Jakarta Liburan Keluarga

Staycation di Jakarta? Kenapa Enggak!

Liburan Keluarga di Jakarta - Explore Indonesia, Liburan Keluarga - yoexplore.co.id
image source : thejakartapost

Explore Indonesia, Liburan keluarga – Berwisata memang menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain menghibur diri, wisata juga tentu dapat menambah wawasan, kepedulian dan teman baru. Apalagi jika kalian mungkin salah satu penggemar fotografi, biasanya kalian mencari tempat wisata yang memang bagus untuk difoto. Kegiatan liburan keluarga di Jakarta memang bisa dilakukan dalam sehari saja. Tentunya, akan lebih enak jika dilakukan pada hari minggu atau tanggal merah. Pastinya kalian pada tau dong gimana macetnya Jakarta kalo saat weekdays atau hari kerja, sukur-sukur bisa sampai tempat wisatanya tepat waktu ya sahabat explorer. Ada gak dari kalian yang memang suka menghabiskan waktu libur dengan berjalan-jalan menikmati kota Jakarta? Ternyata banyak tempat yang bisa kalian kunjungi loh!

Liburan Keluarga di Jakarta

Selain kemacetannya yang berlimpah, ternyata destinasi wisata yang ada di Jakarta juga banyak dan seru-seru loh sahabat explorer. Cocok banget untuk menghabiskan waktu bersama keluarga kalian. Belum lagi dengan kuliner-kuliner yang sangat menarik seperti misalnya Gado-Gado Cemara di Jakarta Pusat, Bakso Titoti di Jakarta Barat, dan masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa kalian kunjungi. Namun, memang ada apa aja sih destinasi wisata menarik yang ada di Jakarta? Yaudah, langsung kita simak aja yuk ulasannya sahabat explorer! Langsung scroll ke bawah ya!

Baca Juga : Siapa Bilang Jakarta Ga Seru?

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Liburan Keluarga di Jakarta - Explore Indonesia, Liburan Keluarga - yoexplore.co.id

image source : teluklove

Pelabuhan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di wilayah Jakarta Utara. Tepatnya sekitar 4,5 km dari Kota Tua. Bagi kalian yang berkeluarga, mending naik kendaraan aja ya kesana, walaupun sebenarnya jalan kaki juga cuma sekitar 25-30 menit, hehe.

Setelah kalian masuk ke dalam kawasan ini, akan terlihat pemandangan kapal-kapal pinisi seperti di gambar. Banyak kapal tersebut yang sedang diisi oleh barang karena mau diberangkatkan ke pelabuhan lain.

Kalian bisa menyewa perahu dari para nelayan yang menawarkan jasanya untuk berkeliling sekitar pelabuhan. Selain pemandangan parkiran kapal ini yang sangat cantik untuk difoto, kalian juga bisa memotret mercusuar saat sambil berkeliling dengan menggunakan perahu.

Kalian juga bisa menyewa kapal sampan untuk berkeliling, dan juga melihat aktivitas bongkar muat barang yang mungkin menjadi salah satu pemandangan langka di Jakarta.

Satu lagi, kalian tentu tidak akan meninggalkan pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik di penghujung sore. Memang waktu yang pas untuk mengunjungi tempat ini itu ya sore-sore sahabat explorer, karena sedang banyak kegiatan dan pemandangan indah laut lainnya.

2. Kota Tua (Batavia)

Liburan Keluarga di Jakarta - Explore Indonesia, Liburan Keluarga - yoexplore.co.id

image source : bloggerjakarta

Liburan keluarga di Jakarta yang selanjutnya adalah mengunjungi Kota Tua. Tentu saja ini merupakan tempat wajib yang harus kalian kunjungi saat berbicara mengenai wisata di Jakarta. Bisa dibilang ini adalah salah satu ikon Jakarta lainnya selain Monas. Memiliki arsitektur kuno yang masih dipertahankan keasliannya, dan juga dekat dari salah satu jembatan yang berusia sekitar 400 tahun.

Salah satu objek wisata yang paling melekat dari Kota Tua itu sendiri adalah Museum Fatahilah. Museum ini bisa dibilang sebagai saksi bisu bagaimana Indonesia bisa meraih sebuah kemerdekaan. Sebelumnya ini bernama Museum Batavia, namun sempat ganti nama beberapa kali pada saat zaman dan setelah VOC. Pada akhirnya berubah menjadi Museum yang seperti kita ketahui sekarang. Oleh karena itu, di dalamnya masih banyak peninggalan zaman Belanda yang masih tersusun dengan rapi.

Dekat dengan tempat tersebut, ada juga Stasiun Jakarta Kota yang memiliki arsitektur yang sangat kuno dan indah. Stasiun yang didirikan pada tahun 1929 ini tentu terasa berbeda dengan stasiun-stasiun yang ada di Jakarta lainnya. Rasakan sendiri keunikannya saat kalian mengunjungi stasiun yang legendaris ini.

Masih ada juga tempat wisata lain di sekitaran Kota Tua seperti Museum Bank Indonesia, Museum Bahari, Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

3. Museum Layang Layang

Liburan Keluarga di Jakarta - Explore Indonesia, Liburan Keluarga - yoexplore.co.id

image source : wisatasekolah

Selanjutnya, kalian dapat jalan-jalan di Jakarta bersama anak kalian dengan mengunjungi Museum Layang-Layang. Mungkin, banyak anak-anak zaman sekarang yang merasa  bosan dan tidak betah apabila mengunjungi sebuah Museum. Namun, lain halnya dengan museum yang satu ini. Siapa sih anak-anak yang tidak suka bermain dengan layang-layang? Sepertinya hampir semua anak suka ya sahabat explorer. Di Museum Layang-Layang, anak-anak tentu dapat melihat berbagai macam layang-layang dan juga dengan berbagai macam ukuran. Selain itu, terdapat juga layang-layang dari mancanegara.

Terdapat beberapa jenis layang-layang, seperti yang tradisional yang berbentuk seperti berlian, dan ada juga yang modern dengan kreasi seperti dua dimensi atau bahkan tiga dimensi. Selain itu, anak-anak tidak hanya melihat berbagai macam jenis layangan saja loh sahabat explorer. Mereka juga dapat belajar untuk membuat layang-layang yang alatnya dipersiapkan oleh pengelola Museum. Bagaimana? Seru banget deh pokoknya, dan bukan cuma anak-anak kalian saja loh yang bisa bikin, kalian sebagai orang tua juga bisa!

Kenali Jakarta Lebih Dalam Lagi!

Nah, sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga di Jakarta yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga. Lumayan banget nih untuk menghabiskan waktu kalian di hari libur, selain semakin dekat dengan keluarga, kalian juga akan semakin mengenal sejarah Indonesia tepatnya Jakarta lebih dalam lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, dan apabila kalian tau destinasi wisata di Jakarta lainnya, langsung share di kolom komentar kami ya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar