Jawa Barat Liburan Keluarga

Menikmati Liburan Akhir Tahun di Puncak, Bogor!

liburan keluarga di puncak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : tripzilla

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga, memang bisa di mana saja dan kapan saja. Ada yang maunya sekalian tahun baru, ada yang maunya sebelum tahun baru sudah pulang ke rumah. Berbagai macam keinginan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan mereka. Tidak salah juga kalau misalkan kalian mau merayakan tahun baru di rumah tapi ingin berlibur terlebih dahulu. Memang di bulan-bulan Desember ini anak sekolah sudah libur dan ada beberapa tanggal merah dan cuti bersama yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Jakarta dan juga ekonomis adalah Puncak, Bogor. Liburan keluarga di Puncak bisa menjadi pilihan yang tepat bagi keluarga kalian yang memang ingin mengisi waktu liburan.

Liburan Keluarga di Puncak

Liburan keluarga di Puncak yang akan kami bahas ini, tentunya berbeda dengan wisata yang sudah umum didengar. Tidak ada salahnya juga kan apabila kita mencoba sensasi yang berbeda dan juga destinasi wisata yang baru bersama keluarga. Beberapa tempat yang kami rekomendasikan ini tentu juga sangat aman untuk anak-anak kalian, jadi kalian tidak perlu takut untuk membawa mereka semua. Tempat ini juga terbilang anti mainstream loh sahabat explorer, jadi kalian mungkin belum pernah mendengar sebelumnya. Yaudah yuk sahabat explorer, langsung aja kita simak ulasannya!

Baca Juga : Bosan Dengan Wisata Malang Yang Itu-Itu Aja? Coba Yang Ini Yuk!

1. Hutan Pinus Sentul

liburan keluarga di puncak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : klikhotel

Liburan keluarga di Puncak yang pertama adalah mengunjungi Hutan Pinus Sentul. Sebenarnya, ini memang belum sampai ke Puncak, tapi masih termasuk dalam wilayah Bogor dan dekat juga dengan puncak. Jadi, bagi kalian sekeluarga yang memang menginap di Puncak, Bogor, bisa mampir ke sini dulu nih sahabat explorer, kalau sudah puas, baru deh tancap gas ke Puncak.

Pohon Pinus yang berbaris simetris dan memiliki batang pohon yang tinggi, memperlihatkan bagaimana cantiknya hutan yang satu ini. Dengan sinar matahari yang ‘terselip’ di antara pepohonan tersebut, menambah kesan dramatis di dalam hutan ini. Bagi kalian yang ingin membuat Vlog atau menyukai kegiatan fotografi, tentunya latar belakang pemandangan ini sangat luar biasa loh!

Bagi kalian yang menyukai kegiatan bersepeda, di tempat ini juga sudah memiliki track sepeda yang jelas, jadi kalian tidak perlu takut kesasar deh sahabat explorer. Selain itu, kalau sudah cape-cape bersepeda, kalian bisa langsung pergi ke pemandian air panas yang ada di tengah hutan ini. Wuiihh, pasti seru banget deh! Dijamin bakalan puas!

Hal lainnya yang bisa kalian lakukan adalah berpiknik, namun tentu saja, jangan lupa untuk membuang sampah bekas makanan kalian ya, jangan dibiarkan kotor tempatnya, nanti jadi gak bagus!

2. Hotel Tenda

liburan keluarga di puncak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jadiberita

Liburan keluarga di Puncak yang selanjutnya adalah mengunjungi Hotel Tenda. Nah, setelah kalian capek-capek mengunjungi Hutan Pinus di Sentul, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Puncak dan menginap di Hotel Tenda ini nih sahabat explorer. Namanya adalah Hotel Tenda. Konsepnya, adalah glamping nih sahabat explorer, jadi bagi kalian yang ingin menikmati suasana alam tapi tidak mau seribet camping, kalian bisa melakukan kegiatan yang satu ini.

Jadi, di setiap tenda ini seperti di dalam kamar hotel, ada kasur berukuran King Size, kamar mandi dan lengkap dengan shower-nya dan juga Tv, AC, pokoknya lengkap deh! Namun, tempat ini tidak kehilangan sensasi alamnya, karena seperti suara-suara jangkrik tuh masih kedengeran, jadi seru banget nih kalau mengajak anak-anak kalian di sini.

Pemandangan sekitarnya juga luar biasa banget! Kalian langsung menghadap ke Gunung Salak loh sahabat explorer, jadi bagus banget nih buat foto-foto keluarga!

Oia, satu tenda di tempat ini muat untuk 6 orang dewasa loh sahabat explorer, jadi cukup lah untuk sekeluarga, dijamin gak akan sumpek-sumpekan deh!

3. Pura Jagatkarta

liburan keluarga di puncak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kompasiana

Liburan keluarga di Puncak yang selanjutnya adalah mengunjungi Pura Jagatkarta. Siapa bilang Pura cuma ada di Bali saja? Enggak juga kok sahabat explorer, ini buktinya ada di Bogor! Asal kalian tau ya, Pura ini merupakan Pura terbesar di Pulau Jawa dan Pura terbesar no.2 setelah Pura Besakih di Indonesia! Wuihh, jadi tidak kalah cantik nih pemandangannya sahabat explorer.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Gunung Salak, jadi kalian tentu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat spektakuler!

Untuk mencapai Pura ini, kalian harus menanjak tangga yang jaraknya lumayan juga nih sahabat explorer, sekitar 800 meter, jadi siapkan tenaga terlebih dahulu ya!

Namun, bagi kalian yang tidak mau capek, kalian bisa menaiki ojek yang ada di depannya, lumayan untuk menghemat waktu nih, karena Pura ini hanya buka hingga jam 5 sore.

Oia satu lagi, jika kalian beruntung, kalian akan melihat bagaimana kabut dari gunung turun dan menyelimuti Pura ini, wah suasana Magisnya jadi makin terasa! Kalau gak percaya ke sini aja sahabat explorer!

4. Kampung Budaya Sindangbarang

liburan keluarga di puncak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; phinemo

Liburan keluarga di Puncak yang selanjutnya adalah mengunjungi Kampung Budaya Sindangbarang. Jika kalian tahu dengan Suku Baduy di Banten, nah di Jawa Barat ada ini nih sahabat explorer. Kalian akan melihat berbagai macam rumah tradisional dari suku asli Sindangbarang.

Tentu saja kalian bisa menginap di tempat ini, menginap di rumah tradisional tanpa AC, namun masih tetap dingin karena memang berada di dataran tinggi. Selain itu, kalian juga bisa mendengarkan cerita dari tetua adat di sini untuk menemani tidur kalian. Wah dijamin seru banget deh!

Alangkah lebih baik, jika kalian mengunjungi tempat ini saat akhir tahun, karena di sini ada upacara mensyukuri hasil panen yang dinamakan upacara Seren Taun. Berbagai macam kesenian adat Sunda bisa kalian lihat di upacara ini. Jadi, kalian juga akan belajar mengenai kebudayaan-kebudayaan yang memang dekat dengan kita (jika kalian berasal dari Jakarta). Pokoknya dijamin puas deh sekeluarga!

Liburan Akhir Tahun Jawa Barat

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi liburan keluarga di Puncak yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan membuka mata kalian mengenai keindahan alam yang dekat dengan Jakarta. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan cerita unik lainnya di kolom komentar kami ya. Selamat berlibur akhir tahun, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar