok nih sahabat explorer, malam harinya kalian bisa melihat city light kota Sukabumi dari ketinggian. Pokoknya pemandangannya luar biasa banget deh! Apalagi sambil ditemani dengan kabut yang perlahan turun dari atas gunung, wah dramatis banget nih buat difoto! Pokoknya hari pertama kalian saat camping keluarga di Sukabumi ini pasti udah bakalan seru banget deh!

Aktivitas Outbond

camping keluarga di sukabumi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image sourcr : batutapakcampingground

Selain berkemah, ada juga beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan di sini. Lebih seru kalau kalian bersama dengan keluarga besar nih sahabat explorer, karena kalian bisa main paintball  di tempat ini. Kapasitas orangnya minimal 20 orang, oleh karena itu kalian harus rame-rame banget nih pas mengunjungi tempat ini. Ada juga flying fox yang tentunya akan sangat memacu adrenalin kalian, karena kalian langsung melihat pemandangan hutan belantara di bawah kaki kalian! Wah, dijamin seru banget sih tapi!

camping keluarga di sukabumi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : batutapakcampingground

Selain aktivitas yang memacu adrenalin tersebut, kalian juga bisa mengunjungi Curug Batu Tapak ini nih sahabat explorer. Kalian harus turun ke bawah terlebih dahulu untuk dapat mencapai air terjun ini. Cuacanya sangat sejuk dan juga airnya bersih, dingin, dan aman untuk anak-anak kalian berenang. Medannya juga tidak curam kok sahabat explorer, sudah dilengkapi dengan tangga dan pemandangan kanan kirinya juga bagus banget! Kalau camping di sini jangan lupa mampir ke curugnya ya sahabat explorer, enak banget buat refreshing!

camping keluarga di sukabumi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yoexplore

Kalau kalian sudah puas bermain di area Batu Tapak Camping Ground, kalian coba masuk ke pintu masuk Gunung Halimun Salak deh sahabat explorer. Pemandangan pohon pinus dan landscape-nya bagus banget. Kalian akan melihat beberapa tenda yang dibuat oleh para pendaki sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke atas.

Tidak jauh dari area pintu masuk, terdapat sebuah area lain yang bernama Cangkuang, tentunya ini merupakan tempat untuk foto-foto. Pemandangan di belakangnya tentu sangat indah sahabat explorer, apalagi jika kalian sedang beruntung karena cuaca yang cerah. Pokoknya camping keluarga di Sukabumi ini akan sangat menyenangkan deh! Kalian dijamin puas menikmati liburan singkat kalian.

Api Unggun di Malam Hari

camping keluarga di sukabumi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : yoexplore

Setelah lelah beraktivitas seharian di Batu Tapak Camping Ground, kalian bisa bersantai di tenda dan menikmati api unggun yang disediakan oleh pengelola tempat. Suasana camping keluarga di Sukabumi yang satu ini akan terasa lebih hangat jika kalian berbagi keceriaan bersama keluarga. Kalian bisa bakar jagung, atau daging ayam atau apapun lauk yang kalian bawa dari rumah. Dijamin bakalan betah dan gak mau pulang deh sahabat explorer!

Wisata Sukabumi

Itulah rekomendasi camping keluarga di Sukabumi yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita camping seru kalian bersama keluarga di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar