Liburan Keluarga

Berikut Adalah Fakta Tentang Negara Malaysia

fakta tentang malaysia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: semestafakta

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, negara tetangga kita Malaysia bisa menjadi alternatif bagi kalian yang memang ingin berlibur ke luar negeri. Malaysia memang merupakan negara yang enak buat jalan kaki loh sahabat explorer, jadi kalian bisa eksplor keliling jalan kaki sambil belanja dan mengunjungi berbagai tempat bersejarah lainnya. Transportasi umum yang sudah lengkap dan rapi juga menjadi sarana penunjang bagi para turis yang sedang berlibur ke sana. Malaysia juga dikenal dengan negara yang multi etnik. Ada orang Melayu, China, India, Arab dan etnis yang lainnya yang hidup damai dan berdampingan. Kehidupan agama yang beragam juga rukun di sini sahabat explorer. Orangnya ramah-ramah dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Namun kalian sudah tau belum beberapa fakta tentang Malaysia yang akan kami bahas ini? Pasti belum lah ya, kan baru baca sampai sini!

Fakta Tentang Malaysia

Beberapa fakta ini bisa membuat kalian lebih mengenal lagi negara tetangga kita ini sahabat explorer. Dengan mengetahui beberapa fakta ini maka kalian juga bisa tau nih kira-kira apa yang harus kalian lakukan dan tidak lakukan saat berkunjung ke negara yang satu ini. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer! Cekidot!

Baca Juga: Review Hotel Raffles Jakarta

1. Mayoritas Penduduk Beragama Islam

Hampir sama seperti di Indonesia, di Malaysia juga mayoritas penduduknya beragama Islam sahabat explorer. Jadi, jangan heran jika kalian menemukan banyak masjid besar di Malaysia. Mirip juga dengan tetangga kita yang lain yaitu Brunei Darussalam yang mayoritasnya beragama Islam. 

Sekitar 60 persen Bangsa Malaysia, sebutan bagi penduduk Malaysia yang beragama islam. Dari 28 juta bangsa Malaysia, sekitar 17 juta di antara mereka yang beragama islam. Sedangkan yang lainnya, warga Malaysia beragama Kristen, Buddha, Hindu, China tradisi hingga agama yang lain-lainnya.

2. Kesultanan Tertua Di Dunia

Fakta tentang Malaysia yang selanjutnya adalah bahwa Malaysia merupakan Kesultanan tertua di dunia. Malaysia sendiri terdiri dari 9 kesultanan dan diperintah oleh sultan serta 4 negara bagian yang diperintah oleh Yang Dipertuan Negeri atau istilah di Indonesia biasa disebut dengan seorang Gubernur. Kesembilan kesultanan Malaysia tersebut antara lain: Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, dan juga Trengganu.

Adapun salah satu kesultanan yaitu Kesultanan Kedah yang merupakan kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang juga merupakan kesultanan tertua di dunia. Kesultanan Kedah ini berdiri sejak tahun 1136 dan berkaitan dengan Dinasti Hindu. Namun, tidak lama kemudian kesultanan Kedah yang awalnya masih berbau Hindu tersebut menjadi Kesultanan Islam.

3. Gua Bawah Tanah Terbesar Di Dunia

Fakta tentang Malaysia yang selanjutnya adalah negara ini memiliki gua bawah tanah yang terbesar di dunia. Malaysia memiliki sebuah Taman Nasional Gunung Mulu atau biasa disebut Gunung Mulu National Park yang wajib kalian kunjungi. Area ini terletak di negara Malaysia yang berbatasan dengan negara Indonesia, yaitu di pulau Kalimantan. Atau lebih tepatnya terletak di Gunung Mulu National Park.

Di Taman Nasional Gunung Mulu terdapat sebuah gua bawah tanah yang sangat besar. Namanya adalah Sarawak Chamber, gua bawah tanah di Malaysia ini merupakan gua terbesar di dunia. Besarnya gua ini diperkirakan bisa menampung sekitar 40 pesawat Boeing 747 loh sahabat explorer! Ditambah lagi dengan wisata hutan hujan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi para wisatawan. 

4. Hukum Cambuk

Fakta tentang Malaysia yang selanjutnya adalah hukum cambuk. Salah satu yang mencolok dari Malaysia adalah bagian hukumnya nih sahabat explorer, negara ini terkenal dengan hukuman yaitu hukum cambuk. Cambuk dalam hukuman ini menggunakan rotan atau cambuk rotan yang merupakan hukuman utama dalam undang-undang hukum di Malaysia. Sedangkan jumlah cambukan terbanyak adalah sebanyak 24 kali. Ngeri juga ya sahabat explorer?

Walaupun Malaysia memberlakukan cambuk rotan sebagai hukuman utama mereka, tetapi hukuman cambuk ini dikecualikan bagi wanita dan juga anak-anak. Hukum cambuk rotan ini pun juga diberlakukan bagi warga Indonesia yang berada di sana loh sahabat explorer. Kita juga sering mendengar TKI yang dihukum cambuk di Malaysia sampai menuai protes dari warga negara kita.

Sahabat explorer, itulah beberapa fakta tentang Malaysia yang bisa kalian ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, apalagi jika kalian ingin menikmati paket tour 3 negara dari YoExplore! Simak informasinya dengan mengklik tautan tersebut ya!

Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar