Bengkulu Liburan Keluarga

Liburan Akhir Pekan ke Bengkulu!

liburan keluarga ke bengkulu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : visitbengkulu

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mengunjungi kota yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya memang menjadi sesuatu hal yang menarik. Hal tersebut akan banyak membawa kita ke wawasan baru, ilmu baru dan juga pemandangan baru. Selain itu adat, tradisi, budaya, dan juga kesenian merupakan sesuatu hal yang bisa kita dapatkan juga. Namun, itu semua tergantung kemana kalian pergi berkunjung. Tidak semua tempat di satu kota tersebut memiliki semua unsur yang penulis sebut tadi. Salah satu kota yang bisa menjadi pilihan kalian berlibur adalah Bengkulu. Banyak sekali destinasi liburan keluarga ke Bengkulu yang bisa kalian kunjungi saat akhir pekan atau long weekend. Kota ini banyak menyimpan destinasi wisata yang sangat sayang kalau dilewatkan nih sahabat explorer. Simak terus artikel ini ya!

Liburan Keluarga ke Bengkulu

Dahulunya Bengkulu banyak sekali memiliki kerajaan-kerajaan yang silih berganti memimpin wilayah ini. EIC atau British East India Company juga pernah mendirikan pusat perdagangan lada pada tahun 1685 dengan nama Bencoolen/Coolen. Sampai akhirnya wilayah tersebut dikuasai oleh VOC, maka EIC sudah tidak boleh lagi berdagang di sana. Pencampuran inilah yang menyebabkan Bengkulu ini memiliki banyak sekali sejarah, namun sayangnya literatur sejarah di tempat ini sangat minim. Secara perlahan, kota ini mulai memperkenalkan destinasi wisatanya yang menawan kepada para turis. Bengkulu bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama di 2019 ini karena keindahan alam dan juga wisata sejarahnya. Langsung saja kita simak yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga : Berlibur di Lombok Bersama Keluarga

1. Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

liburan keluarga ke bengkulu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : deddyhuang

Liburan keluarga ke Bengkulu yang pertama adalah mengunjungi rumah pengasingan Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Bung Karno. Seperti yang kita ketahui, pada saat zaman penjajahan Belanda, presiden terbaik kita yang satu ini sudah mengalami beberapa kali diasingkan oleh pemerintah Belanda. Salah satu tempat pengasingannya adalah di Bengkulu.

Bung Karno diasingkan disini pada tahun 1938 sampai dengan 1942. Seperti yang kita sudah ketahui, Bung Karno memiliki beberapa istri, salah satunya adalah wanita yang cantik jelita dari Bengkulu yaitu Fatmawati. Beliau juga merupakan sosok yang menjahit bendera Merah Putih yang sekarang kita hormati.

Di tempat ini, kalian akan menemukan berbagai macam peninggalan Bung Karno seperti koleksi buku, sepeda ontel kesayangan Bung Karno, hingga surat cinta Bung Karno kepada Fatmawati. Tempat yang satu ini sangat cocok bagi anak-anak kalian, karena mereka akan belajar mengenai sejarah Indonesia, terutama dalam hal merebut kemerdekaan dari Belanda. Selain itu, mereka juga bisa mengenal sosok Bung Karno dari peninggalan-peninggalan yang ada di tempat ini.

2. Benteng Marlborough

liburan keluarga ke bengkulu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : bisniswisata

Liburan keluarga ke Bengkulu yang selanjutnya adalah mengunjungi Benteng Marlborough atau Fort Marlborough. Benteng ini menjadi saksi bisu bagi bangsa Indonesia yang melawan penjajahan Inggris. Jadi, tidak hanya Belanda saja nih sahabat explorer bangsa yang pernah kita lawan, Inggris ternyata juga pernah! Dan ini merupakan salah satu peninggalan dari EIC tadi. Benteng ini dibangun pada 1713-1719 oleh British East India Company (EIC).

Kalian bisa melihat berbagai macam peninggalan sejarah yang ada di tempat ini. Dengan memiliki luas sekitar 44.100 meter persegi, dan juga bentuk bangunan ini yang seperti kura-kura. Terdapat jembatan yang menghubungkan antara kepala dan badan dari bangunan ini.

Tentu saja tempat ini menjadi Instagramable karena bentuk arsitekturnya yang khas Inggris dan juga klasik. Bagi anak-anak kalian pasti akan takjub mengunjungi tempat ini! Gak percaya? Langsung dateng aja ke Bengkulu!

3. Pantai Tapak Paderi Bengkulu

liburan keluarga ke bengkulu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : traveltoday

Liburan keluarga ke Bengkulu yang selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Tapak Paderi Bengkulu. Lokasinya tidak jauh dengan Benteng Marlborough tadi, kurang lebih hanya 100 meter saja kok sahabat explorer.

Tempat ini sangat cocok bagi kalian sekeluarga yang ingin menghabiskan waktu sore. Menikmati pemandangan sunset di pantai ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Kalian juga bisa menikmati berbagai macam kuliner di pinggir pantai seperti Jagung Bakar dan makanan laut lainnya yang menggugah selera.

Banyak sekali kapal nelayan tradisional yang tentunya akan menjadi sangat cantik apabila kalian foto dengan pemandangan latar belakang laut dan sunset yang indah. Pokoknya, kalau ke Bengkulu jangan lupa mampir ke tempat ini ya!

4. Pulau Tikus

liburan keluarga ke bengkulu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Liburan keluarga ke Bengkulu yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Tikus. Namanya memang unik, pasti anak-anak kalian akan bertanya-tanya “apakah penghuni dari pulau ini tikus semua?” tentu saja tidak! Hanya sekedar namanya saja, dan pulau ini menjadi pulau andalan pariwisata di Bengkulu loh sahabat explorer.

Kalian bisa menikmati keindahan air laut dan juga ketenangannya karena pulau ini hanya memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Daya tarik dari pulau ini adalah pemandangan terumbu karangnya di bawah laut. Dari kejauhan saja sudah terlihat jelas bagaimana jernihnya air dan terumbu karang tersebut. Kegiatan snorkeling menjadi andalan di tempat ini. Kalian bisa bersantai di sore hari sambil menikmati kuliner di pinggir pantai dan mendengar suara angin dan ombak kecil yang menyentuh bibir pantai.

Dijamin bakalan puas banget deh kalau liburan ke tempat yang satu ini!

Wisata Sejarah di Bengkulu

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat liburan keluarga ke Bengkulu yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan cerita traveling kalian di kolom komentar dan Guest Post kami ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar