Jawa Timur Liburan Keluarga

Sudah Pernah ke 4 Tempat Anti Mainstream Ini di Banyuwangi?

liburan keluarga di Banyuwangi - yoexplore, libruan keluarga - yoexplore.co.id
image source : nyero.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kota Banyuwangi memang sedang ‘galak’ nih pariwisatanya. Mulai dari gunung, hingga laut, kota ini menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa. Liburan keluarga di Banyuwangi kalian tentunya akan sangat menyenangkan nih sahabat explorer, karena kelengkapan pariwisatanya tersebut. Dan juga, ada fenomena Blue Fire Ijen yang cuma ada 2 di dunia! Tapi, ini diutamakan bagi kalian yang memang keluarga suka berpetualang nih sahabat explorer. Untuk mendaki Gunung Ijen tersebut membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam, dan kabar yang beredar sekarang, pintu masuk Ijen ini dibukanya jam 1 malam. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan fisik terlebih dahulu. Namun, bagi kalian yang membawa anak kecil, sepertinya mendaki Gunung Ijen saat ini bukan pilihan yang tepat nih sahabat explorer. Jangan kecewa ya! Masih ada beberapa tempat yang gak kalah keren ko!

Liburan Keluarga di Banyuwangi

Pada kesempatan kali ini, YoExplore akan memberikan beberapa destinasi liburan keluarga di Banyuwangi yang anti mainstream nih sahabat explorer. Dengan demikian, bagi kalian yang mungkin sudah berkeliling ke Baluran, Djawatan, Ijen dan Pantai Pulau Merah, maka kalian bisa singgah ke tempat-tempat ini. Pemandangan yang ditawarkan juga gawat kok sahabat explorer! Dijamin kalian bakalan puas deh. Selain itu, tempat ini tentu sangat Instagramable dan masih belum banyak orang yang mengunjungi. Soalnya, mereka semua pasti tertuju ke destinasi wisata yang sudah umum tersebut. Mungkin jika kalian liburan pada saat weekdays, destinasi-destinasi ini akan lebih sepi lagi nih sahabat explorer. Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya, ada apa aja sih tempat-tempatnya!

Baca Juga : Liburan Akhir Pekan ke Bengkulu!

1. Pantai Tabuhan

liburan keluarga di Banyuwangi - yoexplore, libruan keluarga - yoexplore.co.id

image source : banyuwangimerdeka

Liburan keluarga di Banyuwangi yang pertama adalah mengunjungi Pantai Tabuhan atau Pulau Tabuhan. Mungkin kalian sudah pernah mengunjungi yang namanya Pantai Pulau Merah, tapi yang satu ini udah belom? Tidak kalah menarik loh pemandangannya. Justru, banyak yang bilang ini jauh lebih keren dari pantai lainnya yang ada di Banyuwangi!

Jika kalian sedang berada di Pantai Watudodol, maka Pantai Tabuhan itu sudah bisa terlihat loh sahabat explorer. Terlihat sangat kecil dan dikelilingi dengan lautan yang berwarna biru terang tersebut. Walaupun letaknya berada di Laut Selat Bali, namun kepulauan yang satu ini tetap termasuk dalam Kabupaten Banyuwangi. Kalian bisa menyewa kapal di beberapa tempat untuk dapat mencapai Pulau Tabuhan ini.

Pulau ini memang tidak berpenghuni, dan tidak banyak pohon besar untuk meneduh. Jadi, kalian bisa ke sini hanya untuk bermain air saja nih sahabat explorer. Beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan adalah snorkeling, keliling pulau dan tentu saja foto-foto!

Kebayang gak sih gimana jernihnya lautan tersebut? Pastinya kalau kalian tidak snorkeling di tempat ini tuh bakalan nyesel deh! Jangan lupa untuk mengunjungi pantai ini saat di Banyuwangi ya sahabat explorer!

2. Agrowisata Kalibendo

liburan keluarga di Banyuwangi - yoexplore, libruan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wisatajatim.info

Liburan keluarga di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Agrowisata Kalibendo. Mungkin tempat yang satu ini kalah populer dengan Ijen, Baluran dan sebagainya. Namun, destinasi wisata yang ini wajib kalian kunjungi saat berlibur di Banyuwangi. Pasalnya, di tempat ini kalian bisa mencicipi kopi dan teh khas Banyuwangi, dan juga belajar bagaimana penanamannya loh sahabat explorer.

Oleh karena itu, tempat yang satu ini cocok bagi kalian yang memiliki anak-anak kecil, mereka bisa berlibur sambil belajar. Biar lebih mantap, mereka akan belajar langsung dengan para petaninya loh sahabat explorer. Bayangkan pengalaman yang mereka dapatkan dari ahlinya langsung, tentu bisa menambah wawasan mereka terhadap kekayaan Indonesia.

Selain itu, ada air terjun yang juga sangat cantik pemandangannya. Oia, tempat yang satu ini memang berada di kaki Gunung Ijen, oleh karena itu cuacanya sangat sejuk dan lumayan dingin nih sahabat explorer.

Ada beberapa jenis kopi yang bisa kalian cicipi di sini, seperti kopi Robusta dan kopi termahal di dunia yaitu Kopi Luwak. Enaknya lagi, kalian bisa berkeliling kebun dengan bersepeda loh! Kebayang kan bagaimana sejuknya suasana tersebut? Jangan lupa mampir ke sini saat di Banyuwangi ya!

3. Taman Nasional Meru Betiri

liburan keluarga di Banyuwangi - yoexplore, libruan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Liburan keluarga di Banyuwangi yang selanjutnya adalah mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri. Mungkin tempat yang ini juga kalah populer dengan Taman Nasional Baluran atau yang biasa disebut dengan Savana Bekol. Namun, tempat yang satu ini juga memiliki keunikannya tersendiri nih sahabat explorer.

Bisa dibilang, taman nasional yang satu ini merupakan habitat terakhir dari Harimau Jawa. Oleh karena itu, taman nasional yang satu ini sangat dijaga keasriannya. Bagaimana tidak, Harimau Jawa sekarang sudah termasuk sebagai hewan langka nih sahabat explorer, jadi harus dijaga habitat aslinya mereka. Apalagi infonya ini merupakan habitat terakhir mereka, bisa dibayangkan bagaimana sedikitnya populasi hewan yang satu ini.

Selain itu, kalian juga bisa menemukan berbagai macam hewan seperti Macan Tutul, Rusa, Kucing Hutan, Kera hingga Burung Merak.

Tidak hanya pemandangan flora dan fauna saja nih sahabat explorer, kalian juga bisa mengunjungi beberapa pantai yang ada di lokasi ini. Mulai dari Pantai Sukamade, Rajag Wesi yang merupakan salah satu tempat penangkaran penyu.

Oia, nama Taman Nasional Meru Betiri diambil dari nama gunung yang ada di wilayah tersebut, yaitu Gunung Meru dan Gunung Betiri.

By the way, jangan lupa mampir ke taman nasional yang satu ini ya! Gak kalah kece dengan Taman Nasional Baluran kok!

4. Teluk Biru

liburan keluarga di Banyuwangi - yoexplore, libruan keluarga - yoexplore.co.id

image source : travelingyuk

Liburan keluarga di Banyuwangi yang selanjutnya adalah mengunjungi Teluk Biru atau Blue Bay. Mungkin kalian lebih sering mendengar yang namanya Green Bay atau Teluk Hijau, tapi ada juga nih kembarannya. Pemandangannya tidak kalah menarik juga, dan bahkan ini merupakan tempat favorit wisatawan yang pecinta bahari.

Pemandangan yang ditawarkan adalah keindahan bawah laut. Terumbu Karang yang masih dijaga keasriannya dan juga beberapa ‘hiasan’ bawah laut lainnya, membuat para wisatawan sering snorkeling di tempat ini.

Kalian juga bisa menyewa perahu di tempat ini sambil mengelilingi teluk dan tentunya sambil melihat pemandangan bawah laut yang spektakuler.

Wisata Banyuwangi Yang Sedang ‘Galak’

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi liburan keluarga di Banyuwangi dari YoExplore. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan cerita dan pengalaman kalian saat traveling di kolom komentar dan Guest Post kami.

Oia, by the way kalian lagi kebingungan buat nyari hotel di Banyuwangi? Stay tune terus ya! Besok akan kami berikan rekomendasi hotel di Banyuwangi yang harganya dibawah 2 juta permalam. Bahkan, ada yang di bawah sejuta juga loh, tapi fasilitasnya bukan ecek-ecek! Simak besok ya! Selamat berlibur, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar