Jawa Tengah Liburan Keluarga

Bingung Mau Liburan Keluarga di Mana? Ke Semarang Aja Yuk!

ide liburan keluarga di semarang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : airyroom

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, liburan bersama keluarga memang perlu sesekali. Semua itu bisa dilakukan pada akhir pekan, tanpa harus menunggu musim liburan anak sekolah. Refreshing bisa menjadi faktor kenapa kita semangat bekerja lagi, dan sumber inspirasi baru. Oleh karena itu, berlibur lah bersama keluarga, biar seluruh anggota keluarga bisa kembali bersemangat dan menjalani hari-hari berikutnya tanpa ada rasa beban. Hal ini memang penting loh sahabat explorer, jangan pernah menyepelekan manfaat dari liburan itu sendiri. Stress itu secara tidak sadar bisa kita alami, jadi waspada selalu ya. Untuk menghilangkan stress tersebut, liburannya juga tidak perlu jauh-jauh kok! Bagi kalian yang sedang bingung mau ke mana, YoExplore akan memberikan Ide liburan keluarga di Semarang yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.

Ide Liburan Keluarga di Semarang

Semarang, merupakan salah satu kota besar yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kalian bisa tempuh dengan pesawat, kereta, ataupun berkendara dengan mobil. Jika naik kereta, estimasi dengan kereta ekonomi adalah 6 jam perjalanan. Namun, perjalanan itu tidak akan terasa lama apabila kalian bersama keluarga dan berangkat di pagi hari. Jika kalian berangkat pada weekdays, maka besar kemungkinan kereta akan sepi, dengan demikian kalian akan merasakan suasana yang lebih intim dengan keluarga. Silahkan dicoba ya sahabat explorer, dijamin bakalan seru banget deh. Oia, dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai Ide liburan keluarga di Semarang, yang tentu destinasinya sangat ramah untuk keluarga. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Jalan-Jalan Bersama Keluarga di Banjarmasin

1. Klenteng Sam Poo Kong

ide liburan keluarga di semarang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : genpi

Ide liburan keluarga di Semarang yang pertama adalah mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong. Hampir di setiap wilayah di berbagai negara di dunia, memiliki kawasan Pecinan yang banyak dihuni oleh orang keturunan Tionghoa. Salah satunya adalah di Semarang ini, sebagai bukti bahwa dari zaman dahulu orang Tionghoa itu gemar untuk melakukan penjelajahan.

Seorang legenda yang dikenal dengan nama Laksamana Cheng Ho, pernah mengunjungi Semarang pada tahun 1416. Sebenarnya, tempat ini adalah tempat meneduh Laksamana Cheng Ho dikarenakan juru kemudi kapalnya Ong Keng Hong sedang sakit keras. Namun, Cheng Ho terpaksa harus meninggalkan Ong Keng Hong karena harus melanjutkan perjalanan.

Keadaan Ong Keng Hong semakin membaik dikarenakan dirawat oleh awak yang juga menjadi anak buah Cheng Ho tersebut. Baik Ong Keng Hong dan juga Cheng Ho, merupakan seorang Muslim Tionghoa yang pada akhirnya mulai menyebarkan agama Islam di tempat ini.

Warna merah akan dominan di dalam kompleks klenteng ini sahabat explorer, bentuknya yang megah dan juga arsitektur yang sangat kental dengan nuansa Tionghoa. Banyak patung-patung yang bisa kalian lihat, dan ada beberapa nama di bawah patung tersebut yang berarti orang itulah penyumbangnya.

Sekarang, Klenteng ini dijadikan tempat ibadah bagi pemeluk agama Tridharma (Taoisme, Buddhisme, Konfusianisme). Bagi kalian yang ingin mengunjungi Klenteng ini, kami sarankan datang pada sore hari ya! Karena matahari juga sedang bagus-bagusnya, jadi kalian bisa mendapatkan spot foto yang bagus!

2. Lawang Sewu

ide liburan keluarga di semarang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kepogaul

Ide liburan keluarga di Semarang yang selanjutnya adalah mengunjungi Lawang Sewu. Bagi kalian keluarga yang suka berpetualang, maka kalian coba kunjungi Lawang Sewu pada saat malam hari sahabat explorer. Bangunan yang satu ini terkenal dengan keangkerannya, apalagi di bagian ruang bawah tanah, yang konon katanya itu adalah tempat penyiksaan pada masa penjajahan Belanda. Berani mencoba?

Di luar dari kisah tersebut, bangunan ini sangat fantastis! Ciri khas bangunan Belanda yang memiliki kubah berwarna coklat kemerahan di bagian atas, dan juga bangunan yang kokoh. Bangunan ini adalah pusat pemerintahan Belanda di Kota Semarang, dahulunya sering terjadi peperangan di depan bangunan ini. Pada akhirnya bangunan ini berhasil direbut oleh tentara Indonesia.

Dinamakan Lawang Sewu atau Seribu Pintu, dikarenakan di dalam bangunan ini terdapat banyak sekali pintu sahabat explorer. Mungkin kalau kalian niat, bisa kalian hitung jumlahnya sambil berkeliling dari lantai satu hingga lantai 2. Selain itu, karena banyaknya lorong-lorong tersebut, maka banyak spot foto yang Instagramable! Gak percaya? Coba langsung datengin aja! Di malam hari, cahaya dari bangunan ini juga mempercantik dan memberikan kesan dramatis juga loh!

3. Candi Gedong Songo

ide liburan keluarga di semarang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : nusantaratv

Ide liburan keluarga di Semarang yang selanjutnya adalah mengunjungi Candi Gedong Songo. Sesuai dengan namanya, Candi Gedong Songo, yang berarti Sembilan Bangunan Candi. Tempat wisata di Semarang yang satu ini, bisa dibilang menjadi salah satu primadona wisata. Kompleksnya yang sangat rapi, taman yang cantik, dan juga candi yang masih sangat asri. Perlahan-lahan dari pintu masuk, kalian akan mengikuti jalur trekking yang disediakan untuk mengunjungi candi tersebut satu persatu. Dimulai dari Candi nomor 1 dan selanjutnya, pemandangan di sekitar candi juga sudah dipercantik dengan ditanami bunga-bunga dan juga taman Ayana yang sangat Instagramable. Khusus nama tempat terakhir, kalian diharuskan untuk membayar tiket masuk lagi sahabat explorer, karena tidak disediakan tiket terusan saat masuk ke kompleks Candi Gedong Songo.

Setiap candi memiliki perbedaannya masing-masing, terutama di candi yang nomor 3, karena terdapat 2 candi kecil yang mengelilingi candi utama. Banyak juga candi yang sudah runtuh, namun reruntuhannya tetap dibiarkan di situ, agar tetap terjaga keasliannya.

Sayangnya, kalian hanya bisa naik sampai ke candi no.5 saja, ada sebuah keunikan di sini. Banyak yang bilang, tidak semua orang bisa mengunjungi candi nomor 6 sampai 9, dan ada juga yang bilang tidak semua orang bisa “melihat” candi tersebut. Wah, horor juga ya sahabat explorer! Namun, ada juga pendapat yang menjelaskan bahwa candi nomor 6 sampai 9 itu sudah runtuh, sehingga tidak layak untuk diperlihatkan.

Kalau kalian, lebih percaya yang mana nih sahabat explorer?

4. Kota Lama Semarang

ide liburan keluarga di semarang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kompasiana

Ide liburan keluarga di Semarang yang selanjutnya adalah mengunjungi Kota Lama Semarang. Setelah seharian berkeliling di Candi Gedong Songo, maka waktunya kembali lagi ke pusat kota Semarang nih sahabat explorer. Pada saat malam hari, paling asyik itu berkeliling di Kota Lama Semarang. Suasananya bisa dibilang mirip dengan Kota Tua di Jakarta, namun perbedaannya adalah kalau Kota Lama Semarang itu lebih mirip dan banyak sekali bangunan Belandanya.

Kalian bisa menikmati berbagai macam kuliner yang disediakan, baik yang di pinggiran, atau yang di Cafe kawasan Kota Lama. Terdapat beberapa macam hiburan, seperti galeri kesenian, wahana bermain, dan juga spot-spot foto yang keren. Kalian juga harus mengunjungi Taman Kota Lama, disana banyak sekali wahana bermain untuk anak. Pokoknya dijamin seru banget deh!

Dan satu lagi, masih di kawasan Kota Lama, terdapat pusat oleh-oleh yang paling terkenal di Semarang yaitu Wingko Babat Cap Kereta Api! Cocok banget nih buat kasih oleh-oleh teman kantor atau teman kuliah kalian. Semarang dijamin sip banget!

Nikmati Liburan di Semarang!

Sahabat explorer, itulah beberapa Ide liburan keluarga di Semarang yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar