Liburan Keluarga

4 Kota Ide Liburan Keluarga Yang Seru

ide liburan keluarga - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id
image soure : piknikdong

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Liburan akhir tahun sudah sangat dekat nih sahabat explorer. Sudah siapkan destinasi wisata dan lain-lainnya belum? Jangan sampai kelamaan ya, nanti pas sudah mendekati hari H, kalian bisa ribet nih. Ada banyak ide liburan keluarga yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Kalau kalian berminat untuk berlibur di dalam negeri, maka kalian membaca artikel yang sangat cocok nih. Banyak kota dan objek wisata di Indonesia yang sangat menarik dan ramah untuk anak-anak. Selain itu, pemandangan alam yang dimiliki juga luar biasa banget loh, dijamin kalian dan anak-anak akan sangat puas dan terkagum-kagum. Demi keluarga, kalian harus memberikan yang terbaik tentunya! Setuju gak?!

Ide Liburan Keluarga

Artikel kali ini akan membahas mengenai ide liburan keluarga di kota-kota di Indonesia. Mulai dari ujung Sumatera sampai Papua, Indonesia memiliki destinasi wisata yang sangat luar biasa. Semua kota tersebut, tentunya banyak objek yang sangat ramah untuk liburan keluarga. Bagi kalian yang memang rutin untuk berlibur bersama keluarga, sepertinya cocok nih pergi ke kota-kota yang YoExplore rekomendasikan. Tujuannya selain untuk hiburan adalah untuk anak-anak kalian bisa mengenal keindahan Indonesia. Jadi, biar mereka tidak terlalu terpana dengan pesona-pesona di luar Indonesia yang mungkin mereka lihat di film-film atau internet. Dengan demikian,  mereka tau kalau Indonesia itu keren luar biasa! Penasaran di mana saja? Yaudah langsung kita simak yuk ulasannya!

Baca Juga : Menghabiskan Libur Panjang di Singapura

1. Anyer, Cilegon

ide liburan keluarga - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : anyerpedia

Ide liburan keluarga yang pertama adalah mengunjungi Anyer, yang berada di wilayah Cilegon Timur, Banten. Tempat ini tidak jauh dari Jakarta, kurang lebih hanya memakan waktu 2 sampai 3 jam saja. Jika kalian jalan pada siang hari, maka kemungkinan kecil kalian akan menemukan kemacetan, karena masih belum jam pulang kantor. Untuk menuju ke Anyer (Cilegon) kalian akan melewati Tol Tangerang-Merak, jadi jangan heran jika kalian banyak melihat kendaraan besar ya.

Semasuknya di Cilegon, kalian akan banyak menemukan pabrik-pabrik besar seperti pabrik semen, dan besi. Tetapi, itu tidak sepanjang jalanan menuju ke Anyer-nya kok sahabat explorer, nanti kalian sudah bisa melihat pemandangan laut di pinggir kanan jalan setelah melewati pabrik-pabrik besar tersebut.

Terdapat banyak hotel dan penyewaan Villa di kanan kiri kalian. Tapi, akan lebih baik jika kalian memesannya terlebih dahulu, biar gak kesusahan pas di sana. Setelah mendapatkan hotel atau villa, kalian bisa menikmati keindahan Pantai Anyer yang memiliki pasir putih dan tersedia juga berbagai macam kegiatan watersports. Seperti Banana Boat, Flying Fish, Paralayang, atau menyewa body surfing untuk sekedar bermain ombak di pinggir pantai.

Kegiatan menarik lainnya adalah, kalian bisa ikut memancing bersama para nelayan di bagian lain dari pantai, biasanya mereka melakukan kegiatan ini di pantai yang memang bukan pantai wisata. Maksudnya adalah, pantai tersebut berkarang, dan tidak cocok untuk bermain, sehingga kalian bisa ikut mancing bersama para nelayan deh, sahabat explorer.

2. Yogyakarta

ide liburan keluarga - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : bali-indonesia

Ide liburan keluarga yang selanjutnya adalah mengunjungi Yogyakarta. Sudah jelas, kota yang satu ini memang tidak akan pernah ada habisnya untuk dikunjungi. Belum lagi dengan adanya lagi objek wisata baru yang berada di wilayah Desa Gejahan, Kecamatan Ponjong. Sebenarnya ini adalah lokasi persawahan yang sangat luas. Dan sering kali padi-padi di sawah tersebut terserang oleh hama. Uniknya, untuk mengantisipasi hama-hama tersebut, para warga menanam bunga yang dapat menghasilkan serbuk sari di pinggir-pinggir sawah tersebut.

Oleh karena hal itu, tempat ini menjadi begitu indah dilihat dan memiliki cuaca yang sangat sejuk. Untuk mempercantik, akhirnya dibangunlah sebuah jembatan dari bambu dan rumah-rumah kecil dari kayu yang pada akhirnya berhasil menarik minat para wisatawan.

Bagaimana sahabat explorer? Pasti seru banget kan kalau berkunjung ke sini. Selain itu, juga masih ada destinasi wisata lainnya yang sangat menarik di Yogyakarta. Kalian bisa melakukan eksplorasi candi-candi, bisa juga pergi ke Bukit Rhema untuk melihat lokasi syuting film AADC 2 yang sekarang lagi happening, dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Jangankan objek wisata, alun-alun di Yogyakarta aja pasti bakalan seru banget jika kalian kunjungi bersama anak-anak, karena terdapat mobil-mobilan warna warni yang cara mengemudikannya seperti mengemudikan sepeda! Dijamin mereka bakalan senang deh! Langsung berangkat ke Jogja ya sahabat explorer!

3. Berastagi, Karo

ide liburan keluarga - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : bangmamad

Ide liburan keluarga yang selanjutnya adalah mengunjungi Berastagi, Karo. Berastagi, merupakan pusat keramaian Kabupaten Karo di Sumatera Utara yang terkenal sejuk dan memiliki hawa yang dingin. Selain memiliki cuaca yang sejuk tersebut, tempat ini juga terkenal dengan objek wisatanya yang sangat indah. Mulai dari destinasi buatan, hingga destinasi wisata alam semuanya ada di Berastagi! Pokoknya keren deh, dan sangat cocok untuk membawa anak-anak kalian semua ke sini!

Beberapa destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi adalah pemandian air panas belerang Lau Sidebuk-Debuk yang berada di kaki Gunung Sibayak, lalu ada taman bermain Mikie Funland yang memiliki konsep seperti Dufan. Nah, kalau tempat yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak kalian bermain, sahabat explorer. Ada juga Pagoda Lumbini yang menyerupai dengan pagoda yang ada di Myanmar.

Kalau dari segi budayanya, wilayah Berastagi terkenal dengan suku asli dari Batak Karo. Ada sebuah desa yang bernama Desa Lingga di Berastagi yang dimana kalian dapat mempelajari budaya Batak Karo hingga melihat rumah adat yang sudah berumur lebih dari 100 tahun! Wah, pasti unik banget nih sahabat explorer. Bagaimana? Berminat ke sini gak?

4. Ende, Flores

ide liburan keluarga - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : satyawinnie

Ide liburan keluarga yang selanjutnya adalah mengunjungi Ende di Bumi Flores. Banyak yang bilang bawah Ende adalah surga yang berada di wilayah Timur Indonesia. Tentunya karena pemandangan alam yang sangat luar biasa seperti danau tiga warna yang bernama Danau Kelimutu. Danau ini bisa berubah warnanya dikarenakan fenomena alam yang tentunya akan sangat sayang apabila dilewatkan.

Selain itu, kota ini juga memiliki sejarah yang luar biasa. Di tempat inilah, prokmalamator Indonesia Ir. Soekarno mendapatkan ilham untuk merumuskan Pancasila sebagai dasar negara. Bahkan, kalian bisa mengunjungi sebuah taman dimana Bung Karno sering merenung di bawah Pohon Sukun yang masih asri hingga sekarang!

Kalian juga dapat mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno di Ende selama periode melawan penjajahan Belanda. Tentunya, kalian juga dapat melihat peninggalan Bung Karno yang berada di sana. Bagaimana? Sudah pemandangan alamnya cantik, nilai sejarahnya juga tinggi. Pokoknya dijamin kalian akan terpukau selama berada di Ende ini.

Oia sahabat explorer, bagi kalian pecinta kopi, di Ende juga terdapat kopi lokal Ende yang rasanya sangat luar biasa deh! Jangan sampai dilewatkan ya kalau kalian ini pecinta kopi!

Liburan Bersama YoExplore!

Nah sahabat explorer, itulah beberapa kota untuk ide liburan keluarga kalian yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga bermanfaat bagi kalian yang lagi kebingungan mencari destinasi wisata keluarga untuk liburan akhir tahun yang sebentar lagi bakal datang nih. Jangan lupa untuk share pengalaman wisata kalian di kolom komentar ya sahabat explorer. Sampai ketemu di artikel berikutnya, have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar