Liburan Keluarga

Ingin Ke Eropa? Ke Belanda Aja Dulu!

liburan ke Belanda - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore
image source : abouturban

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, liburan ke luar negeri biasanya menjadi salah satu waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Baik bersama keluarga ataupun teman, untuk berlibur ke luar negeri memang butuh perencanaan yang matang. Memang akan lebih baik jika kalian membuat itinerary yang jelas. Dari hari pertama hingga kalian pulang ke Indonesia. Dengan begitu, liburan kalian tentu akan terasa memuaskan dan penuh dengan informasi yang sebelumnya tidak kalian ketahui. Bagi kalian yang ingin berlibur ke luar negeri terutama Eropa, YoExplore memberikan kalian rekomendasi negara yang cocok untuk dikunjungi, yaitu Belanda. Selain memang ‘dekat’ secara sejarah dengan Indonesia, Negeri yang mendapat julukan “Kincir Angin” ini juga memiliki tempat destinasi wisata yang sangat bagus. Apakah kalian tertarik untuk liburan ke Belanda?

Liburan Ke Belanda Untuk Memanjakan Mata

Bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi negeri ini, kalian membuka artikel yang sangat pas. Kali ini kita akan membahas beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Belanda. Beberapa destinasi ini tentunya akan melengkapi itinerary liburan kalian. Selain dari arsitektur khas Eropa yang sangat menarik, tempat tersebut juga memiliki spot foto yang sangat cantik. Kalian jangan lupa membawa kamera kalian ya sahabat explorer, karena kita jamin, kalian gak akan berhenti foto kalau mengunjungi tempat-tempat wisata yang ini. Sudah siap liburan ke Belanda dengan tulisan? :D, yuk kita simak ulasannya!

Baca Juga : Hujan Badai di Istanbul

1. Desa Kinderdijk

liburan ke Belanda - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : margopost

Liburan ke Belanda yang pertama adalah dengan mengunjungi Desa Kinderdijk. Desa ini dikenal dengan desa 1000 kincir, yang merupakan desa paling populer di belanda. Lokasi tempat wisata ini berada sekitar 15 km dari kota Rotterdam, atau tepatnya berada di Alblasserwaard, Provinsi Belanda Selatan.

Kincir angin merupakan sebuah ikon dari negara Belanda. Desa Kinderdijk awalnya merupakan sebuah dataran rendah yang ketinggiannya bahkan di bawah permukaan laut dan rawan banjir. Sempat dibangun kanal sederhana untuk mengatasi banjir, namun itu tidak berpengaruh banyak. Pada akhirnya, pada tahun 1740, beberapa kincir angin dimanfaatkan untuk membantu polder (daratan yang posisinya di bawah level air) tetap kering. Sedangkan baling-baling berfungsi sebagai pemompa air untuk dialirkan ke waduk lalu ke sungai. Hal tersebut terbukti dengan Desa ini menjadi bebas banjir setelahnya. Wah, keren banget ya sahabat explorer, caranya sangat tradisional tanpa menggunakan mesin berat, namun bisa mengatasi banjir dengan sempurna!

Saat ini, Desa Kinderdijk menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh turis di Belanda. Kalian bisa menikmati keindahan desa tersebut dengan berjalan kaki atau dengan bersepeda. Jika kalian ingin melihat kincir angin di sana, kalian bisa mengunjungi Museum yang ada di desa tersebut.

2. Taman Bunga Keukenhof

liburan ke Belanda - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

Image source : dagelanfamily

Liburan ke Belanda selanjutnya adalah mengunjungi Taman Bunga Keukenhof. Beneran deh sahabat explorer, kalian harus persiapkan kamera di sini, ini pastinya sangat bagus untuk fotografi. Baik kalian sebagai fotografer profesional, ataupun sekedar memenuhi feed Instagram kalian. Taman bunga ini disebut-sebut sebagai salah satu Taman Bunga terindah yang ada di dunia. Taman indah ini terkenal dengan ladang Tulip terbesar di Belanda. Asal kalian tau nih sahabat explorer, bunga Tulip dari Belanda merupakan Bunga Tulip dengan kualitas terbaik di dunia loh.

Pada saat bulan Maret – Mei, pedesaan di Belanda akan berubah menjadi padang bunga yang luas dan indah. Tentu ini adalah waktu terbaik untuk memanjakan mata kalian ya sahabat explorer. Bunga yang ada di taman ini adalah bunga-bunga subtropis seperti Tulip, Mawar, Sakura, Anggrek, Lavender dan yang lainnya. Dijamin, kalian akan takjub dengan pemandangan yang luar biasa ini.

3. Bloemenmarkt (Floating Flower Market)

liburan ke Belanda - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : wikipedia

Selanjutnya adalah mengunjungi Bloemenmarkt atau Floating Flower Market. Wah, kalau di Jakarta ada Pasar Kembang Rawa Belong, maka di Amsterdam ada yang satu ini nih. 😀

Pasar ini merupakan pasar bunga yang sudah ada semenjak 1862. Sampai saat ini, pasar bunga Bloemenmarkt ini merupakan salah satu destinasi wisata di Belanda yang paling terkenal dan juga disahkan oleh UNESCO sebagai satu-satunya pasar bunga terapung yang ada di dunia.

Terdapat banyak kios-kios yang berjendela transparan dan mengapung di pinggiran sungai Singel ini. Hampir seluruh macam bunga itu ada disini nih sahabat explorer, sampai ke bunga Tulip juga ada. Bagi kalian yang suka dengan bunga-bunga, sepertinya ini akan menjadi surga bagi kalian ya.

Selain bunga yang berada di dalam pot, terdapat juga bunga-bunga yang sudah dipotong dalam bentuk buket untuk diekspor ataupun dijadikan oleh-oleh bagi para turis. Bagaimana sahabat explorer? Sudah semakin mantap untuk mengunjungi Belanda?

4. De Waag (The Weigh House)

liburan ke Belanda - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : erfgoendinstallaties

Liburan ke Belanda yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi De Waag (The Weigh House). De Waag merupakan sebuah bangunan cantik yang terlihat seperti kastil kerajaan jaman dahulu, atau mungkin bisa dibilang sedikit mirip dengan kastil di Film Harry Potter. Tempat ini dibangun pada sekitar pertengahan abad ke 15. Dahulu kala, ini merupakan sebagai salah satu gerbang kota yang mana merupakan salah satu tembok yang mengelilingi kota Amsterdam.

Saat ini, di dalam De Waag terdapat beberapa cafe, restoran, dan kedai kopi. Dengan demikian, tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin bersantai sejenak sambil menikmati arsitektur dari bangunan bersejarah ini.

Selain itu, biasanya pada saat weekend dan musim panas, De Waag juga menggelar sebuah pasar bahan pangan organik dan pasar barang antik. Wah, kayaknya seru banget ya sahabat explorer, bermacam-macam pemandangan ada semua nih di Belanda!

5. Kanal Amsterdam

liburan ke Belanda - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : pixabay

Liburan ke Belanda yang selanjutnya adalah wajib mengunjungi Kanal Amsterdam. Rasanya gak lengkap banget deh sahabat explorer kalau ke Belanda tapi tidak mengunjungi kanal-kanalnya ini. Kanal-kanal ini dibangun pada abad ke-17 dan menjadi kebanggaan dan simbol bagi warga Amsterdam dan tinggi akan nilai budaya. Pada tahun 2010, UNESCO akhirnya resmi memasukkan kanal Belanda ini menjadi situs warisan di dunia.

Kanal-kanal ini memiliki panjang sekitar 100 km. Menariknya, kalian bisa berkeliling kota dengan menggunakan perahu dari kanal tersebut loh sahabat explorer. Wah, pasti seru dan romantis nih jika kalian kesini bersama pasangan kalian. Terdapat 1.500 jembatan, dan juga bangunan-bangunan monumental, bersejarah dan arsitektur yang cantik, yang tentunya akan membuat mata kalian terpana. Pokoknya, wisata yang satu ini wajib banget dikunjungi deh sahabat explorer!

Sudah Siapkah ke Belanda?

Kira-kira itulah beberapa tempat wisata di Belanda yang kami rekomendasikan ke kalian. Semoga, beberapa tempat tersebut bisa masuk ke dalam itinerary liburan ke Belanda kalian. Pastinya, masih banyak lagi tempat menarik yang lainnya. Apakah salah satu dari kalian ada yang sudah traveling ke Belanda? Ceritakan pengalaman kalian di kolom komen kita ya! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar