Liburan Keluarga

Libur Panjang? Wisata Bahari di Halmahera Yuk!

liburan keluarga di halmahera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : wisatadiiinondesia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang memiliki ribuan pulau yang mengelilingi. Dihiasi dengan lautan yang sangat cantik, maka tidak heran jika keunggulan pariwisata di Indonesia adalah wisata Bahari. Bagi masyarakat Indonesia, mengunjungi pantai merupakan hal yang sangat lumrah. Hampir di setiap kota, memiliki jarak pantai yang cukup dekat dengan pusat kota. Oleh karena itu, jika hanya untuk sekedar melepas penat sehabis beraktivitas, pantai biasanya menjadi pilihan yang sangat tepat bagi masyarakat Indonesia. Salah satu wisata bahari yang menarik di Indonesia ini ada di Halmahera nih sahabat explorer. Liburan keluarga di Halmahera tentu bisa menjadi pilihan yang anti mainstream bagi keluarga kalian. By the way, kalian sudah pada tahu belum Halmahera itu ada di mana?

Liburan Keluarga di Halmahera

Halmahera merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Maluku. Pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Pulau Halmahera memiliki luas tanah 17.780 kilometer persegi. Tidak heran nih sahabat explorer, keindahan pulau ini sudah mendunia loh. Lihat saja pemandangannya pada gambar di atas, tentu sangat memanjakan mata. Selain itu, ada banyak aktivitas dan destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi. Kepulauan ini tentu akan membuat kalian merasa rindu sesaat meninggalkannya. Layaknya Jogjakarta, setelah kalian mengunjungi pulau ini, maka rasanya mau balik lagi deh! Penasaran ada apa saja di Pulau Halmahera ini? Langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Kalian Tau Gak Fauna Asli Indonesia Ini?

1. Pulau Tagalaya

liburan keluarga di halmahera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Liburan keluarga di Halmahera yang pertama adalah mengunjungi Pulau Tagalaya. Pulau terpencil ini masuk ke dalam wilayah kota Tobelo. Tempat yang satu ini memiliki arus pantai yang cukup tenang dan tentunya sangat mempesona akan keindahannya. Bagi kalian yang memang berlibur untuk mencari ketenangan, maka pulau ini adalah jawaban yang tepat.

Pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat bersih dan halus, dan juga di bagian paling utaranya kalian dapat melihat batu karang yang sangat indah. Bagi siapapun yang berkunjung, jangan dirusak ya, hehe kalau hanya berfoto saja boleh kok!

Bagi kalian yang suka snorkeling, tempat ini cocok banget nih, karena masih banyak terumbu karangnya yang sangat cantik dan alami. Selain itu, kalian juga bisa melihat keanekaragaman biota laut yang ada di laut Pulau Tagalaya ini. Dijamin gak akan nyesel deh sahabat explorer! Gak percaya? Langsung berangkat aja ke pulaunya!

Di pantainya, kalian juga bisa melihat beberapa tanaman Pohon Bakau yang tumbuh dengan sangat subur di tempat ini. Pemandangannya sudah jelas Instagramable nih sahabat explorer. Belum tertarik mengunjungi Halmahera? Simak terus dulu aja ulasannya! Dijamin setelah ini kalian bisa berubah pikiran deh.

2. Gunung Api Dukono

liburan keluarga di halmahera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : majalahviaggio

Liburan keluarga di Halmahera yang selanjutnya adalah mengunjungi Gunung Api Dukono. Gunung ini merupakan salah satu gunung volcano aktif di Indonesia loh sahabat explorer. Walaupun memang kalah pamor dengan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa, namun pemandangan dari atas gunung ini juga tidak kalah menakjubkan. Bagi kalian keluarga petualang, maka boleh banget nih dicoba hiking gunung yang satu ini.

Memiliki ketinggian 1.185 meter di atas permukaan laut, sehingga membuat gunung ini memang tidak setinggi Gunung Semeru atau gunung-gunung yang ada di Papua. Dalam sehari saja kalian bisa kok mencapai puncak dari gunung ini.

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan ya sahabat explorer, utamakan keselamatan. Maksudnya, kalian harus mentaati peraturan untuk mendaki gunung yang satu ini. Gunung Dukono merupakan gunung api yang paling aktif yang ada di Halmahera, jadi kalian harus lihat kondisi terlebih dahulu nih. Selain itu, kalau sedang musim hujan, medan gunung ini akan menjadi sangat licin, oleh karena itu kalian harus berhati-hati ya. Jangan sampai memakai sepatu yang tidak tahan licin, bisa repot urusannya!

Sesampainya di puncak, kalian akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa. Dengan demikian tidak heran nih, jika gunung yang satu ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan terutama mereka pecinta alam. Kalau sudah mengunjungi Halmahera, pasti menjadi kewajiban nih untuk mendaki gunung yang satu ini.

3. Taman Laut Tobotobo

liburan keluarga di halmahera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; yachser

Liburan keluarga di Halmahera yang selanjutnya adalah mengunjungi Taman Laut Tobotobo. Ini merupakan salah satu pariwisata andalan di Halmahera, dan wajib dikunjungi bagi kalian para pecinta bahari. Tentunya, pemandangan bawah lautnya sangat memukau nih sahabat explorer. Jika kalian sudah memiliki anak yang sudah cukup umur, maka kalian harus mengajak mereka yang namanya diving. Taman laut yang satu ini merupakan salah satu spot diving terbaik di Halmahera, jadi dijamin gak akan nyesel deh.

Selain menikmati keindahan biota dan taman laut di Totobo, kalian juga bisa menyaksikan pemandangan unik di bagian daratnya nih sahabat explorer. Salah satunya adalah kalian dapat melihat ribuan kelelawar yang hidup di antara pepohonan bakau yang tumbuh subur di sana. Tentunya kalau mereka lagi tertidur, akan menjadi spot foto yang sangat bagus loh sahabat explorer, yang penting jangan diganggu ya!

Selain itu, ada juga tempat mandinya burung merpati putih/ biru nih di sini. Pastinya ini menjadi pemandangan yang sangat langka loh sahabat explorer, jangan lupa diabadikan di dalam lensa kamera kalian ya.

4. Telaga Duma-Galela

liburan keluarga di halmahera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : maririlex.blogspot

Liburan keluarga di Halmahera yang selanjutnya adalah mengunjungi Telaga Duma-Galela. Telaga ini merupakan telaga terbesar yang ada di Halmahera. Bisa dilihat kan pemandangannya luar biasa banget! Kalian pasti betah deh berlama-lama di tempat ini. Setelah aktivitas seharian yang melelahkan, kalian bisa bersantai nih di telaga ini.

Telaga ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi masyarakat Halmahera. Diperkirakan, di kawasan telaga ini Injil pertama kali masuk di Halmahera yang dibawa oleh misionaris kristen asal Belanda yang bernama Van Dyken pada tahun 1816. Lokasinya juga berada di Tobelo, tepatnya 26 kilometer ke arah utara.

Dekat dengan telaga ini, terdapat beberapa telaga lain yang memiliki ukuran lebih kecil, yaitu Telaga Ngidiho dan Makete. Ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan di sini, seperti berenang, mendayuh perahu dan tentunya memancing. Pokoknya kegiatannya sangat santai deh sahabat explorer, cocok banget untuk menghabiskan waktu sore bagi kalian yang mungkin sudah bosan melihat sunset di pantai.

Nikmati Keindahan Pulau di Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi destinasi liburan keluarga di Halmahera yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman liburan kalian di Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu ditulisan lainnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar