Jawa Barat Liburan Keluarga

Libur di Hari Kejepit? Ke Bogor Aja Yuk Yang Deket!

Liburan Keluarga di Bogor - yoexplore.co.id , Liburan Keluarga
image source : bogornet

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mungkin Indonesia ini merupakan salah satu negara yang banyak memiliki tanggal merah alias hari libur nasional. Karena negara ini memang mengesahkan lima agama, tidak heran jika pada akhirnya memang banyak tanggal merah. Biasanya libur tersebut memang berkaitan dengan perayaan hari raya agama tersebut, atau hal lainnya yang berkaitan. Maka dari itu, banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan momen tersebut untuk traveling. Liburan keluarga di Bogor, bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi liburan tanggal merah kalian tersebut. Biasanya, orang-orang paling senang jika tanggal merah tersebut jatuh pada hari Jumat, wah, jadinya malah long weekend nih! Pasti kegiatan yang satu ini sangat cocok untuk kalian, jaraknya dekat, dan kegiatannya juga sangat menyenangkan!

Liburan Keluarga di Bogor

Artikel kali ini memang akan membahas mengenai destinasi wisata di Bogor yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga, teman-teman, atau bahkan sendiri. Bogor merupakan sebuah kota yang memang tidak berjarak jauh dengan Jakarta, sehingga memang sangat cocok untuk liburan singkat seperti ini. Terutama bagi kalian yang sudah berkeluarga, karena tempat-tempat yang kami berikan sangat pas untuk mengajak anak-anak. Kota yang terkenal dengan kuliner Soto Mie Bogor ini, memiliki destinasi wisata yang beragam, mulai dari tempat rekreasi, hingga pemandangan alami yang sangat indah. Penasaran di mana saja tempatnya? Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : Bingung Akhir Oktober Mau Kemana? Festival Ini Mungkin Bisa Jadi Tujuan Kalian!

1. Kebun Raya Bogor

Yang pertama, tentu mengunjungi Kebun Raya Bogor. Di tempat ini, kalian bisa mengajak anak-anak kalian untuk bermain sambil belajar. Kebun Raya ini dibuat oleh Sir Thomas Raffles pada tahun 1817. Kebun ini memiliki luas area sekitar 87 hektar. Ada sekitar 15.000 spesimen tanaman yang tentunya akan membuat udara di sekitar area ini sangat sejuk. Kalian bisa menyewa sepeda untuk berkeliling Kebun Raya Bogor ini.

Taman ini memiliki beberapa tema yang unik dan pastinya sangat bagus untuk memberi pengetahuan baru bagi si kecil. Selain itu, tema tersebut juga memberikan informasi bagaimana asal usul dari perkebunan. Oia, kalian juga bisa melihat Istana Presiden dari kejauhan loh, tapi sayangnya ini bukan tempat untuk umum.

Selain itu, kalian bisa masuk ke dalam Museum Zoologi yang berada tidak jauh dari kawasan Kebun Raya Bogor. Di dalamnya, terdapat banyak sekali replika fosil dari binatang purba berbagai jenis. Dari serangga hingga dinosaurus, namun di tempat ini kalian harus sangat menjaga anak kalian ya, jangan sampai merusak salah satu replika tersebut.

Pokoknya, menghabiskan waktu liburan keluarga di Bogor seharian di sini tuh seru banget deh!

2. Taman Safari Bogor

Selanjutnya adalah Taman Safari, siapa yang gak tau tempat yang satu ini? Sudah bukan rahasia lagi kalau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi masyarakat, khususnya di Jabodetabek. Berbagai macam fauna ada di sini, kalian mengendarai mobil atau menaiki bus Safari, dan mulai berkeliling mengikuti jalur yang ada.

Mulai dari Rusa, Unta, Burung, Ilama, hingga ke yang buas seperti Singa, Beruang, Macan, dan lainnya. Namun untuk 3 binatang terakhir yang disebutkan, kalian semua wajib menutup kaca kalian, dan hanya melihat dari dalam mobil saja. Tidak perlu takut, karena disana ada para penjaga dengan mobilnya yang selalu siaga jika terjadi sesuatu.

Setelah kalian menikmati Safari Journey, kalian akan memasuki sebuah kawasan arena bermain dan atraksi. Terdapat atraksi binatang seperti atraksi lumba-lumba, sirkus macan, atraksi koboy, dan yang lainnya. Tidak lupa juga, terdapat sebuah baby zoo atau binatang bayi, tentu anak-anak kalian akan sangat senang melihat binatang yang imut-imut ini.

Yang terbaru dari Taman Safari belakangan ini adalah, adanya Istana Panda, hewan menggemaskan ini pada akhirnya bisa kalian lihat secara langsung di Taman Safari. Selain itu, terdapat juga arena bermain wahana dan juga restoran untuk mengisi perut kalian. Pokoknya ini bakalan menjadi hari yang sangat seru!

3. Wisata Curug (Air Terjun)

Liburan keluarga di Bogor yang selanjutnya adalah mengunjungi Curug atau Air Terjun. Yang pertama, kalian bisa mengunjungi Curug Nangka, jaraknya hanya sekitar 30-35 menit dari kota Bogor. Curug Nangka adalah air terjun yang dimana terdapat beberapa kolam kecil untuk berenang anak-anak kalian.

Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi Curug Luhur, Curug yang satu ini lebih tinggi daripada Curug Nangka, yaitu sekitar 62 meter. Terdapat kolam renang, water boom, restoran, masjid dan lain-lain.

Tidak jauh dari area Air Terjun, terdapat sebuah Pura Hindu yang bernama Parahyangan Agung Jagatkarta. Pura ini dibangun pada tahun 1955 sebagai pusat kegiatan untuk Agama Hindu. Namun, tempat ini juga dibuka untuk umum bagi wisatawan yang mau berkunjung. Kalian dapat menikmati pemandangan Gunung Salak dan hijaunya perbukitan. Oia, jangan lupa bawa jaket ya sahabat explorer, karena tempat ini berada di dataran tinggi, maka cuacanya akan dingin banget. Kalau sampai gak bawa, bisa kerepotan kalian nanti!

4. Perkebunan Teh dan Paralayang

Kalau liburan keluarga di Bogor kayaknya gak sah nih kalau gak mengunjungi perkebunan teh dan bermain Paralayang. Menurut sejarahnya, perkebunan teh ini sudah dimulai sejak era kolonial Belanda pada tahun 1720, namun proyek ini selalu gagal dan pada akhirnya baru bisa berhasil seabad kemudian.

Di perkebunan Teh Gunung Mas, kalian tentu dapat menikmati udara sejuk dan panorama indah dengan berkeliling kebun. Kalian juga bisa masuk ke dalam pabrik loh sahabat explorer, untuk melihat bagaimana proses daun teh hingga menjadi teh siap seduh dalam kemasan. Kalian bisa menikmati fasilitas bersepeda, menunggang kuda, dan bahkan mengendarai ATV.

Setelah dari Kebun Teh Gunung Mas, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Puncak Gantole untuk bermain Paralayang. Lokasinya dekat dengan masjid At-ta’awun. Kalian jangan lupa memakai pakaian yang nyaman ya, karena udara saat sedang terbang itu tentu sangat dingin.

Bagi kalian yang memang tidak memiliki pengalaman untuk Paralayang, tentu tidak masalah, karena kalian bisa terbang bersama dengan pilot atau instruktur yang ada di sana. Tentu ini menjadi penutup liburan yang sangat luar biasa ya sahabat explorer!

Siap-Siap Tunggu Tanggal Merah Ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata liburan keluarga di Bogor yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Tentu ini akan sangat mengisi waktu liburan kalian yang singkat. Bukan hanya dekat dari Jakarta saja, namun objek wisata di Bogor yang kalian kunjungi ini, juga sangat seru dan menambah wawasan bagi anak kalian. Bagi kalian yang punya destinasi wisata lainnya di wilayah Bogor, boleh share ceritanya di kolom komentar kami ya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar