Jawa Timur Liburan Keluarga

Menikmati Keindahan Paling Timur Pulau Jawa, Banyuwangi!

liburan keluarga ke banyuwangi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : youtube

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mengunjungi wilayah paling timur Jawa memang merupakan sebuah tantangan yang menarik. Terlebih jika kalian melakukan road trip dari Jakarta. Pastinya pengalaman traveling tersebut tidak akan pernah kalian lupakan. Mungkin road trip terbaik adalah Jakarta-Bali. Dengan demikian, kalian bisa saja mengunjungi semua kota besar yang ada di Pulau Jawa. Selain Yogyakarta dengan keindahan candi dan Kratonnya, ada beberapa kota lain yang wajib juga kalian kunjungi. Salah satunya adalah Banyuwangi, yang merupakan kota paling ujung dari Pulau Jawa. Hanya sekitar 20-30 menit menggunakan kapal, kalian sudah bisa menyebrang ke Pulau Bali. Liburan keluarga ke Banyuwangi tentu saja harus masuk ke dalam bucket list traveling kalian di tahun 2019 ini. Dijamin tidak akan menyesal deh!

Liburan Keluarga ke Banyuwangi

Pemerintah juga sedang terus mempromosikan pariwisata di Banyuwangi. Ada beberapa tempat spesial yang bisa kalian kunjungi di kota ini. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas beberapa destinasi yang akan membuat takjub kalian sekeluarga. Tidak akan menyesal deh pokoknya saat mengunjungi kota ini, lengkap ada semua, baik pantai maupun gunung dalam satu kota. Kedua panorama tersebut juga bisa disandingkan dengan pemandangan top di kota-kota yang ada di Indonesia lainnya. Rasanya kalau sudah berkunjung ke Banyuwangi itu sudah cukup puas mengarungi Pulau Jawa. Jelas saja, sebagai ‘penutup’ di Pulau Jawa, tempat ini begitu mempesona, sehingga siapapun yang pernah mengunjunginya pasti bakalan ingin balik lagi deh. Penasaran di mana aja? Yaudah, langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Snorkeling di Pantai Bisa Sambil Menjaga Alam

1. Gunung Ijen

liburan keluarga ke banyuwangi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : idntimes

Liburan keluarga ke Banyuwangi yang pertama adalah mengunjungi Gunung Ijen. mungkin ini bisa dibilang sebagai gunung favorit para pendaki di Indonesia. Tidak hanya sensasi mendaki yang menantang dan juga pemandangan yang luar biasa di puncaknya, namun ada sebuah fenomena alam yang mungkin sudah bukan rahasia lagi. Fenomena Blue Fire Ijen namanya, yang merupakan sebuah fenomena alam dan hanya ada dua di dunia. Satu lagi berada di Islandia, bisa disimpulkan sahabat explorer jelas lebih mendingan ke Banyuwangi kan daripada ke Islandia, hehe.

Fenomena yang menyerupai api biru ini adalah reaksi dari oksigen yang bertemu dengan gas belerang yang berada di kawah tersebut pada suhu tertentu. Oleh karena itu, pemandangan seperti api biru itu muncul pada saat malam hari. Banyak sekali para pendaki yang menanjak gunung ini malam-malam hanya untuk melihat fenomena langka ini.

Selain itu, pada pagi hari hingga siang harinya, kalian dapat melihat para penambang batu belerang turun ke kawah untuk mengangkat bongkahan batu tersebut ke puncak. Tentu saja ini bisa menjadi pemandangan yang sangat unik. Kalian semua akan sangat takjub dengan masyarakat lokal tersebut. Mendaki gunung ini merupakan salah satu hal terbaik yang bisa kalian lakukan di Banyuwangi!

2. Pantai Pulau Merah

liburan keluarga ke banyuwangi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : katalogwisata

Liburan keluarga ke Banyuwangi yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Merah. Diberikan nama Pulau karena rada menjorok dari pantai, ada sebuah bukit yang lumayan besar berdiri tegak di perairan tersebut. Keunikan ini lah yang membuat kalian harus banget mengunjungi pantai ini.

Selain itu, menikmati sunset di pantai ini juga merupakan hal yang tepat untuk dilakukan bersama keluarga. Oia sahabat explorer, untuk mengunjungi bukit yang ada di tengah pantai tersebut, lebih baik kalian kunjungi saat air laut sedang surut ya, karena jika sedang pasang, mungkin berbahaya untuk anak-anak kalian terutama yang masih kecil.

Banyak juga pohon Mangrove di sekitar pantai ini nih sahabat explorer, selain itu kalian juga akan disuguhkan pemandangan pegunungan di bagian timur, dan sunset yang menawan di bagian baratnya. Dijamin tidak akan menyesal deh menghabiskan waktu sore di tempat ini! Gak percaya? Langsung aja kunjungi Banyuwangi!

3. Djawatan Benculuk

liburan keluarga ke banyuwangi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : hipwee

Pernah nonton Lord Of The Rings? Kalau sudah menonton ketiga seri dari film tersebut pasti kalian akan ‘ngeh’ dengan Hutan Fangorn yang memiliki pohon-pohon yang tinggi dan besar. Nah, hutan tersebut ada loh ternyata di Banyuwangi! Namanya Hutan Djawatan Benculuk. Sebelumnya, tempat ini merupakan sebuah kawasan untuk mengelola kereta api hingga berubah menjadi tempat wisata yang Instagramable banget!

Selain memiliki bentuk pohon yang unik dan besar, ada juga beberapa tempat yang dihiasi dengan payung warna warni di pohon tersebut agar foto kalian juga akan terlihat lebih estetik nih sahabat explorer.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sore hari atau pagi hari, karena matahari sedang bagus-bagusnya dan juga cahayanya yang ‘terselip’ di antara pepohonan tersebut. Selain itu ada rumah pohonnya juga nih sahabat explorer, pokoknya tempat ini top markotop banget deh!

4. Savana Bekol

liburan keluarga ke banyuwangi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : 1001malam

Liburan keluarga ke Banyuwangi yang selanjutnya adalah mengunjungi Savana Bekol. Biasanya tempat ini juga disebut dengan Taman Baluran. Julukan lainnya adalah Africa Van Java atau Mini Africa. Kenapa? Sudah jelas karena pemandangannya persis seperti padang rumput di Afrika.

Nama Baluran juga diambil karena terdapat pemandangan Gunung Baluran dari kejauhan. Selain itu, kalian akan menemukan beberapa satwa liar seperti Banteng, Rusa, Kerbau, Monyet, Lutung, Ular dan lain-lainnya yang memang menambah kesan Afrika pada padang rumput ini. Selain itu, jarak antar satu pohon ke pohon yang lainnya itu jauh, jadi terlihat sangat dramatis saat difoto nih sahabat explorer. Gak percaya? Langsung aja coba kunjungi Taman Nasional Baluran ini. Dijamin kalian akan takjub deh!

Wisata ke Banyuwangi di 2019!

Sahabat explorer, itulah beberapa spot liburan keluarga ke Banyuwangi yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Masih banyak lagi keindahan di Banyuwangi lainnya yang nanti akan kita bahas dalam tulisan yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan pengalaman kalian di kolom komentar atau di Guest Post kami. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar