Liburan Keluarga Sumatera

Menikmati Liburan Keluarga di Lampung Tengah

liburan keluarga di lampung - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id
image source : rubrikmedia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mengunjungi Lampung bisa menjadi pilihan yang sangat seru dan menarik. Selain memiliki wisata sejarah yang luar biasa, masih ada destinasi liburan keluarga di Lampung yang lainnya yang tidak kalah menarik. Bagi kalian yang memang penasaran, YoExplore akan memberikan rekomendasi tempat-tempatnya. Tentu saja beberapa tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi keluarga yang mempunyai anak kecil. Di Indonesia itu memang masih banyak sekali sahabat explorer tempat wisata yang masih belum terekspos. Oleh karena itu, kami selalu memberikan kalian rekomendasi tempat yang memang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya adalah Lampung Tengah ini nih sahabat explorer. Banyak sekali potensi wisata yang berada di tempat ini, yang tentunya memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Liburan Keluarga di Lampung Tengah

Jika kalian sedang bingung untuk mencari destinasi liburan di Indonesia yang tidak mainstream, maka Lampung Tengah adalah salah satu jawabannya. Provinsi yang terkenal dengan Way Kambas ini, memiliki potensi wisata yang mungkin masih jarang didatangi oleh para wisatawan dari luar kota Lampung. Bisa dibilang, kota yang satu ini kaya akan potensi wisata dan hasil alamnya loh sahabat explorer. Karena Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Jadi, saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa sekalian icip-icip kopi robusta khas Lampungnya ya. Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasan liburan keluarga di Lampung!

Baca Juga : Sudah Pernah ke 4 Tempat Anti Mainstream Ini di Banyuwangi?

1. Air Terjun Curup Tujuh

liburan keluarga di lampung - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : tribun

Liburan keluarga di Lampung Tengah yang pertama adalah mengunjungi Air Terjun Curup Tujuh. Indonesia ini memang dilimpahi dengan yang namanya air terjun ya sahabat explorer. Hampir di setiap daerah itu ada yang namanya air terjun, mungkin kalau dihitung-hitung jumlahnya bisa ribuan kali ya!

Salah satunya adalah Air Terjun Curup Tujuh ini nih sahabat explorer. Air terjun yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Lampung Tengah. Lokasi tepatnya berada di Desa Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Jika kalian berangkat dari Bandar Lampung, maka kalian akan menempuh perjalanan yang lumayan panjang nih sahabat explorer. Sekitar 120 kilometer, yang artinya bisa mencapai 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan mobil atau motor. Selain itu, kalian harus melewati jalan setapak dengan berjalan kaki saat sudah memasuki kawasan air terjun tersebut. Namun, rasa capek tersebut langsung hilang seketika saat melihat keindahan dari air terjun ini.

Air terjun dengan ketinggian 75 meter ini dibagi menjadi beberapa bagian, tentunya ini akan menjadi pemandangan dan juga spot foto yang luar biasa indah sahabat explorer. Gak percaya? Coba aja langsung datang ke tempat ini! Dijamin kalian dan keluarga akan terpuaskan!

2. Bukit Batu Bara

liburan keluarga di lampung - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : tukangngetrip

Indonesia memang merupakan salah satu negara dengan destinasi wisata terindah di dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika pemandangan dalam satu kota itu bisa bermacam-macam, mulai dari gunung hingga ke laut, ada dua-duanya. Tidak kelewatan juga bukit-bukit nih sahabat explorer. Salah satu bukit yang memiliki pemandangan terbaik di Lampung Tengah adalah Bukit Batu Bara. pemandangannya tidak kalah cantik dengan Bukit Panguk di Jogja dan juga bukit yang ada di Gunung Kidul.

Bukit ini berada di kawasan Linggapura, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Untuk mencapai puncak bukit ini, kalian juga sedikit berusaha nih sahabat explorer. Tapi, tidak berlama-lama kok, hanya dengan beberapa menit saja, kalian sudah bisa menikmati pemandangan yang luar biasa.

Waktu yang cocok untuk mendatangi bukit ini tentu saja menjelang matahari terbenam nih sahabat explorer. Kalian dapat melihat pemandangan sunset yang luar biasa indahnya! Jangan lupa siapkan baterai HP dan kamera kalian ya! Karena momen ini wajib diabadikan di dalam lensa dan Instastory kalian!

3. Tugu Kopiah Emas

liburan keluarga di lampung - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : majalahteras

Liburan keluarga di Lampung yang selanjutnya adalah mengunjungi Tugu Kopiah Emas. Hampir di setiap daerah di Indonesia, memiliki simbol dengan bentuk tugu nih sahabat explorer. Jadi, saat kalian berkunjung ke salah satu kota di Indonesia, maka kunjungilah monumen atau tugu dari kota tersebut. Rasanya memang tidak afdol jika tidak mendatangi yang namanya tugu atau alun-alun, coba aja deh kalo gak percaya!

Kawasan wisata yang satu ini bisa dibilang sebagai wisata budaya di Lampung. Lokasinya berada di Jalan Lintas Sumatera, Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. Tugu ini memang menarik perhatian masyarakat Lampung loh sahabat explorer, karena bentuknya yang terbilang cukup unik. Tugu ini banyak memamerkan patung-patung yang menunjukkan ciri khas dari adat istiadat Lampung. Meskipun berada di Lampung, namun pembuat patung-patung tersebut berasal dari Muntilan, Jawa Tengah.

Tugu yang satu ini memiliki tinggi 11 meter, dan merupakan salah satu tempat yang sangat mencolok. Tidak heran jika tempat yang satu ini ramai dikunjungi oleh masyarakat. Semenjak dibangun, animo masyarakat Lampung Tengah begitu tinggi untuk mengunjungi tempat ini. Saat kalian sampai di sana, kalian akan bertemu dengan banyak traveler dari wilayah lain yang juga ikut menikmati keindahan tugu ini.

4. Danau Tirta Gangga

liburan keluarga di lampung - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : travelingholic

Liburan keluarga di Lampung Tengah yang selanjutnya adalah mengunjungi Danau Tirta Gangga. Selain menjadi tempat destinasi wisata karena memiliki danau yang indah, tempat ini juga dijadikan sebagai wisata religi loh sahabat explorer.

Di tengah kawasan ini, terdapat sebuah Pura yang masih digunakan hingga sekarang. Oleh karena itu, banyak juga penganut agama Hindu yang datang mengunjungi Pura ini setiap harinya. Danau ini berlokasi di Kampung Swanstikabuana, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah.

Masyarakat di kawasan ini memang banyak yang keturunan dari masyarakat Bali, jadi tidak heran jika banyak yang beragama Hindu di sini. Bahkan, jika kalian perhatikan, nama danau Tirta Gangga ini mirip dengan salah satu tempat wisata Bali yang berada di Karangasem yaitu Taman Air Tirta Gangga. Namun, kalau danau Tirta Gangga ini cuma ada di Lampung ya sahabat explorer, jangan salah tangkap!

Liburan di Lampung Tengah

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga di Lampung Tengah yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar