Liburan Keluarga

Liburan di Negara Yang Kental Dengan Sejarah Peradaban Manusia

liburan keluarga ke mesir - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id
image source : tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sesekali memang tidak ada salahnya jika kita berlibur ke luar negeri. Apalagi jika negara tersebut memiliki potensi wisata yang luar biasa. Salah satu yang akan YoExplore bahas kali ini adalah liburan keluarga ke Mesir. Siapa sih yang tidak tahu negara yang satu ini? Sudah jelas sekali nama Fir’aun dan juga piramidanya yang terkenal. Tempat ini memiliki banyak sekali nilai sejarah, baik dalam sejarah religi, dan juga sejarah peradaban manusia. Tentunya akan sangat menarik jika dikunjungi bersama keluarga, terutama bagi kalian yang sudah memiliki anak. Pelajaran sejarah yang mereka dapatkan akan sangat berguna bagi mereka di masa mendatang nanti. Dijamin kalian tidak akan pernah bosan untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Mesir.

Liburan Keluarga ke Mesir

Negara yang satu ini memang sebuah negara Islam yang cukup terkenal. Negara ini banyak menyimpan sejarah Islam dan juga kisah para Nabi. Oleh karena itu, banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan negara ini. Saat liburan panjang di bulan Ramadhan, negara ini menjadi salah satu tempat wisata utama yang diincar oleh para turis. Menikmati sensasi bulan Ramadhan di Mesir bisa menjadi pilihan yang sangat menarik juga nih sahabat explorer. Ada rencana mau puasa dan lebaran di Mesir? YoExplore akan memberikan kalian rekomendasi tempat wisatanya nih. Simak terus ulasan liburan keluarga ke Mesir ini. Semoga dapat memberi inspirasi bagi kalian yang membacanya. Langsung di scroll down ya!

Baca Juga : Menikmati Liburan Bersama Keluarga di Kalimantan Utara

1. Piramida dan Sphinx

liburan keluarga ke mesir - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : khazanah.republika

Liburan keluarga ke Mesir yang pertama tentu mengunjungi Piramida dan Sphinx. Ikon dari Mesir ini memang sudah sangat umum di sana, dan bahkan di dunia. Sejarah kerajaan pada masa itu yang memang sangat besar dan mungkin terbesar di dunia.

Di Mesir sendiri, terdapat lebih dari  80 buah piramida. Salah satu piramida yang terbesar adalah Piramida Agung Giza dan Sphinx Agung. Piramida itu sendiri adalah sebuah bangunan yang berbentuk limasan atau segitiga, yang berfungsi sebagai tempat untuk mengawetkan jasad raja-raja Mesir yang pernah berkuasa. Tentu saja, hal ini tidak terlepas dari yang namanya mitos dan misteri. Namun, bagi kalian yang sedang berkunjung ke Mesir, wajib mengunjungi destinasi wisata yang satu ini ya sahabat explorer. Arsitekturnya itu sangat luar biasa! Hal ini menunjukkan bahwa pada zaman dahulu peradaban manusia sudah cukup canggih dengan bukti dari kedua bangunan bersejarah ini.

Sedangkan Sphinx Agung adalah sebuah bangunan yang berbentuk singa, namun memiliki kepala manusia. Bangunannya sangat kompleks loh sahabat explorer, kebayang kan bagaimana canggihnya manusia pada saat zaman tersebut? Dijamin kalian akan takjub saat melihat kedua bangunan ini deh! Jangan lupa siapkan kamera dan lensa kalian ya sahabat explorer, dan jangan lupa nanti di Instagram tag YoExplore! 😀

2. Sungai Nil

liburan keluarga ke mesir - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : islampos

Liburan keluarga ke Mesir yang selanjutnya adalah mengunjungi Sungai Nil. Sungai yang satu ini memiliki pemandangan sekitar yang sangat indah, seperti yang kalian lihat pada gambar. Air yang jernih dan tenang, serta kapal-kapal yang lewat juga menambah estetika dari sungai ini.

Sungai ini juga memiliki sejarah yang penting, yaitu sebagai tempat ditemukannya Nabi Musa yang masih bayi yang berada di dalam sebuah Labu dan ditemukan oleh putri Firaun.

Sungai ini juga memang penting bagi masyarakat Mesir pada waktu itu. Penduduk mendapat banyak keuntungan dari berbagai sektor, seperti sarana perhubungan, pertanian, perikanan, wisata dan lain-lainnya. Oleh karena itu, keasrian di Sungai Nil ini sangat dijaga oleh pemerintah Mesir dan juga penduduknya.

Rasanya tidak lengkap nih sahabat explorer, jika kalian pergi ke Mesir tapi tidak mengunjungi sungai ini. Cocok bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu sore hari sambil bersantai di sekitar sungai melihat pemandangan yang sangat cantik ini.

3. Gunung Sinai

liburan keluarga ke mesir - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : bbcindonesia

Liburan keluarga ke Mesir yang selanjutnya adalah mengunjungi Gunung Sinai. Gunung ini juga memiliki sejarah tentang Nabi Musa. Dimana beliau mendapatkan 10 perintah Tuhan bagi bangsa Israel yang diturunkan melalui beliau.

Hal menarik lainnya, di puncak Gunung Sinai ini berdiri sebuah masjid dan juga gereja. Pengunjung yang datang tentu bisa mendaki hingga ke puncak tersebut. Tempat yang satu ini tentu menjadi buruan para turis saat berkunjung ke Mesir. Terlebih bagi mereka yang memang menyukai sejarah peradaban atau sejarah agama. Pemandangan saat sore dan pagi hari tentu bakalan indah banget nih sahabat explorer. Kapan lagi kalian bisa foto dari puncak gunung dan melihat keindahan alam lainnya dari atas sana? Ingat, bawa cadangan baterai kamera ya! Karena di negara ini pasti kalian ingin foto terus!

Sekedar informasi tambahan, Gunung Sinai juga merupakan gunung tertinggi yan ada di kota Saint Katherine’s. Jadi, sangat sayang apabila dilewatkan loh!

4. Laut Merah

liburan keluarga ke mesir - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : pixabay

Liburan keluarga ke Mesir yang selanjutnya adalah mengunjungi Laut Merah. Lagi-lagi, laut ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Dahulunya, laut ini menjadi tempat pelarian Nabi Musa saat dikejar dengan pasukan Raja Firaun. Mukjizatnya pada waktu itu adalah Nabi Musa dapat membelah lautan ini dan berlari di tengahnya. Pada akhirnya pasukan tersebut mati tenggelam karena setelah Nabi Musa sampai di daratan, laut tersebut kembali tertutup.

Pasti kalian sangat familiar deh dengan cerita Nabi yang satu ini. Dengan demikian, saat berkunjung ke Mesir, jangan lupa untuk mampir ke sini ya!

Selain dengan sejarah Nabi tersebut, Laut Merah ini juga terkenal dengan Terusan Suez-nya. Terusan Suez itu sendiri adalah sebuah terusan yang menghubungkan mesir dengan Laut Mediterania. Keunikan lainnya adalah, kadar garam dari laut ini begitu tinggi, sehingga bisa dibilang air laut ini merupakan air laut terasin di dunia. Pemandangan terumbu karangnya juga sangat luar biasa nih sahabat explorer.

Bagi kalian yang sedang berada di Mesir, jangan lupa mampir ke sini ya!

Eksplorasi Afrika

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat liburan keluarga ke Mesir yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk sharing cerita unik dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar dan Guest Post YoExplore ya! Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar