Liburan Keluarga Malaysia

Liburan Santai Bareng Keluarga? Ke Kuala Lumpur Aja!

Jalan jalan ke Kuala Lumpur - Panduan Traveling, YOEXPLORE
image source : YoExplore

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, liburan menikmati keindahan alam seperti pantai, gunung, atau hutan, memang sudah menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, menikmati keindahan kota juga menjadi alternatif apabila kalian merasa lelah karena liburan ke alam bebas tentu membutuhkan tenaga yang lebih. Malaysia, merupakan sebuah negara tetangga dari Indonesia yang memiliki destinasi wisata kota yang sangat indah. Pemandangan city light yang menakjubkan dan dengan gedung-gedung tinggi yang memiliki pencahayaan yang cantik. Pusat kota di Kuala Lumpur juga disebut sebagai Segitiga Emas. Segitiga tersebut terdiri dari Bukit Bintang, KLCC (Pusat Kota Kuala Lumpur), dan Chinatown. Apakah kalian tertarik untuk jalan jalan ke Kuala Lumpur, sahabat explorer?

Jalan Jalan ke Kuala Lumpur

Kuala Lumpur adalah ibu kota dari Malaysia. Sebagai ibu kota dan kota terbesar yang ada di Malaysia, maka Kuala Lumpur menjadi pusat budaya, transportasi, dan komersial. Selain itu, Kuala Lumpur juga terkenal sebagai surga bagi orang yang suka berbelanja. Selain pemandangan kota yang menarik, terdapat juga beberapa kuliner yang YoExplore rekomendasikan ke kalian. Tentunya, kalian akan menghabiskan waktu seharian atau lebih nih untuk dapat berkeliling di kota yang satu ini. Jadi, kalau kalian ada yang tertarik atau bahkan sudah memiliki rencana untuk Wisata ke Kuala Lumpur, langsung simak aja ulasan berikut ini ya sahabat explorer!

1. Mengunjungi Gua Batu dan Pedesaan

Jalan jalan ke Kuala Lumpur - Panduan Traveling, YOEXPLORE

image source : YoExplore

Jalan jalan ke Kuala Lumpur yang pertama adalah dengan mengunjungi Gua batu dan juga menikmati pedesaan yang ada di wilayah tersebut. Perjalanan akan dimulai setelah makan siang, jadi kalian muter-muter udah gak kelaparan lagi nih sahabat explorer. Sebelum ke Gua, kalian akan terlebih dahulu mengunjungi Royal Selangor Pewter. Pusat Royal Selangor Pewter adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Kuala Lumpur. Kalian para traveler dapat mempelajari sejarah timah terbaik di dunia dan menjadi saksi mata kerajinan timah secara langsung. The Ambassador Rows yang berada di pinggiran Kuala Lumpur, disana ada banyak Desa Melayu, dan Istana Sharif Ali yang berada di wilayah tersebut. Wah, keren banget nih sahabat explorer ada istana, pasti bagus banget buat foto-foto tempatnya.

Selanjutnya adalah dengan mengunjungi pabrik Batik. Kalian di sini bisa melihat proses pembuatan Batik atau belajar membuat batik. Pastinya, ada beberapa perbedaan dengan Batik Indonesia nih sahabat explorer. Setelah itu, baru deh kalian bisa berkunjung ke Gua Batu. Gua Batu adalah bukit batu kapur yang terdapat Kuil Hindu. Oleh karena fungsinya itu yang sebagai tempat ibadah, maka kami menyarankan kalian agar berpakaian yang rapi dan sopan ya sahabat explorer. Untuk mencapai ke kuil tersebut, kalian harus menaiki 272 anak tangga. Namun, semua rasa capek itu akan hilang ketika kalian mencapai puncaknya dan melihat pemandangan yang luar biasa dari pusat kota.

2. Menjelajah Hutan Hujan dan Menara Kembar

Jalan jalan ke Kuala Lumpur - Panduan Traveling, YOEXPLORE

image source : YoExplore

Jalan jalan ke Kuala Lumpur yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi Hutan Hujan Kuala Lumpur FRIM (Forest Research Institute of Malaysia). FRIM ini didirikan pada tahun 1929. Saat ini, Hutan Hujan ini merupakan hutan tropis terbesar yang ada di Kuala Lumpur. Kalian dapat menikmati alam yang tenang sambil menikmati berbagai flora dan fauna. Selain itu, kalian juga  dapat mencoba hiking di sekitar FRIM, bersepeda gunung, dan mengamati burung. Wah, berarti jangan lupa bawa kamera nih sahabat explorer, karena pasti pemandangan flora dan faunanya itu bagus banget.

Kurang lebih, kalian akan memakan waktu selama 5 jam dalam penjelajahan hutan ini. Dijamin kalian tidak akan terasa lelah deh sahabat explorer, karena pemandangan di dalam hutan ini pasti sangat menakjubkan.

Setelah menjelajah hutan, kalian bisa menikmati pemandangan arsitektur modern di pusat Kuala Lumpur. Bisa juga kalian mengunjungi menara kembar Petronas yang merupakan salah satu dari 15 menara tertinggi di dunia. Sudah bukan hal yang umum lagi, apabila kalian akan berfoto-foto di depan gedung tersebut. Gedung ini, memiliki memiliki panjang 58 meter dengan sky bridge yang berada di lantai 41 dan 42.  Sky bridge terbuka untuk umum pada hari Selasa hingga Minggu (tutup setiap Senin), mulai dari pukul 09:00 pagi hingga jam 19.00 malam. Di sini, dari dek observasi, kalian dapat melihat pemandangan terbaik dari seluruh kota.

Selain itu, terdapat banyak tempat menarik di sekitar menara ini. Mall dan taman, track untuk jogging, air mancur dan kolam renang untuk anak-anak termasuk salah satu tempat yang ada di sekitar wilayah tersebut. Oia sahabat explorer, jangan lupa siapkan uang kalian ya, karena disini terdapat banyak tempat yang enak untuk makan malam!

3. Berpetualang di Cameron Highlands

Jalan jalan ke Kuala Lumpur - Panduan Traveling, YOEXPLORE

image source : YoExplore

Jalan jalan ke Kuala Lumpur yang selanjutnya adalah mengunjungi Cameron Highlands Adventure Park. Destinasi wisata yang satu ini, terkenal dengan perkebunan teh, hutan dengan kabut, dan juga banyaknya peternakan.

Pertama-tama, kalian akan berkunjung ke perkebunan teh Boh di sungai Palas. Ini merupakan perkebunan teh terbesar di Asia Tenggara dengan luas wilayah 8.000 hektar. Di sini, kalian dapat menikmati keindahan alam yang mempesona dan berinteraksi dengan para petani setempat. Kalian bisa bertanya-tanya mengenai proses pohon teh dari awal hingga menjadi minuman nikmat.

Selanjutnya, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Gunung Brinchang. Gunung ini merupakan puncak tertinggi dari Cameron Highlands dengan ketinggian 2.032 mdpl. Kalian bisa sampai ke tempat ini dengan mengendarai mobil. Di sini, kalian dapat menikmati pemandangan indah Malaka.

Ketiga, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menjelajahi Mossy Forest atau Cloud Rainforest. Kalian dapat mengamati flora dan fauna yang sangat eksotis. Hutan ini adalah rumah bagi tanaman anggrek, rempah-rempah, tanaman obat dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalian dapat menjelajahi hutan dengan berjalan sejauh 2 km sebelum mencapai puncak Gunung Brinchang. Wuih, kayaknya seru banget ya sahabat explorer dibayanginnya aja!

Untuk penutupannya, kalian bisa kembali lagi ke Sungai Palas, dan menikmati hidangan teh. Selain itu, kalian juga bisa memperhatikan pengelola kebun teh tersebut mendemonstrasikan bagaimana pengolahan teh yang baik dan benar.

Baca Juga : Berpetualang Di Cameron Highlands Grand Adventure

4. Street Food Kuala Lumpur

Jalan jalan ke Kuala Lumpur - Panduan Traveling, YOEXPLORE

image source : missyblurkit

Jalan jalan ke Kuala Lumpur yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi Pasar Baru Bukit Bintang (Pasar Imbi). Ini adalah pasar yang sangat terkenal untuk mencicipi street food atau jajanan yang otentik. Ada kue Emas Goreng, minuman Anggur Jahe Bee Hoon, Kopitiam, Teh Tarik, Kuih Muih, dan kue-kue kering. Kalian juga bisa mencicipi Mie Wonton, Hainanese Asam Laksa, Yong Tau Fu, Chee Cheong Fund, Popiah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Inilah saat yang tepat bagi kalian untuk mengunjungi Pasar Sentral KL. Pasar ini adalah tempat yang tepat untuk membelanjakan uang kalian untuk membeli souvenir terbaik. Selain itu ada sekitar 350 toko dan kios di mana Kalian dapat membeli barang-barang terbaik untuk diri sendiri, keluarga, ataupun teman. Kalian bisa mendapatkan pengalaman membuat kerajinan, menikmati pertunjukan budaya, dan banyak lainnya. Inilah akhir dari Perjalanan indah dalam Wisata ke Kuala Lumpur.

See You Again Kuala Lumpur!

Jadi begitulah sahabat explorer jalan jalan ke Kuala Lumpur kurang lebihnya. Banyak hal yang bisa kalian nikmati nih disini. Mulai dari pusat kota, hingga masuk ke dalam hutan! Tentunya akan menjadi pengalaman yang unik juga ya. Bagi kalian yang sudah membaca artikel ini sampai habis, semoga jadi bertambah niat untuk liburan ke Kuala Lumpur ya! Have a good day, explorer!

 

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar