Jawa Barat Liburan Keluarga

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang yang Menawan

tourism village pasir ipis lembang - A Travel Guid, YOEXPLORE

Pasir Ipis, Panduan Traveling YoExplore – Bandung tentu saja sudah menjadi salah satu destinasi favorit di kalangan traveler baik lokal maupun mancanegara. Ribuan daya tarik ditawarkan Kota yang satu ini dari fashion, kuliner, destinasi wisata hingga beragam kegiatan unik. Sebut saja Tangkuban Perahu yang sudah tersohor hingga ke Mancanegara dan orang akan mengingat Lembang. Lembang dan Tangkuban Perahu memang punya hubungan sangat dekat karena Lembang berada di cekungan bagian Selatan Gunung Tangkuban Perahu. Jika kita masukkan kata “Lembang” di mesin pencarian Google, maka di halaman utama akan tampil banyak sekali artikel yang membahas 30, 40 hingga 50 spot menarik di Lembang. Ini membuktikan betapa tersohornya Lembang, terutama di kalangan wisatawan lokal. Namun, artikel kali ini ingin berbeda. Mengapa? Karena kali ini kita akan membahas salah satu destinasi wisata baru di Lembang. Namanya Desa Wisata Pasir Ipis Lembang.

Apa yang ditawarkan Desa Wisata Pasir Ipis Lembang?

Lembang berada di ketinggian sekitar 1.320 hingga 2.974 mdpl. Tak heran Lembang memiliki suhu yang sejuk. Suhu di kawasan ini berkisar antara 17 hingga 27 derajat Celcius. Ini menjadi salah satu magnet yang menarik orang senang berkunjung ke Lembang. Lembang menjadi pilihan terbaik untuk escape sejenak dari hiruk-pikuk kota metropolitan, khususnya lokasinya yang tidak terlalu jauh. Selain itu, di mana lagi kita bisa menikmati udara yang dingin dan sejuk serta banyaknya spot wisata dan kegiatan unik yang dapat kita nikmati. Sesuai dengan judulnya, Desa Wisata Pasir Ipis Lembang menawarkan wisata desa, kegiatan edu-tourism yang layak dicoba. Terletak di Desa Jayagiri, destinasi ini cocok untuk liburan anak-anak, liburan keluarga atau komunitas/grup. Selain berlibur, dengan mengunjungi Desa Wisata Pasir Ipis, kamu juga berinvestasi langsung bagi perekonomian lokal.

Langsung saja, apa saja sih yang bisa Sahabat YoExplore nikmati di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang? Berikut penjelasannya:

– Menikmati Kebun Stroberi

 

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

Di Pasir Ipis, terdapat kebun stroberi yang luasnya mencapai 7,5 hektar. Sepanjang mata memandang, pengunjung bisa menikmati hamparan kebun stroberi. Bangunlah lebih pagi sekitar jam 6 pagi untuk berkunjung ke kebun ini. Jujur saja sulit untuk bangun sepagi itu dengan suhu yang begitu dingin ;). Tapi dengan berkunjung pagi-pagi, kita akan bisa mengamati para pekerja panen buah stroberi. Melihat kumpulan buah stroberi yang merah, tentunya kita akan merasakan kesegaran pagi hari di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang. Pengunjung juga bisa membeli buah-buah segar tersebut. Di tanam dengan cara organik, pengunjung dapat membeli dalam bentuk buah segar atau yang sudah dikelola menjadi jus.

– Kebun Mawar Beraneka Warna

 

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

Kebun Bunga Mawar di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang

Puas menikmati kebun stroberi, kita bisa memanjakan mata dengan berkunjung ke kebun mawar. Semerbak mawar beraneka warna bisa kamu nikmati di sini. Pemandangan yang sangat jarang bisa kita temukan dalam keseharian kita. Tak hanya mawar merah dan putih, di kebun mawar Pasir Ipis, kamu bisa menikmati kecantikan mawar berwarna kuning, ungu, dan pink. Pengunjung bisa melihat aktivitas petani bunga memetik dan memilih bunga terbaik yang akan dijual hari itu. Kamu bisa berswafoto dan bermain-main diantara bunga-bunga cantik.

– Berkunjung ke Peternakan Sapi

 

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

Dewasa Peternakan Sapi di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang1

 

Di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang, kita juga bisa berkunjung ke peternakan sapi warga. Anak-anak pasti akan senang bisa melihat sapi yang menghasilkan susu lezat setiap hari. Kita bisa melihat proses bagaimana petani sapi memerah susu sapi. Tambahan lagi, kita bisa mengkonsumsi susu murni yang lezat. Lembang memang terkenal dengan produk susu murninya.

– Kopi Kombucha

 

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

Kopi Kombucha di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang

 

Nah untuk yang satu ini cocok untuk coffee lovers. Salah satu warga Desa Wisata Pasir Ipis juga punya kebun kopi dan produk kopi fermentasi. Kopi fermentasi cocok untuk yang ingin mencicipi kopi dengan rasa yang ringan (light). Rasa kopinya tidak terlalu kentara, ditambah rasa fermentasi jamur yang terasa segar di lidah dan aroma kopi yang nikmat.

– Wana Wisata Pasir Ipis yang Instragamable

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

Wana Pasir Ipis Lembang

 

Eits jangan beranjak dulu…karena selain berkunjung ke perkebunan warga, di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang ada lokasi camping ground. Lokasinya disebut Wana Pasir Ipis. Di sini kamu akan betah berlama-lama menikmati hamparan alam terbuka ditemani semilir angin yang menyejukkan. Kamu bisa menikmati makan siang di lokasi ini. Tapi jangan lupa untuk jaga kebersihan ya…

Wana Wisata Pasir Ipis dikelola langsung oleh komunitas setempat. Anak-anak muda yang tergabung dalam Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pasir Ipis dengan sangat kreatif menyediakan berbagai spot yang instragamable. Dengan bahan sederhana dari alam, pengunjung akan terpukau dengan hasil swafoto yang berlatar belakang hutan pinus dan alam Kota Lembang. Kesederhanaan yang menyatu dengan eksotisnya alam menghasilkan hasil swafoto yang menawan. Ada spot berlatar belakang tulisan I Love U, spot sarang burung, spot gapura berbentuk hati, kapal kayu, rumah hobit dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menginap di lokasi ini dengan tenda sendiri atau sewa dari Pokdarwis Pasir Ipis.

– Wisata Benteng Pasir Ipis

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

Sumber: sportourism.id

Petualangan di Desa Wisata Pasir Ipis belum selesai. Jika senang dengan kegiatan hiking, pengunjung bisa dibawa mengunjungi wisata benteng. Dari Wana Wisata Pasir Ipis, kita tinggal melanjutkan hiking ke puncak bukit untuk tiba di bunker dan benteng peninggalan zaman Kolonial Belanda. Hingga saat ini, benteng tersebut masih misterius dan belum pernah tercantum dalam catatan sejarah Bangsa Indonesia. Di Bandung sendiri, terdapat tiga benteng peninggalan Kolonial Belanda. Tiga benteng tersebut yaitu Bentang Pasir Malang dan Benteng Gunung Putri di Maribaya, serta Benteng Pasir Ipis di Lembang. Diperkirakan di bangun sekitar Tahun 1891 – 1930, benteng ini panjangnya mencapai 1 km. Kondisi benteng tidak terawat dan banyak ditutupi lumut. Namun demikian, kondisinya yang kurang terawat ini bagi sebagian orang malah menjadi objek foto yang menarik. Latar belakang benteng yang misterius dan liar menjadikan hasil foto yang menawan loh jika diambil dari angle yang tepat.

– Homestay yang Nyaman

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

Homestay di Desa Wisata Pasir Ipis Lembang

 

Jika kamu ingin menginap beberapa hari di Desa Wisata Pasir Ipis, kamu tidak perlu khawatir. Karena tersedia beberapa homestay yang dapat di sewa. Harganya terjangkau, namun nyaman dan berkapasitas besar. Mampu menampung hingga 30-50 orang. Pemilik homestay adalah warga Desa Wisata Pasir Ipis Lembang yang sangat ramah. Kamu akan betah tinggal di desa ini. Dan untuk makan, kamu bisa pesan dari komunitas Pokdarwis atau dari pemilik homestay. Atau, kalau mau mencoba kuliner di sekitar destinasi wisata banyak tersedia restoran lokal yang menyediakan menu Sunda dan menu lainnya

 

– Souvenir dari Desa Wisata Pasir Ipis Lembang

 

Desa Wisata Pasir Ipis Lembang - Panduan Traveling YoExplore

Cinderamata dari Desa Wisata Pasir Ipis

 

Yang terakhir, pengunjung juga bisa membeli beberapa souvenir hasil karya warga Desa Wisata Pasir Ipis. Diantaranya adalah tas rajut, panah dan busurnya, karpet bulu dan produk daur ulang kreasi warga. Dan tak lupa, kamu bisa membeli buah stroberi segar dan jus nya. Selain itu, kamu bisa berinteraksi dan berdialog dengan warga yang mengelola produk-produk tersebut.

Tunggu apa lagi..jangan ragu untuk mengunjungi Desa Wisata Pasir Ipis. Selain menikmati alam pedesaan Lembang yang terkenal subur dan udara sejuknya, kamu juga telah berperan serta dalam meningkatkan perekonomian pedesaan. Apalagi destinasi wisata ini langsung dikelola komunitas setempat. Jadi, kamu juga ikut terlibat berinvestasi bagi kesejahteraan warga/komunitas di daerah yang kamu kunjungi.

Dan, buat kamu-kamu yang ingin mengunjungi Desa Wisata Pasir Ipis Lembang, kamu bisa langsung menghubungi YoExplore. Kami akan mengatur perjalanan terbaik untuk kamu bisa menikmati Desa Wisata Pasir Ipis Lembang. See you there guys ;).

Nah, buat kamu yang mau eksplor wisata lainnya di Bandung Barat…coba deh cek Artikel YoExplore tentang Stone Garden dan Cikahuripan.

Tentang penulis

Rosa Hutagaol

Rosa Hutagaol

Hi! Saya adalah Account Executive di YoExplore, bertanggung jawab dalam membangun kemitraan dengan mitra YoExplore, baik mitra Merchant maupun Agen. Saya senang berbagi pemikiran tentang proyek atau program yang dapat memberikan dampak sosial bagi komunitas lokal yang mengelola destinasi wisata. Saya berharap sahabat explorer akan suka membaca tulisan saya! :)

Tinggalkan komentar

3 Komentar