Jawa Timur Liburan Keluarga

Menikmati Liburan Keluarga di Surabaya

liburan keluarga di surabaya - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source ; hellopet

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, keindahan Indonesia memang tidak ada pada daerah-daerah terpencil saja loh. Di kota besar seperti Surabaya juga bisa dijadikan tempat liburan keluarga yang sangat seru. Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi kota di wilayah Jawa Timur ini, sangat tepat sekali bila kalian membaca artikel kali ini. Dalam artikel hari ini, YoExplore akan membahas beberapa destinasi liburan keluarga di Surabaya yang tentu sangat menyenangkan dan cocok bagi kalian yang membawa anak-anak. Wisatawan yang berkunjung ke Surabaya juga beragam, mulai dari mereka yang berjarak dekat dengan Surabaya, atau mungkin dari Bali dan wilayah lainnya. Kota yang satu ini juga terkenal dengan sejarahnya, yaitu perjuangan masyarakat Surabaya dalam melawan penjajah Belanda. Oleh karena itu, di kota ini terdapat Museum 10 November yang sangat terkenal.

Liburan Keluarga di Surabaya

Bahkan, tanggal 10 November tersebut merupakan hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah. Libur tersebut dalam rangka memperingati perjuangan-perjuangan para pahlawan Indonesia saat melawan tentara Belanda, khususnya pejuang-pejuang Surabaya dan wilayah Jawa Timur lainnya. Oleh karena itu, di Surabaya itu sendiri terkenal dengan wisata sejarahnya. Namun, ada juga beberapa panorama lain yang bisa kalian kunjungi selama berlibur di Surabaya. Berbagai macam jenis wisata juga tersedia di sini, mulai dari wisata alam, wisata religi, hingga kuliner pun juga tersedia. Terserah kalian semua deh mau pilih yang mana! Namun, kami akan memberikan beberapa rekomendasi tempat nih. Langsung aja kita simak yuk ulasannya, sahabat explorer!

Baca Juga : Barang-Barang Ini Penting Agar Kalian Tidak Ribet Saat Traveling!

1. Pantai Kenjeran

liburan keluarga di surabaya - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : samitrawisata

Liburan keluarga di Surabaya yang pertama adalah mengunjungi Pantai Kenjeran. Wisata yang memang berhubungan dengan air biasanya memang cocok untuk para keluarga. Oleh karena itu, kami merekomendasikan kalian untuk mengunjungi pantai yang ada di Surabaya ini. Tempatnya sangat cantik dengan hiasan jembatan kayu dan juga lampu yang menyala setelah matahari sudah mulai tenggelam.

Kawasan ini sering dijadikan tempat pre wedding loh sahabat explorer, sudah jelas karena kecantikan latar belakangnya. Bagi kalian yang memang sedang berlibur ke Surabaya, rasanya tidak afdol nih kalau tidak mengunjungi pantai yang satu ini.

Di sekitar tempat ini juga banyak makanan sahabat explorer, jadi bagi kalian yang asyik bermain air dan kelaparan, maka bisa langsung makan nih di tempat ini. Bersantai sore hari sambil menikmati senja itu memang menjadi hal yang paling baik untuk dilakukan saat sore hari. Penasaran dengan keindahannya? Langsung berangkat ke Surabaya! Pesan hotel dan tiket pesawatnya di Qloti aja ya!

2. Jembatan Suramadu

liburan keluarga di surabaya - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kompas

Liburan keluarga di Surabaya yang selanjutnya adalah mengunjungi Jembatan Suramadu. Tentu saja ini menjadi ikon pariwisata yang ada di Surabaya dan Madura. Jembatan ini memang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Tidak heran, jika yang melewati jembatan ini bukan hanya pengendara biasa saja, banyak sekali orang memang berwisata ke tempat ini.

Pemandangannya saat malam hari memang sangat cantik nih sahabat explorer, apalagi kalau difoto. Warna lampu warna-warni yang menghiasi lampu jalan dan pilarnya sangat cantik untuk dipandangi.

Banyak agen-agen wisata yang memang menjadikan tempat ini sebagai salah satu itinerary trip mereka. Wisatawan biasanya mengunjungi tempat ini pada saat sore hari, saat musim libur tentunya akan lebih ramai lagi nih sahabat explorer. Mereka yang datang biasanya ingin menikmati senja angin sepoi-sepoi sambil menikmati pemandangan laut yang luas. Setelahnya, kalian bisa langsung berburu kuliner di wilayah Jembatan Suramadu ini. Kulinernya banyak banget, berbagai macam jenis ada semua di sini nih sahabat explorer. Pokoknya dari sore ke malem tuh betah banget deh nongkrong di sini. Suer!

3. Monumen Kapal Selam

liburan keluarga di surabaya - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; infobudayaindonesia

Liburan keluarga di Surabaya yang selanjutnya adalah mengunjungi Monumen Kapal Selam. Biasanya tempat ini sering disebut dengan Monkasel nih sahabat explorer. Tempat yang satu juga termasuk salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh para keluarga saat liburan di Surabaya. Monkasel juga sangat cocok bagi kalian yang membawa anak-anak, karena ini termasuk dalam salah satu wisata edukasi yang baik bagi anak kalian.

Mereka yang datang ke sini sudah jelas karena penasaran dengan bentuk kapal selam yang jarang diketahui. Biasanya mereka hanya bisa melihatnya di film-film saja. Namun di tempat ini, kalian bisa melihat langsung bagaimana bentuknya yang besar dan juga kokoh ini dipajang di tengah-tengah kalian.

Kapal selam yang ada di sini juga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi nih sahabat explorer. Nama kapalnya adalah KRI Pasopati 410. Kapal ini sangat berjasa dalam peperangan untuk merebut kembali Papua Barat ke Indonesia. Kapal selam yang satu ini merupakan kapal selam buatan Rusia tahun 1952 yang termasuk ke dalam jenis SS tipe Whisky Class.

Selain memberikan informasi kepada anak-anak kalian mengenai sejarah kapal selam ini, mereka juga bisa melihat bentuk dan interior di dalam kapal ini. Pokoknya ini akan menjadi pengalaman yang seru bagi anak-anak kalian deh sahabat explorer! Pokoknya dijamin sip!

4. Masjid Cheng Ho

liburan keluarga di surabaya - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wego

Liburan keluarga di Surabaya yang selanjutnya adalah mengunjungi Masjid Cheng Ho. kalau yang satu ini termasuk dalam kategori wisata religi nih sahabat explorer. Namun, mereka yang datang ke sini bukan tanpa alasan. Mereka yang datang ke sini biasanya tertarik dengan arsitektur dari masjid ini yang memang cukup unik.

Selain itu, nama masjid ini diambil dari nama Laksamana asal China yang bernama Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho memeluk agama islam dan juga melakukan perjalanan ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Misi perjalanan dari Laksamana Cheng Ho itu adalah untuk menyebarkan agama Islam, berdagang dan juga untuk menambah sahabat.

Pembangunan masjid ini dimulai pada 15 Oktober 2001 yang bertepatan dengan hari Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW di tahun tersebut. Namun, masjid ini akhirnya selesai dibangun pada tahun berikutnya, yaitu Oktober 2002. Tempat ini juga terbilang sebagai destinasi wisata baru di Surabaya nih sahabat explorer. Dikarenakan pembuatannya yang baru dimulai di atas tahun 2000. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini?

Eksplorasi Surabaya Bersama Keluarga

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga di Surabaya yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa agar jangan lupa untuk menulis pengalaman traveling dan seputar gaya hidup kalian di Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar