Liburan Keluarga Sumatera

Menikmati Keindahan Kepulauan Riau Bersama Keluarga

liburan keluarga di Riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : cektravel

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati liburan panjang atau hari kejepit memang paling pas dengan traveling. Baik bersama teman-teman atau bersama keluarga, tentunya akan sangat menyenangkan. Selain itu, kalian juga merasa waktu kalian tidak terbuang sia-sia jika hanya di rumah saja. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai liburan keluarga di Riau yang tentunya tidak kalah menarik dengan destinasi wisata yang lainnya. Riau itu sendiri merupakan sebuah kepulauan besar, dan salah satu tempat yang akan kita bahas hari ini adalah Tanjung Pinang nih sahabat explorer. Sudah ada yang pernah ke sana belum? Kalau belum, tentu kalian wajib untuk membaca artikel yang satu ini.

Liburan Keluarga di Riau

Banyak sekali sebenarnya tempat liburan keluarga di Riau yang seru dan menyenangkan. Namun, kami akan memilih 4 destinasi terbaik yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga. Tentu saja kepulauan Riau merupakan wisata bahari yang memang terkenal di Indonesia. Dengan demikian, bagi kalian yang ingin merasakan sensasi berbeda dengan wisata yang ada di Bali atau bahari lainnya, maka kalian wajib mengunjungi tempat ini. Kalian bisa berwisata kuliner, dan wisata religi juga loh di sini. Pokoknya sangat cocok dengan keluarga, karena tempatnya nyaman, mudah dicapai, dan akses menuju ke destinasi wisata tersebut juga tidak sulit. Dengan demikian, cocok bagi kalian yang membawa anak kecil atau lansia. Penasaran di mana saja? Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : Tarian Asal Indonesia Ini Sudah Mendunia Loh!

1. Masjid Raya Sultan Riau

liburan keluarga di Riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : grid.id

Liburan keluarga di Riau yang pertama adalah mengunjungi Masjid Raya Sultan Riau. Destinasi wisata yang ada di Riau ini terbilang yang cukup unik dan wisata budaya yang berharga di Indonesia. Masjid yang satu ini merupakan sebuah lambang dan simbol peninggalan dari keberadaan Sultan Johor. Melihat dari bobot sejarah dan keunikannya, maka masjid yang satu ini telah dijadikan sebagai salah satu cagar budaya yang sangat dilindungi.

Bagi kalian yang memang sedang berada di Tanjung Pinang, kalian bisa mengunjungi masjid yang satu ini. Warnanya yang mencolok dan juga arsitektur bangunannya yang sangat unik, tentu sangat Instagramable nih sahabat explorer. Selain itu, keunikan masjid ini terdapat pada bahan pembuatannya. Salah satu bahan pembuatan masjid ini yang dipercayai oleh masyarakat sekitar adalah adanya campuran dari putih telur.

Masjid yang satu ini juga merupakan peninggalan penting dari kerajaan Riau – Lingga. Pada awalnya, masjid ini hanya dibangun dengan berdinding kayu dan lantai batu bata saja. Namun, karena semakin banyak jamaah yang beribadah di sini, maka diperlukan perubahan bentuk dan juga pelebaran. Perubahan bentuk masjid ini pertama dilakukan oleh Sultan Kerajaan Riau – Lingga yang dipimpin oleh Raja Abdurrahman.

Selain menjadi tempat ibadah, di dalam masjid ini juga terdapat beberapa peninggalan bersejarah yang dilindungi dengan baik. Dengan demikian, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid yang satu ini juga dijadikan sebagai museum nih sahabat explorer. Oleh karena itu, cocok banget bagi kalian yang pergi bersama keluarga, terutama anak-anak.

2. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

liburan keluarga di Riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : piknikdong

Liburan keluarga di Riau yang selanjutnya adalah mengunjungi Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Wah, namanya memang sulit sekali disebut nih sahabat explorer, tapi arsitekturnya luar biasa banget. Dari kejauhan saja sudah terlihat bagaimana megah dan uniknya bangunan yang satu ini. Bagi kalian yang hobi fotografi, tentu bangunan ini bisa menjadi objek foto kalian yang sangat luar biasa. Apalagi dengan kondisi pencahayaan yang sempurna, tentu feeds Instagram kalian akan makin keren nih sahabat explorer.

Wisata religi yang satu ini, memang menjadi sebuah tempat ibadah. Namun, lama kelamaan tempat ini juga menjadi daya tarik para wisatawan nih sahabat explorer. Oleh masyarakat sekitar, Vihara ini juga disebut dengan Vihara Seribu Wajah, atau Vihara Seribu Patung.

Saat kalian masuk ke dalam Vihara ini, kalian akan merasakan suasana Tiongkok Kuno. Selain itu, keunikan lainnya adalah ada 500 patung yang bisa kalian lihat di vihara ini. Semua patung tersebut asli didatangkan dari Tiongkok. Semua patung ini adalah donasi dari orang-orang Tiongkok. Dengan demikian, kalian dapat melihat ukiran nama pemberi dari patung tersebut.

Tentunya, pemandangan di sini akan lebih cantik lagi saat sedang matahari terbenam atau sunset nih sahabat explorer. Dijamin kalian akan betah deh berlama-lama di tempat ini!

3. Tepi Laut

liburan keluarga di Riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jalanwisata.id

Liburan keluarga di Riau yang selanjutnya adalah mengunjungi Tepi Laut. Kawasan wisata yang satu ini cukup unik nih sahabat explorer. Karena memang destinasi yang satu ini berada di sebuah lingkungan atau jalanan yang memang berada di tepi laut. Seperti yang ada pada gambar di atas, kalian bisa bersantai-santai di tempat ini.

Dari tempat ini, kalian bisa melihat pemandangan Samudera Hindia yang sangat mempesona. Tentunya pemandangan sunset atau matahari terbenam di tempat ini juara loh sahabat explorer. Dijamin gak akan menyesal deh kalau datang ke sini di sore hari.

Selain menjadi wisata pantai, tempat yang satu ini juga cocok bagi kalian yang ingin berburu kuliner khas Riau. Destinasi yang satu ini juga cukup terkenal dengan aneka kuliner khasnya nih sahabat explorer.

Tempat yang satu ini juga ternyata sangat panjang dan luas loh sahabat explorer. Mungkin, bagi kalian yang penasaran, ini bisa dibilang mirip dengan Jalan Malioboro yang ada di Yogyakarta. Sejauh kaki kalian melangkah, kalian akan disuguhkan dengan tempat-tempat dan kuliner yang menarik. Dengan demikian, sangat cocok bagi keluarga yang ingin mencicipi makanan khas Riau atau sekedar bermain dan menikmati keindahan laut. Jangan lupa mampir ke sini ya sahabat explorer!

4. Pantai Impian

liburan keluarga di Riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wisatakuid

Liburan keluarga di Riau yang selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Impian. Seperti namanya, pantai ini memang menjadi pantai impian bagi para turis yang berkunjung ke kota ini. Apalagi kalau bukan karena keindahan pasir putih yang membentang dan juga lautan yang sangat jernih dengan warna birunya ini.

Ombaknya yang tidak terlalu besar juga menjadikan pantai ini menjadi tempat bermain yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak kalian. Menikmati sore hari yang tenang dan ditemani dengan angin yang berhembus, tentu akan menjadi pilihan yang sulit untuk ditolak.

Berbicara mengenai fasilitas, kalian tidak perlu takut. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, mulai dari restoran hingga ke penginapan semuanya tersedia di sini. Pokoknya dijamin sip deh sahabat explorer.

Eksplorasi Kepulauan Riau

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi liburan keluarga di Riau yang bisa YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar