Liburan Keluarga Sumatera

Menikmati Keindahan Kota Yang Khas Dengan Kuliner “Pempek”!

liburan keluarga di palembang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : markeeters

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Indonesia, memang memiliki banyak destinasi wisata yang unik. Masih dalam satu pulau, namun budaya, suku, adat dan juga kulinernya berbeda-beda. Bahkan, ada juga yang bahasanya itu berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak heran bangsa kita ini sangat kaya akan budaya dan keragaman. Selain dari hal tersebut, untuk urusan pariwisatanya juga melimpah loh sahabat explorer. Mulai dari wisata sejarah, budaya, religi, bahari, hingga ke kuliner semua lengkap di sini. Sampai banyak yang bilang kalau keliling Indonesia itu sudah cukup, karena semuanya ada di sini. Kalau dibilang seperti itu sih memang ada benarnya juga sahabat explorer. Mulai dari laut, gunung, hingga gunung es saja ada di Indonesia! Jadi gak ada salahnya juga nih bagi mereka yang ngomong kayak gitu. Apakah kalian termasuk salah satunya sahabat explorer? Kalau iya, maka kalian harus coba mengunjungi tempat yang satu ini. Liburan keluarga di Palembang, bisa menjadi destinasi yang menyenangkan untuk keluarga.

Liburan Keluarga di Palembang

Bagi kalian yang memang belum tahu, YoExplore akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisatanya nih. Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Saat mendengar nama Palembang, pasti kalian langsung membayangkan kuliner khasnya yaitu Pempek dan Kapal Selam. Wah, teksturnya yang kenyal dan kuahnya yang asam pedas tersebut memang sangat menggugah selera ya sahabat explorer. Dahulu, Kerajaan Sriwijaya sempat berkuasa di sini nih sahabat explorer, oleh karena itu, untuk mengenang kerajaan tersebut, di Palembang dibentuk sebuah universitas yang bernama Universitas Sriwijaya. Sejarah kota yang satu ini hebat banget deh sahabat explorer, beberapa destinasi wisata ini berkaitan dengan kerajaan dan rakyat Palembang itu sendiri. Biar gak makan waktu baca kalian, langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Bosan Ke Bandung? Ke Wilayah Jawa Barat Yang Lainnya Yuk!

1. Sungai Musi dan Jembatan Ampera

liburan keluarga di palembang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : bangkapos

Liburan keluarga di Palembang yang pertama adalah mengunjungi Jembatan Ampera dan Sungai Musi tempatnya. Kedua tempat ini memang tidak mungkin bisa dipisahkan sahabat explorer. Keduanya menampilkan kecantikan yang luar biasa, apalagi dengan lampu-lampu yang menghiasi jembatan tersebut pada malam hari. Selain itu, pantulan cahaya ke permukaan sungai juga tentu menjadi pemandangan water reflection yang sangat cantik. Apalagi jika kalian memang hobi fotografi, maka wajib banget nih jepret-jepret foto di tempat ini.

Ibarat Monas, kalau kalian ke Palembang tapi tak mengunjungi tempat ini itu sepertinya tidak sah ke Palembang. Kedua objek wisata ini memang menjadi ikonnya kota Palembang, bahkan jembatan ini menjadi bukti penderitaan rakyat Palembang. Singkatan dari Ampera adalah amanat penderitaan rakyat. Dahulunya, Palembang juga dikenal sebagai kerajaan baharai Buddha terbesar di Asia Tenggara, oleh karena itu kota yang satu ini memiliki sejarah yang luar biasa.

Tentunya waktu terbaik untuk mengunjungi jembatan ini adalah pada waktu malam hari. Kalian bisa menikmati pemandangan yang cantik dan juga menikmati kuliner dan berbelanja suvenir.

Pada tahun 1962, jembatan ini jembatan ini digunakan untuk menghubungkan Ulu dan juga Ilir, namun makin ke sini berubah menjadi ikon pariwisata dari kota Palembang. Pokoknya, sesampai kalian di kota ini, langsung ke sini dulu ya sahabat explorer. Beri salam kepada kota Palembang!

2. Bukit Siguntang

liburan keluarga di palembang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : travelingyuk

Liburan keluarga di Palembang yang selanjutnya adalah mengunjungi Bukit Siguntang. Bagi kalian yang memang penikmat pemandangan hijau atau pegunungan, maka kalian wajib berkunjung ke tempat ini. Untuk dibilang sebagai bukit, tempat ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, karena hanya berada di ketinggian 30 meter di atas permukaan laut. Namun, entah bagaimana cuaca di tempat ini juga sangat segar dan sejuk loh sahabat explorer. Oleh karena itu, destinasi wisata yang satu ini tidak boleh kalian lewatkan ya.

Banyak masyarakat Palembang yang percaya bahwa dulunya bukit ini dijadikan sebagai tempat beribadah dan juga tempat persemedian. Kegiatan lain yang dapat kalian lakukan di sini selain menikmati pemandangan hijau adalah mengunjungi makam-makam untuk ziarah para bangasawan di zaman dahulu.

Karena masyarakat Palembang percaya bahwa tempat yang satu ini suci dan sakral, oleh karena itu bagi siapapun yang mengunjungi tidak diperbolehkan untuk memiliki niat yang buruk dan berkata kotor. Jangan lupa ya sahabat explorer, aturan yang mungkin tidak tertulis ini jangan sampai kita hiraukan begitu saja. Kita harus menghormatinya, karena ini merupakan kepercayaan bagi mereka.

3. Benteng Kuto Besak

liburan keluarga di palembang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; zonehistory

Liburan keluarga di Palembang yang selanjutnya adalah mengunjungi Benteng Kuto Besak. Destinasi wisata yang satu ini tidak begitu jauh dengan Jembatan Ampera. Oleh karena itu, bagi kalian yang memang baru sampai di Palembang, maka kunjungi jembatan tersebut dan kalian dapat melihat berbagai macam destinasi wisata lainnya yang ada di sekitar jembatan tersebut.

Salah satunya adalah Benteng Kuto Besak ini. Benteng ini melambangkan bahwa bukti kerajaan Palembang Darussalam pernah berjaya dan berkembang di Indonesia. Kalau melihat ini, sekilas kalian akan teringat dengan Benteng Vredeburg yang ada di Yogyakarta. Fungsinya juga kurang lebih sama, yaitu untuk menahan gempuran dari musuh saat masa peperangan.

Benteng ini pasti akan mengingatkan para wisatawan tentang bagaimana perjuangan melawan para penjajah pada waktu itu. Di dalam Benteng Kuto Besak, terdapat sebuah kantor kesehatan Kodam Sriwijaya 2 dan juga rumah sakit. Benteng ini dibuat dengan dinding batu, meskipun sudah dibuat dari zaman dahulu kala, namun bangunan ini tetap terlihat kuat dan kokoh.

Bagi kalian yang mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk abadikannya dalam lensa kamera kalian ya.

4. Hutan Punti Kayu

liburan keluarga di palembang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pergiberwisata

Liburan keluarga di Palembang yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Punti Kayu. Bagi kalian yang sedang berbulan madu, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini ya sahabat explorer. Hal ini dikarenakan tempat yang satu ini sangat indah dan juga romantis. Cocok bagi kalian yang mengunjungi Palembang bersama pasangan.

Hutan Punti memiliki luas sekitar 50 hektar nih sahabat explorer, dan sekitar 7 kilometer dari pusat kota Palembang. Hutan yang satu ini dibangun pada tahun 1998, dan dijadikan sebagai hutan lindung sebab fungsi ekologis yang ada di dalam hutan ini dilindungi. Yang dilindungi di dalam hutan ini adalah tata air dan juga kesuburan tanah.

Panorama hutan pinus yang membentang tentu akan menjadi pemandangan yang sangat spektakuler. Kegiatan lain yang bisa kalian nikmati selagi di Hutan Punti ini adalah melihat atraksi gajah, berenang, menunggang kuda, dan lain-lain.

Kalian juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti panggung terbuka, dermaga perahu, jembatan gantung, joglo, dan lain-lainnya. Pokoknya menghabiskan waktu seharian di tempat ini tuh sangat menyenangkan deh!

Jalan Jalan Sambil Kulineran di Palembang!

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi liburan keluarga di Palembang yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, dan jangan lupa untuk berikan komentar berisikan pengalaman traveling kalian atau destinasi wisata menarik lainnya di Palembang. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar