Jawa Timur Liburan Keluarga

Bosan Dengan Wisata Malang Yang Itu-Itu Aja? Coba Yang Ini Yuk!

liburan keluarga ke malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : anekatempatwisata

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati liburan di luar kota itu memang sangat menyenangkan. Terlebih jika kalian melakukannya bersama keluarga tercinta, suasana liburan yang penuh keakraban dan harmonis juga akan terasa. Berbagai kota di Indonesia sudah siap untuk menjadi destinasi wisata bagi kalian yang ingin berlibur. Salah satu kota terbaik untuk liburan keluarga adalah Malang. Liburan keluarga ke Malang, bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin menikmati berbagai macam destinasi wisata, baik yang dibuat oleh manusia, atau yang alami. Kota yang satu ini, juga masih dalam satu wilayah dengan Kota Batu. Di Kota Batu, kalian bisa mengajak anak-anak kalian ke salah satu wahana bermain sambil belajar yang bernama Jatim Park. Pokoknya dijamin puas deh kalau datang ke kota yang satu ini!

Liburan Keluarga ke Malang

Kota Malang, tepatnya di Batu, memang sudah dijadikan tempat rekreasi semenjak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Wilayah ini memiliki tanah yang subur dan juga cuaca yang sejuk. Oleh karena itu, banyak orang yang berlibur di sini untuk menikmati suasana tersebut. Selain itu, kota yang satu ini juga terdapat Gunung Bromo dan Semeru yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Kalian bisa menikmati sunrise di Gunung Bromo atau trekking Gunung Semeru. Semua hal tersebut bisa kalian lakukan di kota ini, pasti tidak akan menyesal deh kalau berkunjung ke sini. Diartikel kali ini, YoExplore akan memberikan rekomendasi liburan keluarga ke Malang yang terbilang sedikit anti mainstream. Jadi tidak hanya Jatim Park, dan Bromo saja nih sahabat explorer. Masih ada tempat lainnya yang bisa kalian kunjungi saat ke Malang. Penasaran di mana saja? Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : Hobi Wisata Kuliner? Mungkin Beberapa Makanan Ini Boleh Dicoba!

1. Pantai Banyu Anjlok

liburan keluarga ke malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jejakpiknik

Ada pantai, namun ada air terjun juga, hmm..aneh ya? Memang benar ini aneh dan jarang, tapi percaya gak percaya, kalian bisa melihat pemandangan ini secara langsung di kota Malang. Pemandangan yang unik ini masih belum banyak diketahui oleh para turis, jadi kemungkinan besar saat kalian dan keluarga sedang berkunjung ke sini, tempatnya masih sepi. Dengan demikian, kalian bisa puas-puas bermain air, entah di pantai atau di air terjun, semuanya bisa! Selain itu kalian juga bisa melihat pemandangan yang amsih asri dan alami belum tersentuh banyak oleh tangan manusia.

Lokasi tepatnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoduyo, Malang. Diberikan nama ‘Banyu Anjlok’ karena air terjun tersebut langsung jatuh ke pesisir pantai, jadi terlihat seakan-akan airnya ‘anjlok’. Wah, cukup unik juga ya pemilihan namanya, dan tentunya tempatnya juga. Dijamin keren dan sangat Instagramable deh!

2. Sumber Maron

liburan keluarga ke malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Liburan keluarga ke Malang yang selanjutnya adalah mengunjungi pemandian Sumber Maron. Tempat yang satu ini, memang sedang menjadi perbincangan hangat apabila berbicara mengenai destinasi wisata di Malang. Tempat ini merupakan pemandian yang dialiri oleh sumber mata air yang jernih. Airnya sejuk dan tentunya sangat seru jika kalian berenang di sini. Selain itu, kalian juga dikelilingi dengan pemandangan pedesaan yang begitu indah dan asri.

Selama perjalanan menuju Sumber Maron ini, kalian akan melihat pemandangan aliran sungai dan juga suara padi yang sedang terhembus angin. Tentunya sangat jarang kalian dengar di Ibu Kota nih sahabat explorer, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini ya.

Lokasinya berada di Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Oia, kalian juga bisa melakukan yang namanya river tubing  dengan menyewa ban yang disediakan di sana. Jadi, selain bermain air, ada aktivitas lain juga yang bisa kalian lakukan. Pokoknya dijamin seru deh untuk menghabiskan waktu kalian!

3. Coban Sumber Pitu

liburan keluarga ke malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : piknikasik

Liburan keluarga ke Malang yang selanjutnya adalah mengunjungi Coban Sumber Pitu. Sesuai dengan namanya ‘Pitu’ yang dalam bahasa Jawa berarti ‘Tujuh’, konon ada 7 aliran sumber mata air yang jatuh di tempat yang sama. Sumber air tersebut memuncratkan air dari tebing-tebing di sekitar tersebut, oleh karena itu tempat ini diberi nama Coban Sumber Pitu, atau air terjun tujuh sumber. Wuih, pastinya pemandangan di tempat ini bakalan indah banget sahabat explorer, kalian dijamin bakalan puas foto-foto di tempat ini!

Air terjun yang satu ini merupakan air terjun yang sakral, oleh karena itu di tempat ini sering diadakan ritual oleh masyarakat setempat untuk mengambil air suci.

Sebelum kalian sampai ke Coban Sumber Pitu, kalian juga akan menemui air terjun lainnya yaitu Coban Tunggal, jadi memang tempat ini merupakan ‘surganya air terjun’. Dijamin bakalan puas deh kalian kalau main ke sini!

4. Sumber Sirah

liburan keluarga ke malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jejakpiknik

Liburan keluarga ke Malang yang selanjutnya adalah mengunjungi Sumber Sirah. Sebenarnya apa sih tempat ini? Lagi-lagi ini adalah kolam alami dari aliran sungai yang berada di Malang. Namun, apa kira-kira yang bikin tempat ini spesial? Kalian pasti pernah dengar yang namanya snorkeling kan? Nah, kegiatan yang satu ini biasanya dilakukan di pantai atau tengah laut nih. Tujuannya adalah untuk melihat keindahan taman bawah laut yang menawan. Pastinya memang bakalan indah banget, apalagi kalau kita sebut lokasinya di Taman Nasional Bunaken, atau Raja Ampat. Udah pasti juara deh!

Namun, kalau dilakukan di sungai kira-kira gimana? Tentu bisa! Nah, hal itulah yang bisa kalian lakukan di tempat ini. Memilki kedalaman sekitar 1,5 meter, membuat sungai ini aman untuk diselami, karena tidak terlalu dalam nih sahabat explorer. Kalian bisa melihat keindahan dari dasar sungai ini yang ditumbuhi dengan rerumputan air tawar. Keindahan lainnya adalah, kalian dapat melihat pemandangan sekeliling dari sungai tersebut yang masih ditumbuhi pohon yang rindang dan alami banget deh. Dijamin kalian akan menikmati tempat yang satu ini bersama keluarga!

Liburan Keluarga Anti Mainstream

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi dari YoExplore untuk liburan keluarga ke Malang yang anti mainstream. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk sharing pengalaman liburan kalian di kolom komentar kami ya. Selamat berlibur, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar