Jawa Barat Liburan Keluarga

Libur Akhir Pekan? Yang Enak Sih ke Bandung!

liburan keluarga ke bandung - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id
image source : explorewisata

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Libur akhir pekan, memang salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Baik orang dewasa maupun anak-anak, tidak akan pernah merasa bosan untuk menghadapi hari libur akhir pekan ini. Liburan singkat ini, biasanya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Kebanyakan orang Jakarta, sangat antusias untuk menghadapi liburan akhir pekan. Tidak heran jika hari Jumat merupakan hari yang paling macet dibandingkan hari-hari biasa lainnya di Jakarta. Bagi sahabat explorer, biasanya kalau liburan akhir pekan sukanya ke mana? Di rumah saja? Atau pergi ke luar kota? Kalau kami sih menyarankan kalian ke Bandung saja. Banyak hal dan kegiatan yang bisa kalian lakukan di kota yang satu ini. Kira-kira tempat apa yang kalian suka kalau liburan keluarga ke Bandung?

Liburan Keluarga ke Bandung

Biasanya, tempat yang bisa kalian kunjungi adalah tempat yang sangat nyaman dan aman untuk keluarga kalian. Liburan keluarga ke Bandung, memang cocoknya untuk membawa anak-anak kalian juga nih sahabat explorer. Karena beberapa objek wisata yang akan kami rekomendasikan ini, bisa menambah pengalaman untuk si kecil. Bagi kalian yang belum pernah ke Bandung bersama keluarga, artikel ini akan membahas destinasi wisata yang cocok untuk keluarga kalian. Selain mengunjungi tempat yang bersejarah, ada juga tempat yang bisa dibilang sedikit berpetualang dan bersentuhan langsung dengan alam. Penasaran di mana? Langsung kita cek aja yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Libur di Hari Kejepit? Ke Bogor Aja Yuk Yang Deket!

1. Gedung Sate

liburan keluarga ke bandung - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : scout.id

Liburan keluarga ke Bandung yang pertama adalah mengunjungi Gedung Sate. ini merupakan warisan landmark yang paling terkenal di Bandung. Gedung ini, dibangun pada tahun 1920 oleh arsitek asal Belanda yang bernama J. Gerber. Bangunan ini memiliki arsitektur yang sangat memukau, perpaduan antara gaya Indonesia dan Eropa.

Saat ini, Gedung Sate berfungsi sebagai kantor pusat Gubernur Jawa Barat. Oia, gedung ini dinamakan dengan Gedung Sate, karena terdapat 6 ornamen tusuk sate yang berada di atas menara sentral. 6 tusuk ini juga melambangkan 6 Juta Gulden yang dipakai untuk membangun gedung putih yang satu ini.

Di dekat dengan Gedung Sate, terdapat juga kuliner Sunda yang sangat terkenal. Kalian bisa menyantap makan siang setelah berkeliling gedung yang satu ini.

2. Balai Kota

liburan keluarga ke bandung - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : 60menit

Liburan keluarga ke Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Balai Kota. Setelah kalian makan siang, kalian bisa menghabiskan waktu sore bersama anak-anak dengan mengunjungi Taman Balai Kota yang satu ini nih sahabat explorer.

Balai Kota Bandung merupakan kompleks perkantoran untuk Kabupaten Kota Bandung. Kompleks ini, memiliki sebuah taman yang sangat indah. Ada Labirin Park, dan Taman Gembok Cinta. Kedua taman ini sangat terkenal di kalangan para millenials, tapi tidak salah juga kok kalau kalian membawa anak-anak kalian. Selain tempatnya indah, terdapat banyak spot foto yang sangat Instagram-able nih sahabat explorer. Kalau lagi mampir ke Bandung, jangan lupa kunjungi taman yang satu ini ya!

3. Jalan Asia Afrika dan Braga

liburan keluarga ke bandung - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : pikiranrakyat

Liburan keluarga ke Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga. Jalan Asia Afrika sendiri merupakan jalan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tahun 1955, konferensi Asia-Afrika diselenggarakan di sini. Para pemimpin dari negara-negara yang baru merdeka berkumpul untuk merumuskan kebijakan-kebijakan pembangunan perdamaian dan ekonomi.

Kemudian pada tahun 2015, peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 diadakan di daerah ini. Dekat ke Jalan Asia Afrika, ada Jalan Braga, Alun-Alun Bandung dan Masjid Agung. Wisatawan suka melakukan fotografi (selfies). Kalian bisa menikmati bangunan tua dengan arsitektur Belanda.

Tempat ini bisa jadi perkenalan anak-anak kalian dengan sejarah bangsa Indonesia itu sendiri. Kira-kira bagaimana sahabat explorer? Sudah berminat mengajak keluarga kalian ke sini?

4. Tangkuban Perahu

liburan keluarga ke bandung - yoexplore, liburan keluarga - YoExplore.co.id

image source : travelguide.michelin

Selanjutnya, kalian bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Nama gunung berapi ini berhubungan dengan bentuknya yang terlihat seperti perahu terbalik. Kalian bisa berjalan ke lerengnya. Dan karena bentuknya yang unik ini, orang Sunda kemudian menciptakan cerita rakyat Legenda Sangkuriang.

Cerita ini menceritakan tentang bagaimana Gunung Tangkuban Perahu terbentuk. Tangkuban Perahu memiliki tiga kawah yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Kawah Domas terbuka untuk umum. Ini menghasilkan geyser panas dan kalian bisa merebus telur ke dalamnya. Di sisi lain, Kawah Ratu adalah kawah utama yang memiliki genangan air dan kadang-kadang menghasilkan gas beracun.

Jadi kalian bisa mengunjungi kawah tersebut, namun tetap harus berhati-hati ya sahabat explorer. Tempat yang satu ini juga sangat Instagram-able, dijamin latar belakang foto kalian pasti akan keren-keren deh kalau foto di tempat yang satu ini.

Liburan Akhir Pekan di Bandung

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi saat liburan keluarga ke Bandung. Nikmati akhir pekan kalian di Kota Kembang ini. Untuk menikmati paket wisatanya, kalian bisa buka linknya di sini. Semoga artikel ini bermanfaat, dan tidak lupa mengingatkan kalian untuk share cerita dan pengalaman unik kalian yang lainnya saat berkunjung ke Bandung di kolom komentar kami. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar