Liburan Keluarga Nusa Tenggara Barat

Beberapa Tempat Yang Wajib Kalian Kunjungi di Lombok

liburan keluarga di lombok - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id
image source : igcwest

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Indonesia, memang surganya pantai dan gunung. Tidak kaget, jika banyak wisatawan asing yang sering berkunjung hanya untuk menikmati pantai dan pemandangan bawah laut Indonesia yang menakjubkan. Surga tersebut tersebar luas di perairan Indonesia, dan bukan hanya itu saja, panorama pantainya juga tidak kalah menarik untuk dinikmati. Wilayah yang sudah dikenal dunia dengan kedua hal tersebut adalah Bali dan Raja Ampat. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, perlahan-lahan nama Lombok juga mulai digandrungi para wisatawan lokal maupun asing. Sudah jelas karena panorama pantai yang indah dan juga tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Liburan keluarga di Lombok, tentu bisa menjadi alternatif bagi kalian semua yang bingung ingin mengisi libur akhir tahun.

Liburan Keluarga di Lombok

YoExplore, memberikan kalian rekomendasi tempat liburan keluarga di Lombok yang aman untuk kalian kunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. Lombok, memang terkenal dengan wisata alamnya yang masih perawan. Selain itu, Lombok juga berada dekat dengan Bali nih sahabat explorer, jadi kalau kalian masih belum puas dengan liburan di Lombok, kalian bisa langsung menyebrang. Di Lombok juga sudah ada bandara internasional loh sahabat explorer, jadi sudah sangat mudah nih akses untuk menuju pulau yang terkenal dengan pantai yang romantis ini. Baiklah sahabat explorer, langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Nikmatnya Liburan Bersama Keluarga di Yogyakarta

1. Taman Narmada

liburan keluarga di lombok - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : ksmtours

Liburan keluarga di Lombok yang pertama adalah mengunjungi Taman Narmada. Taman ini mulai beroperasi dari pukul 8 pagi hingga jam 5 sore. Sesuai dengan namanya, taman ini memang menyajikan pemandangan taman yang sangat cantik. Selain itu, tersedia juga sebuah kolam renang yang bisa menghibur anak-anak kalian. Taman ini memiliki luas sekitar 2 hektar, dan sangat cocok bagi anak-anak kalian yang ingin belajar sejarah. Kenapa cocok? Karena taman ini merupakan bukti nyata peninggalan dari Kerajaan Mataram di Lombok pada tahun 1727 silam.

Nama Taman Narmada itu sendiri diambil dari nama anak Sungai Gangga di India. Oleh karena itu, taman ini merupakan salah satu peninggalan sejarah agama Hindu yang berada di Indonesia. Sekarang, tempat yang satu ini sudah dijadikan sebagai objek wisata dan sejarah.

Kalian akan menemukan beberapa kolam dan juga taman-taman hias yang tentunya sangat Instagram-able nih sahabat explorer. Dengan demikian, belajar sejarahnya dapat, foto-foto kerennya juga dapat!

2. Pura Batu Bolong

liburan keluarga di lombok - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : tipsjalan

Liburan keluarga di Lombok yang selanjutnya adalah mengunjungi Pura Batu Bolong. Masih terdapat banyak Pura di sini, karena memang memiliki sejarah agama Hindu yang cukup panjang. Tempat ini berada di kawasan Senggigi, Lombok Barat.

Nama Pura ini juga diambil dari keunikan yang ada pada tempat ini, yaitu terdapat sebuah batu yang memiliki lubang besar di tengahnya. Selain itu, Pura ini juga berada di tepian laut, sehingga bercampur dengan ombak.

Pura ini memiliki kaitan yang kuat dengan masuknya Agama Hindu di Lombok. Selain itu, dari Pura ini, kalian bisa melihat penampakan Gunung Agung yang berada di Bali apabila cuaca sedang bagus.

Sahabat explorer, jika sedang berada di wilayah Senggigi, jangan lupa mampir ke Pura yang satu ini ya. Kalian bisa bertanya kepada pemandu lokal bagaimana sejarahnya terjadi. Dengan demikian, hal tersebut juga membantu menambah ilmu baru kepada anak kalian.

3. Desa Sade

liburan keluarga di lombok - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : ulinulin

Liburan keluarga di Lombok yang selanjutnya adalah mengunjungi Desa Sade. Desa yang satu ini sudah terkenal hingga ke mancanegara loh sahabat explorer. Di dalam desa ini, terdapat suku asli yang bernama Suku Sasak. Kalian tentu bisa mengamati bagaimana kehidupan penduduk asli dari Suku Sasak itu sendiri.

Ini merupakan destinasi yang wajib kalian kunjungi bersama anak kalian, karena terdapat sebuah rumah adat yang sangat unik. Tentunya, hal ini juga bisa menambah wawasan anak-anak kalian.

Selain itu, penduduk Suku Sasak juga merupakan penghasil kerajinan tangan seperti kain tenun, dan pernak-pernik lainnya yang dibuat sendiri dengan tangan oleh penduduk.

Oia, tempat ini berada di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Jangan lupa mampir ke sini ya sahabat explorer!

4. Konservasi Penyu Gili Trawangan

liburan keluarga di lombok - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : berbagifun

Selanjutnya adalah mengunjungi Konservasi Penyu GIli Trawangan. Sudah jelas nih sahabat explorer, anak-anak kalian bisa melihat penyu-penyu yang lucu secara dekat. Selain itu, mereka juga bisa belajar bagaimana merawat penyu dan sebagainya.

Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak, selain cara merawatnya, mereka juga belajar bagaimana perkembangbiakan Penyu itu sendiri.

Penangkaran Penyu ini dibuat dengan tujuan yang sangat mulia oleh masyarakat lokal tersebut. Mereka merawat hingga penyu tersebut sudah dewasa, dan setelahnya akan dilepas ke lautan bebas. Pokoknya ini keren banget deh, anak kalian akan belajar banget di sini!

Liburan ke Lombok

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat liburan keluarga di Lombok yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Bagi kalian yang ingin jalan-jalan ke Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat yang sangat nyaman untuk anak-anak ini ya. Selain bersenang-senang, mereka juga mendapatkan ilmu baru yang belum tentu ada di sekolah! Semoga artikel ini bermanfaat, sampai ketemu lagi diulasan berikutnya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar