Jawa Timur Liburan Keluarga

Mojokerto Gak Kalah Keren Dengan Wisata Jatim Yang Lainnya Kok!

liburan keluarga ke mojokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : zaiyyinmuhammad

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, jika berbicara mengenai tempat wisata, Indonesia memang memiliki berbagai macam pilihan mula dari Sabang sampai Merauke. Dari Aceh hingga Papua sana menyediakan pengalaman wisata yang tentu sangat menarik dan juga bernilai sejarah tinggi. Berbicara mengenai sejarah, maka kita akan dikaitkan dengan yang namanya wisata sejarah. Sudah jelas, sejarah kerajaan di Indonesia itu sangat hebat dan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan negeri ini. Salah satu kota yang memang memiliki wisata sejarah yang sangat hebat tersebut adalah Mojokerto. Mungkin namanya memang kalah jika dibandingkan dengan kota seperti Yogyakarta, Malang, dan bahkan Surabaya. Namun, kalau untuk urusan wisata sejarah terutama sejarah kerajaan, kota ini adalah juaranya, sahabat explorer. Tentu saja liburan keluarga ke Mojokerto merupakan pilihan anti mainstream yang bisa kalian lakukan bersama.

Liburan Keluarga ke Mojokerto

Jaraknya memang kurang lebih 13 jam dari Jakarta jika menggunakan kereta. Memang terdengar sangat lama dan melelahkan, namun kalian bisa membeli tiket pesawat di Qloti untuk tujuan ke Surabaya, lalu melanjutkan perjalanan ke Mojokerto dengan kereta yang hanya memakan waktu beberapa jam saja. Sesampainya di sana, kalian dapat menikmati berbagai macam pilihan wisata sejarah yang menarik! Dalam artikel kali ini YoExplore akan membahas beberapa destinasi liburan keluarga ke Mojokerto yang bisa kalian pilih sebagai tujuan wisata kalian. Kira-kira ada apa saja ya yang seru-seru? Langsung kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : 4 Perang Terbesar Yang Terjadi di Indonesia

1. Api Abadi Mojokerto

liburan keluarga ke mojokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Liburan keluarga ke Mojokerto yang pertama adalah mengunjungi Api Abadi Mojokerto. Wah, dari namanya saja sudah jelas unik nih sahabat explorer, yaitu sebuah api yang tidak pernah padam meski turun hujan sekalipun! Menurut masyarakat lokal, api ini sudah ada semenjak zaman purbakala. Wahhh, ini sih benar-benar abadi sahabat explorer, fenomena alam seperti ini termasuk langka loh. Spot api abadi ini pertama kali ditemukan di era Majapahit, pada saat itu kawasan ini dijadikan sebagai tempat untuk membuat senjata para pasukan Majapahit.

Tepatnya berada di Desa Tempuran, Kabupaten Mojokerto, dan sekarang tempat ini sudah dijadikan tempat wisata sahabat explorer, hanya perlu bayar 5 ribu rupiah (kalau harga tidak berubah) kalian sudah bisa masuk dan menikmati kawasan api abadi ini. Tentu wajib banget difoto ya sahabat explorer!

Uniknya, tempat wisata ini dibuka untuk umum selama 24 jam nonstop sahabat explorer! Kami sangat menyarankan kalian untuk datang pada malam hari, karena cahaya dari apinya akan terlihat lebih jelas dan bagus. Kami tunggu Tag fotonya di Instagram YoExplore ya!

2. Patung Buddha Tidur

liburan keluarga ke mojokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : konfrontasi

Liburan keluarga ke Mojokerto yang selanjutnya adalah mengunjungi Patung Buddha tidur. Seperti yang terlihat di gambar sahabat explorer, patung Buddha ini memang berposisi seperti orang lagi bersantai atau tiduran sahabat explorer. Warnanya yang dilapisi dengan warna emas yang sangat cantik dan juga taman hias yang berada di sekelilingnya. Kalian boleh berfoto-foto di area patung tersebut, namun tidak boleh menaikinya.

Menurut catatan rekor dunia, patung ini merupakan Patung Buddha terbesar ke 3 di dunia. Patung yang satu ini juga tidak berada jauh dari Mahavihara Majapahit. Kapan lagi bisa mengunjungi salah satu bangunan yang bisa masuk rekor dunia? Ada di Mojokerto loh ternyata!

Memang Mojokerto itu terkenal dengan sejarahnya sahabat explorer, jadi jangan heran apabila destinasi menarik lainnya juga berkaitan dengan sejarah ya!

3. Kolam Segaran

liburan keluarga ke mojokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : dictio

Liburan keluarga ke Mojokerto yang selanjutnya adalah mengunjungi Kolam Segaran. Ini bukan sembarang kolam sahabat explorer, ukurannya luas banget! Ternyata kolam ini merupakan kolam yang dikhususkan bagi kalian yang memang hobi memancing. Kolam ini juga merupakan spot pemancingan bersejarah loh. Menurut masyarakat lokal, kolam ini sudah ada sejak era keemasan Majapahit dan sekarang merupakan kolam tua terbesar di Indonesia.

Siapa yang hobi mancing boleh banget nih ke sini sahabat explorer, gak usah takut kepenuhan, karena tempatnya luas banget! Dijamin kalian bakalan dapat tempat deh!

4. Candi Wringin Lawang

liburan keluarga ke mojokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : situsbudaya

Liburan keluarga ke Mojokerto yang selanjutnya adalah mengunjungi Candi Wringin Lawang. Candi atau bangunan bersejarah lainnya memang lengkap di Mojokerto, karena ini merupakan wilayah pusat dari kerajaan Majapahit. Tidak heran jika peninggalannya sangat banyak dan dijaga oleh masyarakat dan juga pemerintah setempat.

Candi Wringin Lawang ini merupakan candi yang unik yang dibangun dengan menggunakan cetakan batu merah. Hebatnya, walaupun dibangun dengan cetakan batu merah (karena kebanyakan candi dibangun menggunakan material batu hitam yang kuat dan tahan terhadap gempuran cuaca), candi ini tetap berdiri kokoh hingga sekarang.

Sama seperti candi lainnya yang ada di Mojokerto, Candi Wringin Lawang ini juga memiliki taman terbuka hijau yang luas dan dilengkapi juga dengan pepohonan yang rindang. Pokoknya tempatnya top markotop banget deh sahabat explorer!

Liburan Bersama YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga ke Mojokerto yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur ke Mojokerto dan have a good day, explorer!

untuk pemesanan tiket, kalian bisa langsung download aplikasi Qloti di tautan ini ya!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar