Liburan Keluarga

Liburan di Kota-Kota Ini Bikin Kalian Gak Mau Keluar Negeri!

liburan keluarga di indonesia - yoexplore, Liburan Keluarga - YOEXPLORE.co.id
image source : traveltoday

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Liburan keluarga di Indonesia, juga tidak kalah kerennya dengan liburan di luar negeri. Bagi kalian yang memang pecinta traveling, pasti akan mengakui hal tersebut. Apalagi jika kalian termasuk salah satu orang yang pernah berkeliling Indonesia. Tentunya kalian sudah menjadi saksi akan keindahan alam yang asri di Nusantara. Selain itu, budaya dan adat istiadat yang kaya dan unik, juga menjadi nilai tambah dari keindahan Indonesia itu sendiri. Kuliner juga termasuk dalam kategori traveling di Indonesia yang menjadi daya tarik hingga ke luar negeri. Banyak wisatawan asing yang sangat tertarik dengan cita rasa kuliner khas Indonesia yang memang sangat lezat dan beragam. Mulai dari rasa manis, asam, asin, pedas dan lain-lain, ada semua di Indonesia. Pokoknya Indonesia itu keren!

Liburan Keluarga di Indonesia

Bagi kalian yang merencanakan libur panjang, tentu kota- kota di Indonesia juga termasuk dalam pilihan kalian dong. Ada beberapa kota yang memang objek wisatanya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Beberapa kota tersebut akan kita bahas nih sahabat explorer, pastinya kota-kota tersebut sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Mulai dari pemandangan alam yang menawan, hingga destinasi wisata buatan manusia yang tidak kalah keren dengan destinasi wisata yang ada di luar negeri. Seperti Jatim Park Malang, tentu itu juga bisa dibilang sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia loh! Yaudah yuk sahabat explorer, langsung kita bahas aja kota-kota keren yang ada di Indonesia tersebut!

Baca Juga : Wisata Unik Ini, Cuma Indonesia Yang Punya!

1. Raja Ampat

liburan keluarga di indonesia - yoexplore, Liburan Keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : liveabroad

Liburan keluarga di Indonesia yang pertama, kalian bisa mengunjungi The Last Paradise On Earth alias Raja Ampat, Papua, Indonesia. Siapa sih yang gak bilang tempat ini keren? Bahkan saking kerennya, banyak yang bercanda dan bilang “apakah tempat ini nyata?”, hehe. Saking keren dan alaminya, turis mancanegara juga bela-belain nih untuk berkunjung ke sini.

Primadona di Raja Ampat sudah jelas adalah wisata baharinya. Bagi kalian penggemar snorkeling atau diving, tentu tempat ini adalah surganya. Tersedia puluhan titik spot untuk penyelaman, dan kalian bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menawan. Selain itu, kalian juga bisa melihat Pari Manta yang tentunya tidak berbahaya bagi manusia. Pokoknya, kalian bakal ketagihan kalau berkunjung ke sini deh!

Ikon dari Papua itu sendiri adalah Burung Merak, kalian juga bisa berkunjung ke salah satu bukit yang ada di Papua, dan melihat habitat asli dari fauna tersebut. Jika kalian sedang datang pada saat musim kawin, maka kalian akan melihat bagaimana burung jantan tersebut memamerkan keindahannya untuk memikat hati betina. Pasti bakalan lucu dan keren!

2. Mentawai

liburan keluarga di indonesia - yoexplore, Liburan Keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : histori.id

Liburan keluarga di Indonesia yang selanjutnya adalah mengunjungi Kepulauan Mentawai. Pulau yang satu ini dipisahkan oleh Samudera Hindia dari daratan utama di Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Jaraknya sekitar 150 mil dari Padang, sehingga lumayan memakan waktu yang cukup lama untuk menyebrang, namun kalian akan takjub dengan pemandangan laut saat menyebrang tersebut. Gradasi warna air yang juga jernih, pasti akan menghipnotis kalian semua.

Kepulauan Mentawai, masih ditinggali dengan suku asli Mentawai yang adat dan budayanya masih sangat melekat. Kalian akan melihat mereka dengan menggunakan pakaian adat, dan juga memiliki tato yang dibuat dengan alat tradisional loh. Kalian bisa belajar budaya Mentawai di sini langsung dengan suku aslinya, tentunya akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi anak-anak kalian.

Selain itu, Mentawai terkenal dengan ombaknya yang sangat bagus untuk berselancar, bahkan beberapa tahun yang lalu, sempat dibuat sebuah festival surfing yang bertaraf Internasional loh! Jadi, tidak heran jika kalian akan banyak bertemu dengan bule-bule yang hobi berselancar nih. Bagi kalian yang mau berselancar atau belajar berselancar, di sini merupakan tempat yang sangat cocok!

Keunikan lainnya, kalian juga bisa belajar membuat Sagu bersama masyarakat lokal, karena ini merupakan makanan pokok dari mereka. Sagu Mentawai tentu berbeda dengan Sagu lainnya yang ada di Indonesia. Penasaran cara membuatnya? Langsung saja pesan perjalanan kalian ke Mentawai!

3. Aceh

liburan keluarga di indonesia - yoexplore, Liburan Keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : wikipedia

Liburan keluarga di Indonesia yang selanjutnya adalah mengunjungi Aceh. Kota yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekkah ini, memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah keren dengan kota-kota lainnya. Di dalam kota, kalian bisa menikmati city tour dan melihat Masjid Baiturrahman yang sangat megah dan memiliki arsitektur yang sangat cantik.

Jika kalian mau untuk ke pinggir sedikit, kalian bisa menyebrang ke Pulau Banyak dan menikmati Island hopping di sana. Selain itu, terdapat salah satu penangkaran Penyu Hijau yang cukup besar di Indonesia. Tentunya ini akan sangat menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak kalian, karena ini bisa menjadi edukasi bagi mereka tentang bagaimana perkembangbiakan hewan imut yang satu ini.

Selain itu, kalian bisa berkunjung ke Sabang untuk melihat tugu yang tentunya sangat menarik dikunjungi. Apa itu? Jawabannya adalah tugu Kilometer 0 Indonesia! Wah, ini paling ujungnya barat Indonesia loh sahabat explorer, pasti kalian akan merasa sangat kagum jika bisa berkunjung dan tentunya mengabadikan foto kalian di depan tulisan “Kilometer 0 Indonesia” tersebut!

4. Pulau Derawan, Kalimantan

liburan keluarga di indonesia - yoexplore, Liburan Keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : jonnymelon

Kepulauan Derawan merupakan kepulauan dengan gugusan 31 pulau-pulau kecil di sekitarnya. Berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Derawan telah menarik banyak wisatawan menjelajahi tempat ini. Tentunya, yang paling diburu oleh para wisatawan adalah pemandangan bawah lautnya lagi nih sahabat explorer, sudah jelas menawarkan pemandangan biota laut yang berbeda dari yang lainnya.

Di Talisayan, kalian bisa berenang dengan Hiu Paus, namun kalian tidak usah takut, karena hiu yang satu ini tidak berbahaya kok. Makanan kegemaran mereka adalah Plankton, jadi kalian gak usah mikir yang macam-macam ya, hehe.

Selain itu, ada juga danau alami yang terbentuk karena air laut yang masuk dan bercampur dengan air tanah dan air hujan sekitar 2 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, danau yang satu ini merupakan tempat yang bagus untuk ubur-ubur untuk berkembangbiak. Namun, kalian tidak perlu takut, karena ubur-ubur ini tidak beracun, sehingga kalian tentu bisa berenang bersama mereka, dan jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera underwater kalian ya! Pastinya bakalan keren banget deh!

Nikmati Wisata Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa kota untuk liburan keluarga di Indonesia yang bisa kalian kunjungi. Dijamin kalian tidak akan bosan deh menginap lama di kota-kota tersebut, karena yang barusan kami sampaikan, tidak secara menyeluruh, masih banyak objek wisata lainnya yang ada di kota-kota tersebut. Silahkan kalian baca di Magazine kami ini ya! Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk share pengalaman kalian di kolom komentar. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar