Jawa Timur Liburan Keluarga

Menikmati Keindahan Malang Dari Sisi Lain

liburan keluarga malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : labuancermin.blogspot

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, secara perlahan kota Malang mulai banyak diminati oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam dan cuacanya yang sejuk tentu menjadi daya tarik dari kota ini. Apalagi jika kalian mengunjungi Kota Batu yang memang cuacanya dingin, cocok bagi kalian yang ingin menghindari sejenak musim kemarau di Ibu Kota. Malang, tepatnya di Kota Batu merupakan sebuah kota yang memang sudah dipersiapkan untuk pariwisata sejak era kolonial Belanda. Selain cuacanya yang sejuk, tanah di wilayah ini juga subur, oleh karena itu banyak hasil pertanian yang ditanam di sini. Kota ini juga memiliki ‘jagoan’ pariwisatanya, yaitu Jatim Park. Tentunya tempat yang satu ini memang dikhususkan untuk liburan keluarga Malang. Apakah kalian sudah pernah mengunjungi kota ini?

Liburan Keluarga Malang

Artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai destinasi wisata di Malang yang terbilang anti mainstream. Jadi, ada alasan lain bagi kalian untuk mengunjungi Kota yang memiliki Gunung Bromo sebagai ‘aset’ utamanya ini. Beberapa destinasi wisata yang akan kami bahas ini, mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya. Keindahan kota Malang memang tidak sebatas Jatim Park dan Gunung Bromo saja nih sahabat explorer, ada beberapa Coban atau air terjun yang bisa kalian kunjungi juga. Memang banyak sih Coban di Malang, dan setiap air terjun tersebut menampilkan keindahan yang berbeda-beda. Yaudah yuk sahabat explorer, gak usah lama-lama lagi, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Suka Traveling Dengan Kereta? Perhatikan Tips Berikut Ini Ya!

1. Coban Pelangi

liburan keluarga malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : piknikasik

Liburan keluarga Malang yang pertama adalah mengunjungi Coban Pelangi. Seperti yang sudah penulis informasikan sebelumnya, bahwa memang di Malang itu banyak Coban (air terjun), jadi kalau ke sini, siapkan fisik kalian terlebih dahulu ya, karena tentu medannya ada yang sulit dan ada juga yang mudah. Tetapi, penampakan setelah sampai di tempat, bikin kalian betah dan gak mau pulang deh!

Coban Pelangi merupakan sebuah kawasan air terjun yang unik dan dapat mengeluarkan berbagai macam warna seperti pelangi. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Semeru, jadi tidak heran nih kalau coban yang satu ini sangat terkenal dikalangan para pendaki.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Coban ini adalah jam 10 pagi hingga jam 2 siang, karena posisi matahari sedang tinggi dan dengan cahaya tersebut dapat menampilkan percikan warna warni dari Coban ini. Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa bawa jaket ya, karena berada di ketinggian lebih dari 1.400 mdpl, maka cuacanya dingin. Bahkan, suhu terendah bisa mencapai 19 derajat celcius! Berani nyebur ke kolamnya? 😀

2. Kebun Teh Wonosari

liburan keluarga malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : photomalang

Liburan keluarga Malang yang selanjutnya masih berada di tempat yang sejuk-sejukan nih sahabat explorer, namanya Kebun Teh Wonosari. Biasanya, dimana ada kebun teh pasti ada kabut dan cuaca dingin yang menyelimuti, jadi penulis mengingatkan lagi untuk jangan lupa bawa jaket kalian.

Selain udaranya yang sejuk, panorama keindahan kebun teh ini juga sangat sayang kalau dilewatkan. Tentunya sangat Instagramable dengan adanya jembatan kayu yang berada di tengah perkebunan ini. Seperti di gambar, dengan latar belakang pepohonan dan perkebunan teh di sampingnya, akan menghasilkan foto yang dramatis dengan kabut yang perlahan menyelimuti.

Berada di ketinggian 950 hingga 1.250 mdpl, kebun teh seluas 1.144 Hektar ini menyajikan pemandangan yang luar biasa sejauh mata memandang. Kebun teh ini merupakan satu-satunya kebun teh di Jawa Timur yang dijadikan juga sebagai tempat wisata.

Bagi masyarakat Jawa Timur ini merupakan ‘Puncak Bogor’ nya mereka, hanya saja memang kalah popularitas dengan Puncak Bogor. Namun, karena masih tidak begitu banyak wisatawan yang tau, tempat ini jadi lebih terkesan alami dan asri. Cocok banget buat kalian yang lagi pengen santai-santai setelah seharian capek keliling Coban di Malang.

Ada banyak kegiatan juga yang bisa kalian lakukan disini, seperti belajar mengenai proses teh dari daun hingga siap diminum. Selain itu ada juga flying fox, paintball, wall climbing, ATV riding, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cocok nih buat sekeluarga liburan!

3. Candi Singosari

liburan keluarga malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jejakpiknik

Liburan keluarga Malang yang selanjutnya adalah mengunjungi Candi Singosari. Mungkin kalian sudah umum dengan Candi yang ada di Jogja dan Bali. Namun, karena Indonesia dahulunya banyak kerajaan Hindu yang besar, jadi peninggalan Candi-Candi ini tidak hanya di Jogja dan Bali saja. Salah satu Candi yang menarik untuk dikunjungi ada di Malang nih sahabat explorer.

Candi ini merupakan Candi peninggalan Kerajaan Singosari yang terkenal di Jawa Timur. Bagi kalian yang menyukai sejarah, tentu saja wajib untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Candi Singosari merupakan Candi dengan Corak Hindu-Budha yang berada di Desa Renggo, Kecamatan Singosari, Malang. Lokasinya berada di dataran tinggi, jadi tentu saja tempatnya sangat sejuk dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Candi ini memiliki nama lain, yaitu Candi Cungkup atau Candi Menara, karena bentuknya yang menyerupai menara dan Candi ini juga merupakan Candi tertinggi yang ada di sekitarnya.

Bagaimana sahabat explorer? Kalau ke Malang jangan lupa ke sini ya!

4. Museum Brawijaya

liburan keluarga malang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jejakpiknik

Liburan keluarga Malang yang selanjutnya adalah mengunjungi Museum Brawijaya. Pasti kalian semua pernah mengunjungi yang namanya Museum. Sebuah tempat yang menyimpan benda-benda bersejarah yang dikumpulkan dan dijaga keasliannya. Salah satu museum yang bisa kalian kunjungi di Malang adalah Museum Brawijaya ini.

Ini merupakan sebuah museum perjuangan yang dimana mengoleksi berbagai macam benda bersejarah yang digunakan pada saat perang Agresi Belanda I dan II. Museum ini tidak hanya mengoleksi benda bersejarah saat agresi yang di Malang saja, namun juga yang di Surabaya dan Bondowoso.

Museum yang terkenal dengan Gerbong Mautnya ini, merupakan museum angkatan bersenjata terlengkap yang ada di Kota Malang. Oleh karena itu, mengunjungi museum ini tentunya sangat tepat bagi kalian semua yang ingin mengetahui bagaimana peperangan Indonesia pada zaman dahulu. Fantastis banget deh!

Keindahan Kota Malang

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi liburan keluarga Malang yang bisa YoExplore rekomendasikan. Jadi, setelah kalian mengunjungi Kota Batu atau Jatim Park, tidak ada salahnya juga untuk mengunjungi tempat-tempat yang kami rekomendasikan tadi. Semoga artikel ini bermanfaat, seperti biasa jangan lupa untuk sharing pengalaman traveling kalian selama di Malang di kolom komentar kami. Selamat liburan Natal dan Tahun baru ya sahabat explorer! Gak sampe 24 jam lagi udah 2019! Have a good day, explorer!!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar