Jawa Barat Liburan Keluarga

Bosen di Jakarta? Tapi Pengen Liburan Yang Dekat? Ke Bogor Aja Yuk!

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jalan-jalan di bogor
image source : kujangbogor

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Terkadang, memang suka kebingungan sendiri untuk memilih destinasi liburan yang asyik ya sahabat explorer. Padahal, kita sudah bosan dengan destinasi-destinasi di ibu kota yang itu-itu saja. Namun, liburan singkat kadang suka memberikan dampak yang sangat signifikan loh. Memilih ‘kabur’ sejenak dari rutinitas sehari-hari memang dibutuhkan untuk sekedar menyegarkan pikiran. Biasanya, liburan singkat seperti itu tidak perlu jauh-jauh hingga naik pesawat. Cukup ke pinggir kota ataupun kota lain yang berjarak tidak begitu jauh dari ibu kota atau tempat tinggal kalian. Solusi terbaik buat kalian yang tinggal di Jakarta adalah dengan jalan-jalan di Bogor. Kota yang satu ini memang bukan kota yang sebesar Jakarta, namun destinasi wisata di sana banyak yang menarik loh sahabat explorer. Tentunya, destinasi ini lumayan untuk menghibur dan mengisi waktu luang kalian semua.

Jalan-Jalan di Bogor Bersama Teman Atau Keluarga

Menikmati wisata Kota Bogor, bisa kalian lakukan dalam sehari saja. Tapi, agar lebih puas, lebih baik kalian sempatkan waktu untuk menginap agar liburan singkat kalian akan terasa sangat memuaskan. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kalian datangi saat menginap di Bogor. Belum lagi, kalian dapat menikmati kuliner khas Bogor seperti Soto Mie Bogor, Asinan Bogor dan lain-lainnya. Penasaran tempatnya di mana saja? Yuk, langsung kita simak ulasannya!

1. Taman Botani, Bogor

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jalan-jalan di bogor

image source : commonswikimedia

Jalan-jalan di Bogor yang pertama tentu mengunjungi Taman Botani, Bogor. Ini merupakan tempat wajib yang harus kalian kunjungi. Di taman ini, tentunya terdapat pemandangan kebun yang indah dan tertata dengan rapi.

Kebun ini berdiri sejak 1817 dan dibuat oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Area ini memiliki luas sebesar 87 hektar. Kalian bisa menikmati pemandangan panorama hijau di sekitar 15.000 jenis spesimen tumbuh-tumbuhan. Waw, jumlah yang sangat banyak sekali ya sahabat explorer. Tentunya, kalian dapat menikmati taman ini dengan berjalan kaki atau berkeliling dengan sepeda.

Dari kejauhan, kalian bisa melihat Istana Presiden, namun tentunya itu bukan tempat untuk umum. Jadi, kalian hanya bisa melihatnya saja dari kejauhan. Selain itu, taman ini memiliki tema-tema yang unik untuk setiap tanamannya. Seperti Taman Meksiko, yang memang memiliki tumbuh-tumbuhan dari negara tersebut. Masih banyak lagi tema-tema yang lainnya. Dijamin, mata kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang tersedia di sini.

2. Museum Zoologi

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jalan-jalan di bogor

image source : jejakpiknik

Jalan-jalan di Bogor yang selanjutnya akan membawa kalian ke Museum Zoologi. Museum ini juga tidak jauh dari Taman Botani tadi. Dengan demikian, kalian tetap bisa menikmati pemandangan lainnya dengan jarak yang tidak jauh sama sekali. Di dalam sana, kalian dapat melihat replika fosil dari makhluk-makhluk purbakala yang pernah hidup di tanah Indonesia. Jumlahnya terdapat sangat banyak loh sahabat explorer.

Museum ini merupakan Museum Zoologi terbesar di Asia Tenggara. Koleksi fosil dari museum ini hingga lebih dari  3 juta spesimen! Luar biasa banget ya sahabat explorer. Berbagai macam spesimen fauna seperti jenis burung, amfibi, reptil, ikan air tawar, ikan air laut, mamalia, dan serangga tersedia di sini semua.

Bagi kalian yang menyukai sejarah hewan purbakala, tentunya tempat ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, kalian tetap harus berhati-hati ya, jangan sampai merusak tatanan yang sudah diatur oleh pengelola museum tersebut.

Baca Juga : Tidak Hanya Bertemu Panda, Ini 9 Hal Yang Bisa Dilakukan Di Taman Safari Bogor

3. Taman Safari

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jalan-jalan di bogor

image source : apagimana.com

Selanjutnya, kalian tentu dapat mengunjungi Taman Safari. Taman ini memiliki keunikan dengan kalian berada di dalam mobil atau bus (jika tidak bawa mobil) dan menelusuri jalur-jalur untuk melihat hewan berkeliaran di sekitar kalian. Hewan di dalam sini tidak dikurung di dalam kandang, kecuali binatang-binatang yang langka seperti Harimau Putih.

Kalian dapat memberi makan binatang-binatang tersebut dengan membeli Wortel atau sayuran lainnya yang tersedia di luar Taman Safari tersebut. Tentunya, tidak semua hewan bisa kalian beri makan. Kalian harus mematuhi aturan yang ditulis oleh pengelola di setiap sudut area binatang-binatang tersebut. Saat memasuki kawasan hewan buas seperti Singa, Beruang, Macan, dan Harimau, kalian diwajibkan untuk menutup jendela mobil kalian. Hal itu dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan buas tersebut yang tentunya bisa berbahaya bagi kalian. Namun kalian tenang saja, karena di dalam sana, para pawang hewan buas tersebut siaga untuk menjaga-jaga kondisi di sekitaran area itu.

Setelah keluar dari area Safari Journey, kalian bisa beristirahat dan makan siang di Taman Rekreasi Safari. Disini, tersedia banyak hiburan lainnya seperti Tiger Show, Dolphin Show, Baby Zoo, Cowboy Show, dan yang terbaru tentu Istana Panda. Kalian tidak perlu membeli tiket lagi untuk memasuki area-area tersebut, karena itu merupakan tiket terusan dari saat kalian masuk di Taman Safari Journey

Wah, ini sih bisa seharian ya sahabat explorer. Pastinya seru banget dan akan bikin penuh feed Instagram kalian!

4. Curug Nangka

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jalan-jalan di bogor

image source : yukpiknik.com

Jalan-jalan di Bogor selanjutnya adalah mengunjungi Curug Nangka. Curug Nangka merupakan sebuah lokasi Air Terjun, dimana di dalamnya terdapat kolam renang kecil. Dengan demikian, bagi kalian yang membawa anak kecil, kalian bisa mengajak mereka berenang di kolam ini. Area tersebut dikelilingi dengan hutan yang sejuk dan tentunya dengan suhu yang cukup dingin. Jadi, kalian jangan lupa untuk membawa jaket ya sahabat explorer.

Selain menikmati indahnya Curug Nangka, tidak jauh dari sana terdapat sebuah Candi Hindu yang bernama Parahyangan Agung Jagakarta. Candi ini dibangun pada tahun 1955 sebagai pusat kegiatan keagamaan Hindu. Candi ini dibuka untuk umum agar para turis bisa mengunjunginya. Kalian tentu dapat melihat panorama Gunung Salak dari atas Candi tersebut.

Setelah itu, tidak jauh dari kedua tempat tersebut, kalian dapat mengunjungi Apache Highland Park Resort. Tempat ini memiliki sebuah camping ground yang menggabungkan kedua budaya dari timur dan barat. Selain itu, tenda tipe Mongolian dan Apache juga memiliki fasilitas yang cukup mewah. Dengan demikian kalian bisa menginap semalaman di resor ini.

Fasilitas yang terdapat di resor ini juga bermacam-macam loh sahabat explorer. Kalian bisa menikmati berkuda, menembak, Mini Zoo, golf dan lainnya. Pokoknya tempat ini seru banget deh, kalian dijamin gak akan menyesal!

5. Budidaya Teh

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jalan-jalan di bogor

image source : wirasel.com

Setelah menghabiskan tenaga naik turun di Curug Nangka, keesokan harinya kalian dapat melanjutkan perjalanan kalian ke Wisata Budidaya Teh di Puncak, Bogor. Sejarahnya, budidaya teh ini sudah dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda sejak tahun 1720. Proyek tersebut selalu gagal hingga akhirnya baru bisa berhasil seabad kemudian.

Di Budidaya Teh Gunung Mas, kalian dapat  menikmati panorama hijau pohon teh yang tertata dengan rapi dan tentunya ditemani dengan udara yang jauh dari polusi, sejuk, dan nyaman. Disana, kalian akan melihat berbagai macam jenis teh yang tersedia, dan mempelajari tentang bagaimana budidaya teh yang benar.

Setelah itu, kalian juga bisa masuk ke dalam pabrik teh untuk melihat proses bagaimana teh tersebut diproses hingga menjadi sebuah minuman. Jika sudah cukup waktunya untuk mengamati proses tersebut, kalian bisa menikmati fasilitas lain seperti berkuda, atau mengendarai ATV berkeliling di sekitar area tersebut.

Sudah Siap Untuk Berwisata di Kota Bogor?

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi saat sedang jalan-jalan di Bogor. Lumayan kan untuk mengisi waktu liburan singkat kalian. Liburan ini bisa kalian lakukan dalam sehari ataupun menginap selama beberapa hari yang kalian inginkan. Selain itu, kota Bogor itu sendiri tidak jauh dari Jakarta, sehingga perjalanan pulang kalian tidak akan terasa lama. Baiklah sahabat explorer, sudah siap untuk berwisata di Kota Bogor?!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar