Liburan Keluarga Sumatera

Menikmati Keindahan Kepulauan Nias

liburan keluarga di Kepulauan Nias - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : idntimes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, jika berbicara mengenai keindahan alam Indonesia, maka memang tidak akan ada habisnya. Mulai dari ujung Papua hingga ujung Sumatera memiliki andalan pariwisatanya masing-masing. Belum lagi pulau-pulau lainnya seperti di Sulawesi, Jawa, dan juga Kalimantan yang memiliki keindahannya masing-masing. Jika berbicara mengenai liburan keluarga, maka kami punya saran baru untuk kalian nih. Mungkin bosan dengan Bali atau Yogyakarta, kalian bisa mengunjungi Pulau Sumatera sahabat explorer. Tepatnya berada di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Liburan keluarga di Kepulauan Nias juga bisa menjadi pilihan utama bagi kalian yang ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda. Pemandangan yang indah dan tentunya berbeda dari yang lainnya menjadi daya tarik mengapa kepulauan ini layak untuk disambangi.

Liburan Keluarga di Kepulauan Nias

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan membahas mengenai beberapa destinasi liburan keluarga di Kepulauan Nias yang dapat kalian kunjungi. Wisata kali ini memang bertemakan pantai dan pulau-pulau kecil sahabat explorer, wajar saja karena namanya juga kepulauan jadi destinasinya penuh dengan pantai-pantai indah. Kira-kira ada apa saja ya? Baiklah kalau begitu mari langsung kita simak yuk ulasannya sahabat explorer! Cekidot ya!

Baca Juga : Cari Jajanan Pasar Yang Unik? Ada di Jogja Nih!

1. Pantai Tureloto

liburan keluarga di Kepulauan Nias - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pegipegi

Liburan keluarga di Kepulauan Nias yang pertama adalah mengunjungi Pantai Turetelo. Pantai yang satu ini merupakan pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Pantai ini memang sangat cantik dengan warna birunya yang mencolok, tidak heran pantai yang satu ini menjadi andalan destinasi wisata di Nias. Warna airnya yang kontras dengan pasir dan juga bebatuan di pantainya menjadi daya tarik sendiri. Kecantikan inilah yang membuat mengapa banyak turis lokal dan mancanegara berkunjung ke tempat ini.

Pada tahun 2005, kawasan ini mengalami perubahan yang signifikan karena efek gempa. Sekarang kalian bisa melihat banyak batu karang di pantai yang justru menambah kecantikan dari Kepulauan Nias tersebut. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini justru siang hari sahabat explorer, berbeda dengan pantai lain yang mungkin di pagi hari atau sore hari. Kenapa? Karena pemandangan gradasi air lautnya itu sungguh luar biasa! Siapapun bakalan takjub deh sama pemandangannya! Gak percaya? Langsung aja buktikan sendiri!

2. Pulau Asu

liburan keluarga di Kepulauan Nias - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pinouva

Liburan keluarga di Kepulauan Nias yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Asu. Pulau ini bukan berartikan pulau yang banyak anjing atau sebuah umpatan ya sahabat explorer. Memang sudah namanya pantai ini adalah Pulau Asu. Keindahannya sangat menawan, seperti yang ada pada di gambar. Pantai pasir putih yang sangat bersih, lalu dihiasi dengan gradasi warna air laut biru muda dan biru tua yang tidak begitu jauh. Selain itu juga terdapat banyak kapal tradisional yang bertengger di pinggir pantai dan menambah kecantikan dari pantai yang satu ini. Warna airnya bening banget sahabat explorer, jadi kalian bisa melihat keindahan dasar laut hanya dari atas kapal saja. Tergolong pantai yang cukup sepi pengunjung dan juga penduduk, jadi bisa dibilang ini masih menjadi hidden paradise di Indonesia. Kejernihannya tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Raja Ampat deh!

3. Pantai Lagundri

liburan keluarga di Kepulauan Nias - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pemburuombak

Liburan keluarga di Kepulauan Nias yang selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Lagundri. Tempat yang satu ini memang sudah terkenal dengan keindahan dan kecantikan pantainya sahabat explorer. Selain itu, ombak yang cukup tinggi menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk kegiatan berselancar. Jadi jangan heran, jika turis asing justru banyak yang berdatangan ke tempat ini dibandingkan dengan turis lokal sahabat explorer.

Karena tinggi ombaknya yang pas dan sesuai dengan rata-rata, maka sering juga diadakan lomba dengan taraf nasional dan bahkan internasional di tempat ini. Oleh karena itu, di tempat ini juga tersedia resort yang mewah sahabat explorer. Potensi yang dimiliki dari Pantai ini memang sangat baik, jadi cocok bagi kalian yang ingin merasakan sensasi surfing di Indonesia! Gak harus keluar negeri kan?!

4. Fahombo

liburan keluarga di Kepulauan Nias - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : alampedia

Liburan keluarga di Kepulauan Nias yang selanjutnya adalah mengunjungi Fahombo. Jika kalian anak 90-an, pasti familiar nih dengan gambar di atas yang pernah dijadikan gambar pada mata uang Rp 1.000 pada waktu itu. Di salah satu sisinya terdapat gambar seorang pria sedang meloncati batu sahabat explorer, atraksi inilah yang disebut dengan Fahombo. Atraksi ini merupakan ritual adat yang sangat khas dari Nias. Bahkan, kegiatan yang satu ini sudah menjadi daya tarik untuk wisata loh sahabat explorer! Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk melihat atraksi ritual tersebut.

Pada masa awalnya, kegiatan Fahombo ini merupakan sebuah ritual untuk memperlihatkan kedewasaan sang anak. Sejak dari kecil, anak laki-laki di Nias sudah dipersiapkan untuk melakukan atraksi ritual ini. Jika mereka berhasil, maka mereka dianggap sudah cukup dewasa untuk menjadi prajurit dan sudah bisa menikah. Namun, karena banyak peminatnya, maka ritual ini juga sudah mulai dipertontonkan untuk keperluan dan menghibur para turis yang berkunjung.

Pesan Tiket Pesawatnya di Qloti Ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga di Kepulauan Nias yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar