Liburan Keluarga

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Liburan Bersama Keluarga

liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id - travel marketplace - yoexplore
image source : depavilijoen

YOEXPLORE, Travel Marketplace – Sahabat explorer, berlibur bersama keluarga memang merupakan hal yang sangat mengasyikkan, dan juga menguras tenaga. Kenapa menguras tenaga? Tentu karena sebagian mereka membawa anak yang masih kecil-kecil. Tidak heran, apabila malah banyak dari orang tua yang berlibur malah kecapean, hehe, tapi itu bukan masalah. Yang terpenting adalah keakraban dan kebahagiaan keluarga tetap terjaga nih sahabat explorer. Bagi kakak dan adik yang kurang akur, bisa jadi liburan keluarga ini menjadi momen yang sangat baik bagi mereka untuk saling kompak dan semakin akrab. Selain itu, hubungan suami istri juga menjadi semakin lebih mesra! Setuju gak nih bagi kalian yang sudah menikah?

Liburan Keluarga

Berlibur bersama keluarga, apalagi jika kalian sudah memiliki anak yang masih kecil, tentu harus, sangat, dan wajib untuk menyiapkan semua perlengkapannya. Tidak heran, jika liburan cuma bertiga (Ayah, Ibu, dan Anak) tapi bawaannya seakan-akan ada lima atau enam orang. Jelas saja, karena kebutuhan si kecil memang tidak sedikit, tidak hanya sekedar pakaian juga kan sahabat explorer. Ada stroller, botol susu dan mangkuk makanan khusus, dan masih banyak lagi barang lainnya yang jika tidak dibawa akan merepotkan kalian sendiri. Namun, ada beberapa hal yang wajib kalian bawa nih saat berlibur bersama keluarga, terutama jika kalian mengendarai mobil. Kira-kira ada apa saja sih? Langsung simak ulasannya ya!

Baca Juga : Liburan Santai Bareng Keluarga? Ke Kuala Lumpur Aja!

1. Bekal Makanan

liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id - travel marketplace - yoexplore

image source : globalradio

Hal yang perlu kalian persiapkan saat liburan keluarga yang pertama adalah membawa bekal makanan atau minimal cemilan. Tentu hal yang satu ini gak boleh ketinggalan banget nih sahabat explorer, karena kita tidak tau pasti dengan kondisi macetnya jalanan atau mungkin hal-hal lainnya. Apalagi kalau kita memang pergi ke luar kota yang memang jaraknya memakan waktu lebih dari 5 jam. Si kecil kasian juga kalau kelaparan, sedangkan kalian masih jauh dan tidak menemukan restoran yang ada di sekitar jalan.

Menu makanannya bisa bermacam-macam, bisa juga makanan berat seperti nasi goreng, atau nasi dengan daging dan telur, dan bisa juga berbentuk cemilan. Cemilannya tentu yang bisa mengenyangkan sesaat ya sahabat explorer, seperti misalnya roti isi, nasi kepal, atau kue-kue basah yang memang bikin kenyang. Jadi bagaimana sahabat explorer? Menurut kalian ini penting gak? Kalau iya, apa bekal favorit kalian saat traveling? Share di kolom komentar ya!

2. Pakaian Ganti

liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id - travel marketplace - yoexplore

image source : zenrooms

Yang kedua adalah Pakaian Ganti. Tentu ini penting banget bagi kalian yang terutama membawa bekal. Pada saat kondisi sedang makan di jalan, mungkin saja karena supir ngerem mendadak atau tidak sengaja menghajar lubang kecil, tentu akan membuat makanan kalian tumpah. Oleh karena itu, penting banget nih untuk bawa baju ganti, untuk sekedar jaga-jaga saja apabila dibutuhkan.

Bagi kalian yang membawa anak kecil, keberadaan baju ganti ini tentu akan sangat penting. Bisa jadi karena kecapean, atau mabuk perjalanan, si kecil akan muntah dan tentunya akan mengotori baju dia atau baju kalian. Baju ganti ini tentu akan membuat mereka lebih nyaman dan tidak membuat bau seisi mobil, hehe bener gak?

3. Obat-Obatan

liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id - travel marketplace - yoexplore

image source : hellosehat

Selanjutnya adalah jangan pernah lupa untuk membawa obat-obatan. Apalagi jika kalian atau salah satu dari keluarga kalian yang memiliki penyakit khusus yang harus selalu minum obat. Selain itu, bawalah obat-obatan seperti minyak angin, atau herbal dan obat anti mabuk perjalanan. Tujuannya tentu agar memudahkan kalian dalam menghadapi perjalanan yang mungkin kalian tidak tau kapan sampainya. Biasanya, obat-obat seperti minyak angin tersebut akan sangat berguna apabila kalian sedang berada di jalan yang berliku-liku atau dalam cuaca yang dingin.

Bagi kalian yang membawa anak, jangan lupa untuk selalu membawa obat batuk pilek dan demam untuk anak. Jaga-jaga, karena bisa jadi mereka tidak terbiasa dengan kondisi cuaca yang baru atau karena faktor perjalanan yang melelahkan. Penyebab lainnya bisa jadi karena kecapean main nih sahabat explorer, namanya juga anak-anak, jika mereka menemukan tempat baru yang asik untuk bermain, biasanya mereka lupa waktu dan kondisi badan. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk bawa obat-obatan saat sedang liburan keluarga ya!

4. Plastik dan Koran Bekas

liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id - travel marketplace - yoexplore

image source : hariananalisa

Nah, kalau yang satu ini, memang kebanyakan orang akan melupakan, tapi sebenarnya fungsinya penting sekali loh. Kalau sudah membahas plastik, pasti akan berhubungan dengan sampah atau mungkin anak kalian yang muntah karena mabuk perjalanan. Selain itu, pada saat kita sedang berada di tempat rekreasi, bisa saja anak kalian tidak sengaja membuang sampah sembarangan, dan sudah kewajiban bagi kalian untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga tempat yang kalian kunjungi tetap bersih. Oleh karena itu, membawa plastik akan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Koran bekas, nah kalau yang satu ini biasanya memang diperlukan apabila kalian pergi ke pantai nih sahabat explorer. Daripada mobil kotor karena pasir, lebih baik dialaskan koran terlebih dahulu biar gak kotor-kotor amat mobilnya!

Cek Juga : Paket Honeymoon 3 Hari 2 Malam dan Menikmati Suasana Ubud | Bali, Indonesia

Semoga Liburan Keluarganya Menyenangkan!

Sahabat explorer, itulah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat liburan keluarga. Atau mungkin kalian ada barang lain yang tidak kalah penting untuk dibawa? Boleh di share di kolom komentar kami ya! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar