Kalimantan Liburan Keluarga

Menikmati Liburan Bersama Keluarga di Kalimantan Utara

liburan keluarga di tarakan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : ardiztarakaninfo.com

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang sudah terkenal dengan kekayaan pariwisatanya. Dari Sabang sampai Merauke, kalian dijamin akan puas dengan keindahan yang tidak ada lawannya ini. Jadi jangan heran, kalau makin ke sini, wisata Indonesia itu makin penuh dengan turis mancanegara. Sudah jelas itu menjadi kebanggaan buat kita semua, selain kemajuan ekonomi dan taraf hidup masyarakat Indonesia terutama di daerah-daerah pariwisata tersebut. Dengan banyaknya turis, maka tentunya akan banyak bisnis yang bisa mereka lakukan, seperti menyewakan penginapan, jual makanan, suvenir dan lain-lain. Salah satu destinasi liburan keluarga yang harus kalian kunjungi ada di Kalimantan Utara. Liburan keluarga di Tarakan nih tepatnya sahabat explorer. Mungkin kalian belum pernah kepikiran untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Jangan salah, destinasi wisatanya juga tidak kalah keren dengan destinasi yang ada di wilayah Kalimantan lainnya loh!

Liburan Keluarga di Tarakan

Bagi kalian yang memang belum pernah, maka tepat sekali nih dengan membaca artikel dari YoExplore kali ini. Kami akan membahas destinasi liburan keluarga di Tarakan yang bisa kalian kunjungi bersama. Selain destinasi wisata, ada juga salah satu festival adat yang tentunya sangat ditunggu-tunggu bagi mereka berkunjung ke sana. Kota Tarakan, secara geografis sebenarnya terpisah dengan kota di Kalimantan Utara yang lainnya. Hal itu dikarenakan Kota Tarakan yang memang terletak pada pulaunya sendiri. Pulau yang satu ini juga terkenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi saat berada di Tarakan. Biar kalian gak penasaran, maka langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Liburan Akhir Pekan ke Bengkulu!

1. Baloy Adat Tidung

liburan keluarga di tarakan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : folksofdayak

Liburan keluarga di Tarakan yang pertama adalah mengunjungi Baloy Adat Tidung. Tentunya ini akan menjadi sangat baik untuk anak-anak kalian. Biar mereka bisa mengetahui keunikan dan ragamnya rumah adat, kebudayaan, dan juga adat istiadat lainnya di Indonesia.

Tempat ini juga bisa disebut dengan Rumah Adat Suku Tidung. Suku yang satu ini sebenarnya merupakan salah satu Suku Dayak yang ada di Kalimantan secara keseluruhan. Jika kita berbicara mengenai sejarah suku, maka Suku Tidung memiliki sejarah yang cukup kuat dan juga kental. Baloy Adat Tidung ini berlokasi di Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Timur.

Jika kalian mengunjungi tempat ini, maka kalian akan menemukan kompleks Rumah Adat Tidung yang cukup lengkap loh sahabat explorer. Selain perumahan adatnya, kalian juga dapat melihat singgasana Kepala Adat Besar Suku Tidung. Oleh karena itu, bisa dikatakan ini kawasan yang satu ini mirip dengan kawasan kerajaan nih sahabat explorer. Wah, tentunya sangat menarik dan mengingatkan kita akan sejarah kerajaan di Indonesia ya!

Kalian dapat melihat keindahan bangunan yang terbuat dari Kayu Ulin. Selain itu, kalian tentunya akan mendapatkan banyak manfaat nih, terutama para anak-anak. Mereka bisa bertambah ilmu dan pengetahuannya mengenai adat istiadat dan budaya khususnya Suku Tidung di Kalimantan.

Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini? Langsung berangkat ke Kalimantan ya, dan jangan lupa pesan tiketnya di Qloti!

2.  Pesta Rakyat Iraw Tengkayu

liburan keluarga di tarakan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Liburan keluarga di Tarakan yang selanjutnya adalah menonton festival adat atau Pesta Rakyat Iraw Tengkayu. Ini merupakan festival yang paling ditunggu oleh masyarakat Tarakan dan juga turis yang berkunjung ke sana nih sahabat explorer.

Jika kalian yang sering ke Jogjakarta, maka kalian akan familiar dengan yang namanya Sekaten dan Larung Saji. Upacara tersebut sebenarnya ditujukan untuk memberikan rasa syukur dan terima kasih atas karunia Tuhan yang dilimpahkan kepada mereka. Nah, kalau di Tarakan juga sama seperti itu nih sahabat explorer, namun namanya saja yang berbeda, yaitu Pesta Rakyat Iraw Tengkayu.

Pesta adat yang satu ini memang menjadi salah satu daya tarik yang ada di Kota Tarakan bagi setiap wisatawan. Pesta rakyat yang satu ini juga sudah menjadi darah daging bagi masyarakat Tarakan. Namun, pesta rakyat ini tidak rutin dilakukan setiap tahunnya. Pesta ini dilakukan 2 tahun sekali, dan itulah yang menjadi daya tariknya. Siapapun mereka pasti sangat menunggu-nunggu pesta rakyat ini digelar. Pada saat acara digelar, kalian dapat melihat keindahan dan keunikan budaya Tarakan yang dipamerkan. Banyak juga beragam jenis tarian yang sangat cantik dan indah ada di sana. Dijamin bakalan seru banget deh pestanya sahabat explorer!

3. Pantai Amal

liburan keluarga di tarakan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wisatakalimantan

Liburan keluarga di Tarakan yang selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Amal. Jika sebelumnya sudah melihat rumah adat dan festival rakyat, maka sekarang waktunya bersantai nih sahabat explorer. Bagi kalian yang merupakan keluarga pecinta bahari, maka sangat wajib untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur memang dianugerahi dengan berbagai macam pantai yang sangat cantik. Salah satunya adalah Pantai Amal ini sahabat explorer. Pantai ini terdiri dari dua bagian, yaitu Pantai Amal lama dan Pantai Amal Baru.

Pantai yang satu ini berlokasi di Tarakan Timur nih sahabat explorer. Namun, daya tarik utamanya justru saat pada matahari terbit. Pantai ini memiliki pemandangan sunrise yang sangat cantik yang tentunya akan sangat sayang kalau sampai kalian lewatkan. Hamparan pasir putih dan juga warna air laut yang sangat biru, membuat siapapun betah dan ingin berlama-lama di tempat ini nih sahabat explorer. Ada juga beberapa penginapan yang tersedia dekat dengan area pantai ini. Dengan demikian, kalian pasti akan bisa lebih menikmati eksotisme dari Pantai Amal itu sendiri.

4. Hutan Mangrove Tarakan

liburan keluarga di tarakan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : indonesiakaya

Liburan keluarga di Tarakan yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Mangrove Tarakan. Lokasinya yang berada di Jalan Gajah Mada ini memang menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Tarakan. Selain tempat wisata, kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi alami Hutan Mangrove.

Oleh karena itu, saat kalian berkunjung ke sini tuh cuacanya sejuk banget deh sahabat explorer. Tentunya spotnya juga sangat Instagramable! Keunikan lainnya, jika kalian sedang beruntung, maka kalian dapat menemukan hewan langka yaitu Bekantan. Kawasan ini memang dijadikan tempat untuk berlindung dan berkembang biak para satwa liar.

Bagi kalian yang sedang berada di Tarakan, jangan sampai lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini ya. Dijamin bakalan seru dan menyenangkan loh!

Eksplorasi Kalimantan Utara

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga di Tarakan yang dapat YoExplore rekomendasikan. Seperti biasa, jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar dan Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar